Himpunan Mahasiswa Pariwisata Indonesia (HMPI) telah mengadakan acara yang diberi nama “Kongres Nasional Himpunan Mahasiswa Pariwisata Indonesia (HMPI) ke – VIII” .Tema yang diusung kali ini adalah “Kongres Nasional Himpunan Mahasiswa Pariwisata Indonesia (HMPI) ke – VIII”. Tema ini diambil berdasarkan pemikiran bahwa pariwisata saat ini dan masa yang akan datang harus menerapkan prinsip pengembangan pariwisata bekelanjutan (Sustainable tourism ). Tentu saja ini bertujuan untuk mencapai pembangunan berkelanjutan yang diyakini dapat lebih bermanfaat tidak hanya bagi perekonomian negara, namun juga bermanfaat dalam upaya pelestarian budaya dan kemajuan masyarakat secara utuh dan berkelanjutan untuk masa yang akan datang sehingga pariwisata tidak hanya unggul pada sisi kuantitas namun juga kualitasnya.

Sebuah organisasi mahasiswa yang terbentuk dalam himpunan dari seluruh Sumber daya institusi perguruan tinggi pariwisata Indonesia yang tersebar diseluruh provinsi di Indonesia (HMPI) ini, telah melaksanan kegiatan selama 2 hari yaitu pada hari Jumat tanggal 5 Oktober 2018 dan hari Selasa tanggal 9 Oktober 2018. Kongres ini  dilaksanakan di Balai Pertemuan Bhumiku dan Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional. Kongres yang merupakan sebuah ajang pertemuan besar para delegasi dari Akademi, Sekolah Tinggi, Politeknik, dan Universitas Pariwisata di seluruh Indonesia ini telah disahkan pada Kongres Nasional HMPI VII pada tahun 2017 di Politeknik Negeri.

 

Adapun tujuan diadakan kongres ini adalah:

  1. Mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
  2. Memberikan kontribusi yang positif bagi pembangunan Kepariwisataan Indonesia.
  3. Sebagai momentum pencanangan Deklarasi Nasional Pemuda Pariwisata Indonesia untuk Kepariwisataan Indonesia yang lebih baik.
  4. Sebagai media pemersatu generasi muda untuk saling bersinergi dan berkomitmen dalam membangun Kepariwisataan Indonesia.
  5. Sebagai ajang tahunan bergengsi bagi mahasiswa pariwisata Indonesia yang dikemas secara edukatif serta inovatif.

Kongres HMPI tingkat wilayah ini berjalan dengan lancar dengan rangkaian kegiatan berupa silatuhrahmi Wilayah dan Musyawarah Wilayah. Kegiatan Kongres Nasional HMPI VIII salah satunya bertujuan untuk mengambil keputusan dari diskusi yang telah dilakukan terkait permasalahan-permasalahan yang dihadapi.

Selain kegiatan Kongres pertemuan ini ada juga lomba yang termasuk dalam rangkaian kegiatan dalam agenda HMPI ini yaitu Pekan Ilmiah Mahasiswa Pariwisata Indonesia (PILMAPI). Kegiatan perlombaan yang rutin diadakan bersamaan dengan penyelenggaraan Kongres HMPI setiap tahunnya ini terdapat empat jenis perlombaan dan satu eksibisi yang akan meramaikan Kongres Nasional VIII HMPI tahun ini, diantaranya;

Scientific Paper Contest, merupakan perlombaan karya tulis ilmiah antar para mahasiswa peserta Kongres VIII HMPI dengan tema Sustainable Tourism : An Approach to Improve The Quality of Tourism”.

Tourism Video Promotion Competition, merupakan lomba video promosi pariwisata Indonesia. Video promosi pariwisata merupakan karya orisinil dan belum pernah dipublikasikan atau diikutkan perlombaan.

Juara favorite Video Promosi pariwisata

 

Juara 2 video promosi wisata

Tourism Quiz adalah perlombaan sebagai ajang mengasah ilmu pengetahuan dan wawasan terkait kepariwisataan.

Debate Competition, merupakan kategori lomba yang baru dilaksanakan pada PILMAPI tahun 2018 ini. Debat memiliki tujuan umum untuk memberikan ruang kepada mahasiswa pariwisata untuk menyampaikan aspirasi dan pendapat, dan solusi berkaitan dengan isu-isu kepariwisataan yang berkembang secara bertanggung jawab.  

Juara 2 Debat

Didalam Kongres ini juga ada kegiatan yang disebut Hospitality Exhibition. Kegiatan ini merupakan eksibisi yang bertujuan untuk memamerkan kreativitas yang dimiliki oleh Mahasiswa program studi Perhotelan dan Pariwisata Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional seperti Creative Fruit Carving, Flower Arrangement, Flair attraction, Napkin Folding dan beberapa pengenalan jajanan tradisional Bali. Adapun eksibisi yang akan diselenggarakan bersifat terbuka, para peserta Kongres Nasional HMPI VIII dapat berinteraksi bahkan ikut mendemonstrasikan kegiatan yang dilaksanakan.

Selain itu peserta Kongres akan melaksanakan Field Trip Kongres HMPI VIII. Kegiatan ini   merupakan tour dimana seluruh peserta Kongres HMPI VIII akan mengadakan destinasion visit ke wilayah Bali Selatan dimana salah satunya akan mengunjungi Garuda Wisnu Kencana sebagai landmark pulau Bali dan Indonesia yang dinobatkan sebagai patung tertinggi kedua di dunia.

 

Sekolah Vokasi mendapatkan penghargaan sebagai kontingen terbanyak kongres HMPI 2018.Tiga Mahasiswa sekolah Vokasi masuk ke dalam kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat HMPI. Selain prestasi yang diraih diatas, mahasiswa Ekowisata dengan didampingi oleh Dosen Pembina Ibu Kania Sofiantina Rahayu, S.I.Kom, M.Par, MTHM ini juga meraih prestasi yang membanggakan untuk Sekolah Vokasi IPB. Berikut adalah daftar peserta Kongres HMPI perwakilan dari Sekolah Vokasi IPB dan prestasi yang diraih:

 

No Peserta NIM Jenis Kegiatan Jenis Kompetisi Prestasi
1 Reza Fahriansyah J3B117015 Kongres  
2 Ira Kusmawati J3B116071 Kongres  
3 Azam Shada Bramasta J3B116027 Kongres  
4 Muhammad Dwi Cahyo J3B116089 Kongres Tourism Quiz Competition  
5 Muhammad Andhika J3B117049 Kongres
6 Andi Muhar Alam J3B117053 Kongres
7 Akristi Eni Sannindra J3B118024 Kongres Debate Competition Juara 2
8 Kresna Yudha Utama J3B117080 Kongres
9 Gifari Zakawali J3B118028 Kongres
10 Gevyn Jovial Agnata J3B116059 Kongres Tourism Video Promotion Competition Juara 2
11 Naufal Dwi Putra J3B216174 Kongres
12 Muhammad Fathurahman J3B116092 Kongres
13 Andika Gustiana Sumantri J3B216173 Kongres Tourism Video Promotion Competition Favorite Video
14 Syifa Fathia Rizkiani J3B116135 Kongres
15 Ferdyan Yoga Pradikda J3B116053 Kongres
16 Mohammad Rafi Abdillah J3B116085 Kongres Scientific Paper Contest  
17 Haidar Akmaludin J3B117042 Kongres
18 Diandra Fauzia Lestari  J3B117039 Kongres