Institut Pertanian Bogor (IPB) kembali mempersembahkan lulusan ahli madya sebagai sumberdaya manusia yang berkualitas dan siap membangun sektor pertanian dalam arti luas. Pada wisuda Program Pendidikan Diploma 3 Sekolah Vokasi yang diselenggarakan selama dua hari (7-8/11), IPB menyerahkan ijazah kepada 1.123 orang lulusan ahli madya di Gedung Graha Widya Wisuda (GWW), Kampus IPB Dramaga, Bogor. 

Dalam sambutannya, Rektor IPB, Dr. Arif Satria mengatakan di tengah persaingan dengan lulusan Politeknik atau yang sejenis, IPB membekali para lulusan selama menempuh pendidikan dengan berbagai macam soft skills. Hal ini semata-mata untuk menepis kabar yang beredar bahwa sebagian besar lulusan Perguruan Tinggi cenderung sebagai pencari kerja (job seeker) daripada pencipta lapangan pekerjaan (job creator).

Selain itu, dalam kesempatan tersebut, Rektor memberikan wejangan kepada para wisudawan untuk terus mengasah diri sehingga memiliki 10 ciri menjadi orang sukses.

Ciri-ciri orang sukses adalah menjadi seorang pembelajar, jujur atau integritas, kreatif, disiplin dan kerja keras, punya kepedulian sosial, komunikatif, memiliki complex problem solving & critical thinking, service orientation, negotiation dan cognitive flexibility, berjiwa Kepemimpinan (Leadership), cerdas emosional dan interpersonal yang Baik (emotional intelligence dan good interpersonal skill) dan terakhir adalah kolaboratif.

Dekan SV-IPB menambahkan bahwa lulusan SV-IPB disiapkan agar mereka dapat bersaing dengan baik di dunia kerja. Untuk itu kurikulum yang tepat guna dan berbasis kompetensi di SV-IPB selalu diperbaiki secara berkelanjutan sesuai dengan tuntutan kebutuhan revolusi industri 4.0 atau tuntutan kebutuhan era inovasi disruptif.