Walikota Bogor, Dr. Bima Arya, pada hari Minggu (25/11) memberikan sambutan dalam seminar “Bogor Zero Waste: No Plastics, No Worries” yang diselenggarakan oleh Program Studi Komunikasi Sekolah Vokasi IPB di Botani Square. 

Acara ini diselenggarakan untuk mendukung pelaksanaan Peraturan Walikota (Perwali) Bogor No.61/2018. Wakikota Bogor menyatakan bahwa berdasarkan Perwali tersebut, mukai 1 Desember 2018 Pemerintah Kota Bogor akan menerapkan kebijakan pelarangan penyediaan kantong plastik di retail modern dan pusat perbelanjaan. Setiap konsumen yang berbelanja diwajibkan untuk membawa kantong belanjaan ramah lingkungan pengganti plastik.

Dekan Sekolah Vokasi, Dr. Ir. Arief Daryanti, MEc, dalam sambutan pembukaannya menyatakan bahwa ia menyambut sangat baik acara seminar ini. Ia berharap bahwa acara semacam ini yang digagas oleh para mahasiswa harus diikuti dengan aksi nyata di lapangan. Banyak gerakan melawan sampah plastik di dunia yang digagas oleh para generasi muda. “The youth environmental movement” di berbagai negara memiliki kontribusi yang sangat besar dalam mengurangi sampah plastik di dunia.

Dalam kesempatan seminar ini Ayumi Fitriani Gunawan (staf pengajar PS KMN) bertindak sebagai moderator. Dr. Ir. Wahyu Budi Priatna, Ketua Program Studi KMN SV-IPB juga hadir dalam acara ini.

Pembicara lain yang hadir adalah Vania Herlambang
(Puteri Indonesia Lingkungan 2018, Miss International Indonesia 2018 dan Sahabat Citarum). Ia mengajak generasi muda untuk berpartisipasi secara aktif dalam mengurangi sampah plastik.