Akuntansi

VISI

Menjadi lembaga penyelenggara Pendidikan Tinggi Vokasi dalam bidang akuntansi yang unggul di Indonesia dalam 10 tahun mendatang yang lulusannya berkarakter wirausaha.

MISI

1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi akuntansi yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat kini dan mendatang yang memberi bekal pengetahuan teori dan praktik kepada lulusannya.

2. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia dalam bidang akuntansi.

3. Mengembangkan jejaring kerjasama dengan perusahaan-perusahaan dan lembaga-lembaga pemerintah.

TUJUAN

Menghasilkan Teknisi Akuntansi Madya yang terampil dalam melaksanakan pekerjaan akuntansi, perpajakan dan pengauditan pada perusahaan (entitas bisnis) jasa, dagang, dan/ atau manufaktur berskala besar dan/ atau go-public.

LEARNING OUTCOMES

1.  Mampu menjadi teknisi akuntansi madya yang mampu melakukan pekerjaan di bidang akuntansi pada perusahaan (entitas bisnis) jasa,dagang, dan/ atau manufaktur berskala besar dan/ atau go-public yang sesuai dengan standar dan prinsip-prinsip yang berlaku umum dan relevan di bidang akuntansi, melalui proses penganalisisan data keuangan dan pemilihan metode yang sesuai, didukung dengan kemampuan di bidang manajemen, teknologi informasi, keahlian interpersonal dan komunikasi.

2. Memahami konsep teoritis akuntansi secara umum dan konsep-konsep lain yang relevan untuk menyelesaikan masalah dan/ atau pekerjaan di bidang akuntansi pada perusahaan (entitas bisnis) jasa, dagang, dan/ atau manufaktur berskala besar dan/ atau go-public.

3. Mampu bekerja sama dan berkomunikasi secara efektif dalam sebuah kelompok kerja (team work) baik dalam posisinya sebagai anggota dan/atau sebagai pimpinan kelompok kerja, untuk menyelesaikan pekerjaan di bidang akuntansi termasuk mendokumentasikan hasil pekerjaan dalam bentuk laporan tertulis.

4. Mampu melakukan evaluasi dan supervisi terhadap pencapaian hasil pekerjaan di bidang akuntansi yang menjadi tanggung jawabnya baik sebagai anggota dan/ atau pimpinan dalam kelompok kerja.

LAPANGAN PEKERJAAN

Lapangan pekerjaan lulusan Program ini sangat luas yaitu perusahaan (Entitas Bisnis) bidang usaha industri, Perdagangan, Jasa (Konsultan Pajak, Kantor Akuntan Publik), Perbankan, Asuransi, instansi pemerintah baik pusat maupun daerah, dan Lembaga Sektor publik yang menerapkan praktik akuntansi.

SILABI MATA KULIAH

Pengantar Agroindustri 2(2-0)

        Mata kuliah ini dirancang dan disusun untuk mengantarkan mahasiswa ke pemahaman dunia agroindustri dalam arti luas dengan membahas berbagai topik yang berkaitan dengan agroindustri, antara lain pengertian pasca panen dan pengolahan hasil, pengertian nilai tambah produk pertanian, bentuk-bentuk olahan hasil pertanian, serta bentuk-bentuk proses pengolahan hasil pertanian.

Bahasa Indonesia 3(2-1)

        Mempelajari penguasaan dan penggunaan Bahasa Indonesia secara baik. Topik yang dibahas meliputi EYD, struktur kalimat, kalimat yang efektif dan logis, paragraf, jenis-jenis tulisan, karya ilmiah, dan penyajian lisan.

Aplikasi Komputer 3(1-2)

        Mempelajari jenis-jenis perangkat lunak yaitu perangkat lunak sistem (sistem operasi dan utilitas) dan aplikasinya, pengenalan komponen-komponen komputer meliputi peralatan pemroses, input, output, dan penyimpanan, dasar-dasar jaringan komputer, keamanan komputer dan internet, penggunaan perangkat lunak sistem dan aplikasi untuk penyelesaian masalah serta materi muatan lokal sesuai kebutuhan setiap program keahlian.          

Pendidikan Agama 2(2-0)

        Membahas pemahaman, penghayatan dan pengamalan tentang konsep keimanan dan keagaman yang mantap; agama dan keagamaan dalam disiplin ilmu; agama, bangsa dan negara dalam menunjang pembangunan nasional; sikap mental dan tercapainya tujuan hidup manusia.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3(2-1)

       Mempelajari pengertian dan pentingnya bela negara berlandaskan pemahaman terhadap Pancasila, Pembukaan Undang-undang Dasar, Undang-undang Dasar 1945, Hak Asasi Manusia, Pancasila sebagai sistem etika, Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional, Otonomi Daerah dan Good Governance, guna membangun karakter mahasiswa yang memiliki kesadaran bela negara sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Bahasa Inggris Bisnis 3(1-2)

        Mempelajari serangkaian skill untuk membaca dan memahami teks dalam bahasa Inggris dan meningkatkan penguasaan kosa kata pada level intermediate dengan topik bacaan yang sesuai dengan masing-masing program keahlian.

Dasar Manajemen 3(2-1)

        Mempelajari pengetahuan dasar manajemen yang mencakup pengertian, unsur, fungsi, aliran dan tokoh manajemen serta proses manajemen melalui pendekatan fungsi, sistem, teknik dan perilaku manajemen. Hal lainnya menjelaskan faktor lingkungan yang mempengaruhi pelaksanaan manajemen.

Ekonomi Umum 3(2-1)

        Membahas unsur pilihan konsumen dan produsen, hukum permintaan dan penawaran, pembentukan harga di pasar, teori produksi dan biaya serta aplikasinya dalam bisnis (maksimisasi keuntungan), struktur pasar, pasar input dan pasar output, pendapatan nasional, pengenalan kebijakan pemerintah untuk stabilisasi ekonomi (kebijakan fiskal dan moneter).

Kewirausahaan 3(1-2)

        Mempelajari pengetahuan tentang kewirausahaan mulai dari pengertian wirausaha, karakter seorang wirausaha, serta wawasan tentang perilaku dan kemampuan seorang wirausaha, dan contoh aplikasinya sesuai dengan kebutuhan muatan lokal setiap program keahlian.

Manajemen Sumber Daya Manusia 3(1-2)

        Mempelajari pengertian dan ruang Iingkup manajemen sumber daya manusia dalam industri, analisis jabatan (job analysis), seleksi pegawai, pelatihan dan pengembangan, pengembangan karir, penilaian prestasi kerja, hak karyawan dan disiplin, dinamika hubungan perburuhan, kompensasi dan tunjangan kesejahteraan serta kepemimpinan.

Pengantar Bisnis 3(2-1)

        Mempelajari pengetahuan dasar tentang perilaku perusahaan sebagai sebuah sistem. Bahasan meliputi: konsep dan ruang lingkup perusahaan/bisnis, aplikasi fungsifungsi manajemen dalam perusahaan/ bisnis, aplikasi prinsip-prinsip ekonomi dalam perusahaan/ bisnis.

Matematika Keuangan 3(1-2)

        Membahas berbagai alat bantu matematika yang dapat digunakan pada berbagai alternatif investasi yang terbuka. Pembahasan meliputi: bunga sederhana, tingkat diskon dan diskon tunai, imbal hasil dan pengembalian, bunga majemuk, anuitas, amortisasi utang dan dana pelunasan, obligasi, dan penyusutan.

Dasar Akuntansi I 3(1-2)

        Membahas pengetahuan dasar mengenai proses akuntansi yang meliputi pencatatan transaksi sampai dengan disusunnya laporan keuangan pada perusahaan jasa dan dagang.

Dasar Akuntansi II 3(1-2)

        Mempelajari pengetahuan dasar mengenai akutansi berbagi pos penting dalam laporan keuangan khususnya neraca. Pos-pos tersebut meliputi: kas, piutang, persedian, aktiva tetap, aktiva tidak berwujud, kewajiban lancar, kewajiban jangka panjang, modal saham dan laba ditahan.

Akuntansi Keuangan Menengah I 3(1-2)

        Mempelajari pemahaman, pengetahuan dan praktik mengenai kerangka konseptual pelaporan keuangan dan elemen-elemen aktiva pada neraca. Pembahasan meliputi: kerangka konseptual pelaporan keuangan, kas dan piutang, investasi surat berharga hutang dan saham, persediaan, aktiva tetap, dan aktiva tidak berwujud.

Akuntansi Keuangan Menengah II 3(1-2)

        Mempelajari pemahaman, pengetahuan, dan praktik mengenai pencatatan maupun pelaporan atas elemen-elemen pasiva pada neraca, perlakuan akuntansi atas pengakuan pendapatan, leasing, serta perubahan akuntansi dan analisis kesalahan. Pembahasan meliputi: kewajiban lancar dan kontijensi, ekuitas pemegang saham, pengakuan pendapatan, leasing, perubahan akutansi, dan analisis kesalahan.

Akuntansi Biaya 3(1-2)

        Mempelajari pemahaman, pengetahuan, dan praktik mengenai konsep, pemanfaatan dan perekayasaan informasi biaya untuk penentuan harga pokok produksi dengan berbagai metode dan pengendalian biaya. Pembahasan meliputi: konsep dan tujuan akuntansi biaya, akuntansi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik, penentuan harga pokok produksi perusahaan manufaktur berdasarkan pesanan dan proses, alokasi biaya bersama, pengendalian biaya, sistem biaya taksiran, biaya standar full costing and variable costing, dan analisis selisih.

Akuntansi Sektor Publik 3(1-2)

        Membahas tentang lingkungan sektor publik, prinsip-prinsip akuntansi sektor publik, lembaga-lembaga sektor publik, konsep-konsep akuntansi sektor publik, proses akuntansi sektor publik, prinsip-prinsip akuntansi sektor publik dan bentuk-bentuk laporan keuangan sektor publik.

Sistem Akuntansi 3(1-2)

        Membahas pengertian dan ruang lingkup sistem akuntansi, sistem dan prosedur perancangan sistem akuntansi, perancangan laporan-laporan, perancangan klasifikasi rekening buku besar dan buku pembantu, perancangan buku jurnal dan perancangan buku transaksi.

Perpajakan I 3(1-2)

        Mempelajari pengetahuan dan praktik tentang peraturan perundangan dan pelaksanaannya dibidang perpajakan di Indonesia serta filosofi perpajakan. Pembahasan meliputi: pengantar perpajakan, ketentuan umum dan tata cara perpajakan (KUP), pajak penghasilan umum (Pasal 21, 22, 23, 24, 25, dan 26), bentuk usaha tetap, penilaian harta saat penjualan dan penilaian persediaan, penyusutan dan amortisasi, penilaian kembali aktiva tetap, rekonsiliasi fiskal, dan pengisian SPT Tahunan.

Perpajakan II 3(1-2)

        Mempelajari pengetahuan dan praktik tentang berbagai peraturan perpajakan yang diperlukan untuk pajak perseorangan dan perusahaan (Badan) yang berkaitan dengan Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Penambahan Nilai (PPN), Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), Bea Materai, dan Pajak Bumi dan Bangunan. Pembahasan meliputi: Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Penambahan Nilai (PPN), Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), Pajak Bumi dan Bangunan, Bea Materai dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Soal Komprehensif PPh KUP, PPN, PPnBM, PBB, Bea Materai dan BPHTB.

Penganggaran 3(1-2)

        Mempelajari pemahaman, pengetahuan, dan praktik mengenai dasar-dasar, teknik dan mekanisme penyusunan anggaran perusahaan. Pembahasan meliputi: perencanaan dan penganggaran perusahaan, fungsi dan macam anggaran, penyusunan anggaran penjualan, penyusunan anggaran produksi, penyusunan anggaran bahan baku, penyusunan anggaran biaya konversi dan beban usaha, penyusunan anggaran jangka panjang, penyusunan anggaran variabel, penyusunan anggaran perusahaan dagang dan penyusunan anggaran perusahaan jasa.

Manajemen Keuangan 3(1-2)

        Mempelajari penggunaan, penyediaan dan pemanfaatan dana-dana perusahaan dan badan-badan lain. Pembahasan meliputi: pengertian dan prinsip dasar sistim dan lingkungan keuangan, resiko, pengembalian dan portfolio, teknik-teknik penilaian uang, sekuritas dan proyek, analisis dan perencanaan keuangan, manajemen modal kerja dan pendanaan.

Bank dan Lembaga Keuangan 3(1-2)

        Membahas dasar-dasar perbankan, lembaga keuangan non bank, perundangan dan paket kebijakan perbankan, organisasi bank, manajemen dana bank, manajemen permodalan bank, jasa-jasa perbankan dan perkreditan.

Statistika Bisnis 3(1-2)

        Membahas konsep-konsep dasar statistika yang meliputi: metode pengumpulan data, pengolahan dan penyajian data, penyusunan angka indeks, teori peluang, penarikan contoh. Pembahasan ditekankan pada statistika terapan dalam bisnis.

Komputer Aplikasi Akuntansi 3(1-2)

        Mempelajari pengetahuan dan praktik penggunaan komputer dalam memproses data akuntansi dalam satu siklus sampai dengan pembuatan laporan keuangan pada perusahaan jasa dan dagang dengan software akuntansi dasar. Pembahasan meliputi: Pengetahuan praktis tentang pengoperasian software akuntansi dasar yaitu Dac Easy Accounting dan MS Excel untuk melakukan pencatatan transaksi keuangan dan menghasilkan laporan keuangan, mengaplikasikan MS Excel untuk keperluan proses pengendalian dan perencanaan keuangan.

Akutansi Manajemen 3(1-2)

        Mempelajari pemahaman, pengetahuan, dan praktik mengenai konsep akuntansi manajemen untuk mendukung proses pembuatan dan pengambilan keputusan oleh manajemen. Pembahasan meliputi: ruang lingkup dan karakteristik akuntansi manajemen, perilaku biaya aktivitas (activity cost behavior), analisis biaya volume laba, full costing and variable costing, sistem biaya standar, biaya relevan untuk pengambilan keputusan, dan akuntansi pertanggungjawaban.

Akuntansi Keuangan Lanjutan 3(1-2)

        Mempelajari pemahaman, pengetahuan, dan praktik kepada mahasiswa mengenai masalah-masalah khusus dalam akuntansi keuangan. Pembahasan meliputi: penggabungan usaha, investasi dalam saham dan pelaporan investor, laporan keuangan konsolidasi, teknik dan prosedur konsolidasi, laba atas transaksi antar perusahaan-persediaan, laba atas transaksi antar perusahaan-aktiva tetap, laba atas transaksi antar perusahaan-obligasi, hubungan kantor pusat dan kantor cabang.

Pengauditan I 3(1-2)

        Mempelajari pemahaman, pengetahuan, dan praktik mengenai konsep-konsep Auditing dan Perancangan Pengujian. Pembahasan meliputi: auditing dan profesi akuntan publik, kode etik profesional dan standar auditing, kertas kerja pemeriksaan, laporan audit, penugasan dan perencanaan audit, strategi audit pendahuluan dan materialitas, tujuan dan bukti audit, dan struktur pengendalian audit.

Auditing II 3(1-2)

        Mempelajari pemahaman, pengetahuan dan praktik mengenai proses audit, kertas kerja pemeriksaan, dan penyelesaian audit. Pembahasan meliputi: audit kas, audit surat berharga, audit piutang dagang, audit beban dibayar dimuka, audit persediaan, audit atas aktiva tetap, audit investasi, audit hutang dan modal, audit pendapatan dan beban, dan penyelesaian audit dan pendapat auditor.

Teknik Audit Berbasis Komputer 3(1-2)

        Memberikan keterampilan kepada mahasiswa agar dapat melakukan pengauditan dengan menggunakan general audit software. Pembahasan meliputi: perkembangan teknologi komputer, hubungan audit dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), pengendalian umum dan pengendalian aplikasi, jenis teknik audit berbasis komputer dan pertimbangan penggunaan TABK PSAK, pedoman audit, penggunaan audit command language (ACL), using ACL dan studi kasus, dan membuat Laporan audit.

Analisa Laporan Keuangan 3(1-2)

        Mempelajari pemahaman, pengetahuan dan praktik mengenai prosedur, metode, dan teknik analisis terhadap laporan keuangan. Pembahasan meliputi: pengantar analisa laporan keuangan, laporan keuangan, analisa laporan keuangan, analisa rasio, analisis sumber dan penggunaan dana, analisa laba kotor, dan analisa prospektif.

Akuntansi Pemerintah 3(1-2)

        Mempelajari pemahaman, pengetahuan, dan praktik mengenai konsep akuntansi pemerintah dan berbagai kegiatan teknis dalam praktik akuntansi pemerintah. Pembahasan meliputi: pengantar akuntansi pemerintah dan siklus akuntansi pemerintah, dana dan akuntansi dana, akuntansi untuk bendaharawan, anggaran dan keuangan negara, anggaran pemerintah (APBN), sistem akuntansi pemerintah di Indonesia, dan akuntansi pemerintah daerah.         

Sistem Informasi Akuntansi 3(1-2)

        Membahas Sistem Informasi Akuntansi, Pemrosesan Transaksi, Pelaporan Keuangan, Sistem Pelaporan Manajer. Pembahasan meliputi: keamanan data, computer fraud, pengendalian internal dan kasus yang terkait, etika bisnis dan kasus, hubungan teknologi informasi dalam dinamika bisnis, E-Commerce, data flow diagram, standar operating procedure, business continuity plan, analisa penerapan Benford Law, financial cycle, decision support system, enterprise resources planning (ERP), dan analisa dan perancangan sistem informasi.

Manajemen Investasi 2(1-1)

        Mempelajari pemahaman, pengetahuan, dan praktik mengenai investasi khususnya investasi pada aktiva keuangan. Pembahasan meliputi: pengertian dan ruang lingkup investasi, pasar modal Indonesia, mekanisme perdagangan dan tatacara investasi di pasar modal Indonesia, analisis dan penilaian saham, analisis dan penilaian obligasi.

Aplikasi Akuntansi Berbasis WEB 3(1-2)

        Membahas penerapan akuntansi berbasis komputer menggunakan Visual Basis (pemrograman), Microsoft SQL Server (database) dan Crystal Report (sebagai pembuat laporan) serta sistem informasi akuntansi mahasiswa diharapkan mampu membangun sebuah informasi akuntansi berbasis komputer. Pembahasan meliputi: konsep sistem informasi akuntansi, konsep dasar akuntansi, perancangan sistem, merancang database, pengkodean program, pemrograman database sistem informasi akuntansi, pembuatan laporan, dan pembuatan file executable.

Etika Profesi Akuntan 1(1-0)

        Mempelajari tinjauan umum etika, pekerjaan profesi dan profesional, tinjauan profesi dalam bidang akuntansi, meningkatkan profesionalisme akuntan, peran organisasi dan kode etik dalam sebuah profesi, etika bisnis, hak kekayaan intelektual.

Seminar 1 (0-1)

        Mahasiswa mempresentasikan hasil praktik kerja lapangan di depan kelas, mendapatkan umpan balik dari diskusinya, untuk penyusunan laporan praktek kerja lapangan, bertukar pengalaman praktek kerja.

Tugas Akhir 2 (0-2)

        Mahasiswa menyusun dan membuat laporan secara ilmiah mengenai topik-topik dalam bidang akuntansi (akuntansi keuangan, akuntansi biaya, akuntansi pemerintah dan sistim akuntansi), pajak dan auditing. Topik-topik tersebut dikaji dalam praktik kerja lapangan yang dilaksanakan selama 2 bulan di perusahaan-perusahaan, Kantor Pelayanan Pajak, Konsultan Pajak, Kantor Akuntan Publik dan Lembaga Pemerintah baik pusat maupun daerah.