Ekowisata

VISI

Menjadikan Program Keahlian Ekowisata sebagai institusi terbaik di Indonesia dalam penyelengaraan program vokasional pariwisata secara umum dan ekowisata secara khusus, yang menghasilkan tenaga Ahli Madya dengan keterampilan serta employability tinggi, khususnya di bidang rekreasi alam dan ekowisata dengan dasar konservasi sumberdaya alam.

MISI

1. Menyelenggarakan pendidikan keahlian ekowisata yang bermutu sesuai dengan kebutuhan masyarakat kini dan mendatang.

2.  Berperan serta dalam meningkatkan potensi sumberdaya manusia di bidang ekowisata dengan penerapan IPTEKS melalui pengelolaan sumberdaya yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

3.  Menyelenggarakan Program Keahlian Ekowisata dengan manajemen yang sehat, berorientasi pada mutu, profesionalisme dan keterbukaan.

4.  Memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan IPB secara materi maupun kualitas pendidikan secara nasional.

TUJUAN

Menghasilkan tenaga ahli madya yang terampil dan handal dalam bidang rekreasi alam dan ekowisata dengan dasar konservasi sumberdaya alam.

LEARNING OUTCOMES

1. Mampu menjadi tenaga teknis dan terampil dalam merancang dan mengelola kawasan wisata, paket-paket dan program wisata, dan penilai kawasan untuk pemanfaatan wisata yang sesuai dengan prinsip-prinsip ekowisata, melalui proses analisis potensi sumberdaya wisata dan pemilihan metode yang sesuai, didukung dengan kemampuan di bidang manajemen, teknologi dan komunikasi.

2. Memiliki pemahaman dan pengetahuan konsep perencanaan dan prinsip-prinsip ekowisata, dan konsep-konsep lain yang relevan untuk menyelesaikan masalah dan/ atau pekerjaan bidang pariwisata secara umum dan ekowisata secara khusus.

3. Mampu bekerja sama dan berkomunikasi secara efektif dalam sebuah kelompok kerja (team work) baik dalam posisinya sebagai anggota dan/ atau sebagai pimpinan kelompok kerja, untuk menyelesaikan pekerjaan bidang pariwisata secara umum dan ekowisata secara khusus, termasuk mendokumentasikan hasil pekerjaan dalam bentuk laporan tertulis.

4. Mampu melakukan evaluasi dan supervisi terhadap pencapaian hasil pekerjaan bidang ekowisata yang menjadi tanggung jawabnya baik sebagai anggota dan/ atau pimpinan dalam kelompok kerja.

LAPANGAN PEKERJAAN

1. Tenaga teknis terampil perancang dan pengelola daerah-daerah wisata.

2. Tenaga teknis terampil perancang tapak kawasan wisata.

3. Tenaga teknis terampil perancang dan pengelola paket-paket program wisata alam dan ekowisata.

4. Tenaga teknis terampil penilai kawasan yang akan diambil nilai manfaatnya, terutama manfaat wisata alam dan ekowisata.

SILABI MATA KULIAH

Matematika 3(2-1)

        Mata kuliah ini mempelajari gugus: pengertian, penyajian, hubungan, pengolahan, bilangan kardinal gugus majemuk; gugus ganda, hubungan dan fungsi; pernyataan: pengertian, perangkai dasar, pernyataan majemuk dan nilai kebenaran, kesahihan argumen, pernyataan umum dan khusus; matriks: bentuk umum, pengolahan, macam matriks, determinan, matriks kebalikan; gugus persamaan linier dan vektor jawab.

Aplikasi Komputer 3(1-2)

        Mata kuliah ini mempelajari jenis-jenis perangkat lunak yaitu perangkat lunak sistem (sistem operasi dan utilitas) dan aplikasinya, pengenalan komponen-komponen komputer meliputi peralatan pemroses, input, output, dan penyimpanan, dasardasar jaringan komputer, keamanan komputer dan internet, penggunaan perangkat lunak sistem dan aplikasi untuk penyelesaian masalah serta materi muatan lokal

Teknik Survival dan PPPK 2(0-2)

        Mata kuliah ini mengajarkan mengenai: teknik survival; PPPK; antisipasi bencana di lokasi ekowisata; dan manajemen perjalanan.

Ekologi dan Estetika Hutan 3(1-2)

        Mata kuliah ini mengajarkan mengenai konsep-konsep dasar ekologi (organisasi makhluk hidup, aliran energi dan hara, suksesi primer dan sekunder), interaksi di antara makhluk hidup, habitat, dan estetika struktur dan komposisi tegakan hutan, ekologi dan estetika satwa liar, serta beberapa teknik inventarisasi tumbuhan dan satwa liar.

Dasar-dasar Konservasi dan Pengelolaan Sumberdaya Alam 3(2-1)

        Mata kuliah ini mengajarkan mengenai : pengertian hutan dan kehutanan Indonesia serta perannya; keanekaragaman hayati; konservasi sumberdaya alam hayati; pelaksanaan konservasi di Indonesia; dan aspek pemanfaatan pada konservasi sumberdaya alam hayati

Rekreasi dan Ekowisata 4(2-2)

        Mata kuliah ini mengajarkan tentang leisure time (waktu luang) sebagai dasar keilmuan pariwisata, rekreasi dan ekowisata; pengantar ilmu pariwisata; pengertian dan karakteristik rekreasi dan ekowisata; peraturan perundangan kepariwisataan; identifikasi demand dan supply kegiatan rekreasi dan ekowisata; daya dukung (carrying capacity) kegiatan rekreasi dan ekowisata; dampak kegiatan rekreasi dan ekowisata terhadap kondisi ekologi, sosioekonomi dan sosiobudaya; pengantar perencanaan kegiatan rekreasi dan ekowisata.

Bahasa Inggris Wisata 4(2-2)

        Mata kuliah ini mengajarkan serangkaian skill untuk membaca dan memahami teks dalam bahasa inggris dan meningkatkan penguasaan kosa-kata dalam bahasa inggris pada level intermediate dengan topik bacaan yang sesuai dengan masingmasing program studi. Melatih kemampuan bahasa Inggris mahasiswa (penekanan pada conversation) dalam dunia pariwisata secara umum, kemampuan yang harus dimiliki dalam kepemanduan dan spesifikasi sesuai dengan lingkup bidang ekowisata yang dipilih mahasiswa

Pengantar Agroindustri 2(2-0)

        Mata kuliah ini dirancang dan disusun untuk mengantarkan mahasiswa ke pemahaman dunia agroindustri dalam arti luas dengan membahas berbagai topik yang berkaitan dengan agroindustri, antara lain pengertian pasca panen dan pengolahan hasil, pengertian nilai tambah produk pertanian, bentuk-bentuk olahan hasil pertanian, serta bentuk-bentuk proses pengolahan hasil pertanian.

Bahasa Indonesia 3(2-1)

        Mata kuliah ini mempelajari penguasaan dan penggunaan Bahasa Indonesia secara baik. Topik yang dibahas meliputi EYD, struktur kalimat, kalimat yang efektif dan logis, paragraf, jenis-jenis tulisan, karya ilmiah, dan penyajian lisan.

Metode Statistika 3(2-1)

        Mata kuliah ini mempelajari pengertian statistika, deskripsi dan eksplorasi data, konsep peluang, konsep peubah acak dan sebaran peluang, teori penarikan contoh, pendugaan parameter, pengujian hipotesis, analisis regresi dan korelasi, analisis ragam, dan analisis non parametrik.

Pengelolaan Pengunjung dan Psikologi Wisatawan 3(1-2)

        Mata kuliah ini mempelajari tentang definisi psikologi dan gambaran umum pariwisata; batasan pengelolaan pengunjung dari penyebaran, pembatasan penggunaan kawasan dan penutupan, memahami teori motivasi, kepribadian dan sikap wisatawan serta kebutuhan psikologi wisatawan.

Teknik Interpretasi 3(1-2)

        Mata kuliah ini mempelajari mengenai konsep dasar interpretasi; ecotourism destination; teknik interpretasi (attended services and unatended services); pemilihan media interpretasi (review skema proses komunikasi, visualisasi ide, faktor yang mempengaruhi pemilihan media, tipe interpretasi); perencanan program interpretasi (perencana interpretasi, tujuan dan sasaran, integrasi dengan site planning, prospectus perencanaan, proses perencanaan interpretasi).

Rekreasi Taman dan Perkemahan 3(1-2)

        Mata kuliah ini mempelajari tentang review leisure, recreation and tourism concept; pengertian, klasifikasi taman dan perkemahan serta aktivitas-aktivitas yang dapat dilakukan pada kedua lokasi tersebut; demand rekreasi taman dan perkemahan; rancangan dan rencana program rekreasi pada suatu tapak taman dan perkemahan.

Wisata Alam 4(2-2)

        Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep wisata alam, perkembangan wisata alam di Indonesia, supply dan demand wisata alam, jenis-jenis wisata alam, dampak kegiatan wisata alam (ekologi, ekonomi dan sosial budaya masyarakat), manajemen kegiatan wisata alam, serta perencanaan tapak dan program wisata alam.

Wisata Perairan 3(1-2)

        Mata kuliah ini mempelajari tentang ekosistim perairan, pengetahuan praktis tentang konsep dasar wisata perairan; pengertian dan uang lingkup wisata perairan serta masalah wisata perairan; kebijakan pemerintah terhadap sektor wisata perairan; komponen wisata perairan (obyek dan daya tarik wisata perairan, promosi dan pemasaran wisata perairan, pasar wisata perairan, sarana dan prasarana wisata perairan); konsep dan ruang lingkup wisata danau/waduk ; konsep dan ruang lingkup wisata sungai/ air terjun.

Praktek Umum Ekowisata 2(0-2)

        Praktek ini mempelajari:

a. Pengenalan ekosistem alami beserta komponen-komponen penyusunnya yaitu unsur abiotik (suhu, kelembaban, kondisi tanah, perairan dan lainnya) dan unsur biotik diantaranya tumbuhan (pohon, tumbuhan bawah, lumut dan lain-lain) serta berbagai satwa (mamalia, burung, reptil, amfibi, serangga dan lain-lain).

b. Pengenalan suatu kawasan ekowisata dengan mengidentifikasi potensi sumber daya, daya tarik dan atraksi wisata, wisatawan/ pengunjung, sarana, prasarana dan fasilitas wisata serta kondisi sosial ekonomi dan budaya masyarakat sekitar kawasan wisata.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3(2-1)

       Mempelajari pengertian dan pentingnya bela negara berlandaskan pemahaman terhadap Pancasila, Pembukaan Undang-undang Dasar, Undang-undang Dasar 1945, Hak Asasi Manusia, Pancasila sebagai sistem etika, Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional, Otonomi Daerah dan Good Governance, guna membangun karakter mahasiswa yang memiliki kesadaran bela negara sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Bahasa Jepang 3(1-2)

        Mata kuliah ini membahas tentang pengenalan tata bahasa Jepang; percakapan sederhana sehari-hari yang biasa digunakan; istilah-istilah yang sering digunakan; pengucapan dan lafal; penulisan karakter Pinyin/Hangul/Kanji, Hiragana, dan Katakana.

Penerapan Sistim Informasi Geografis dalam Ekowisata 3(1-2)

        Mata kuliah ini membahas mengenai pengertian dan ruang lingkup geodesi dan sistem informasi geografis; konsep dasar geodesi dan sistem informasi geografis; komponen sistem informasi geografis; tahapan dan proses survei pemetaan dan pembuatan peta.

Permainan dan Hobi 3(1-2)

        Mata kuliah ini membahas mengenai review leisure time (waktu luang); basic conceptual permainan dan hobi, sumber daya permainan dan aktivitas hobi (space, time and tools); ragam, jenis dan setting dalam permainan dan aktivitas hobi (traditional and modern, active and pasive, individual and group, indoor and outdoor); perancangan permainan dan aktivitas hobi (goal and objective, rules, ethic, procedure); perburuan (hunting), sport tourism, outbound; pengembangan, perancangan dan perencanaan program wisata berbasiskan permainan dan aktivitas hobi.

Wisata Kesehatan 3(1-2)

        Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar, pengertian, ruang lingkup dan atau kegiatan yang dapat diklasifikasikan sebagai wisata kesehatan (termasuk di dalamnya phytomedica); memberikan pengenalan dan pemahaman tentang potensi sumber daya berdasarkan karakteristik masing-masing daerah di Indonesia, baik yang sifatnya teoritis maupun praktek sampai pada proses sebuah perencanaan kegiatan pengembangan yang dikemas dalam bentuk wisata kesehatan.

Wisata Budaya dan Spiritual 4(2-2)

        Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar budaya dan spiritual beserta elemen yang terkait, kebudayaan sebagai sumber daya kegiatan wisata budaya dan spiritual; demand wisata budaya dan spiritual, bentuk wisata budaya dan spiritual, dampak kegiatan wisata budaya dan peninggalan; pengembangan wisata budaya dan spiritual melalui penyusunan paket kegiatan wisata budaya dan spiritual serta pengembangan lokasi kegiatan wisata budaya dan spiritual dalam sebuah perencanaan.

Ekonomi dan Bisnis Wisata 4(2-2)

        Mata kuliah ini mempelajari tentang ekonomi secara umum (prinsip ekonomi, ekonomi mikro dan makro), konsep dasar wisata dan pariwisata sebagai fenomena ekonomi. Pengaruh pariwisata dalam perekonomian baik secara sempit maupun luas. Pariwisata dalam perspektif ekonomi (pariwisata sebagai sebuah industri). Aspek-aspek ekonomi pariwisata yang ditinjau dari faktor penawaran dan permintaan. Pengelolaan bisnis wisata (mengelola modal kerja, Sumberdaya Manusia, perencanaan fasilitas serta peluang bisnis), Perencanaan dan studi kelayakan usaha wisata sebagai bentuk perencanaan bisnis wisata.

Pendidikan Agama 2(2-0)

        Mata kuliah ini mempelajari pemahaman, penghayatan dan pengalaman tentang konsep keimanan dan keagamaan yang mantap; agama dan keagamaan dalam disiplin ilmu; agama, bangsa dan negara di dalam menunjang pembangunan nasional; sikap mental dan tercapainya tujuan hidup manusia.

Kewirausahaan 3(1-2)

        Mata kuliah ini mempelajari pengetahuan tentang kewirausahaan mulai dari pengertian wirausaha, karakter seorang wirausaha, serta wawasan tentang perilaku dan kemampuan seorang wirausaha, dan contoh aplikasinya sesuai dengan kebutuhan muatan lokal setiap program keahlian.

Rekreasi Anak dan Penyandang Cacat 2(1-1)

        Mata kuliah ini membahas tentang definisi dan kharakteristik dari rekreasi anak dan penyandang cacat; psikologi dan perkembangan anak; rekreasi anak dan pengantar rekreasi anak; batasan dan kharakteristik serta psikologi klinik penyandang cacat; rekreasi dissable person; dan pengantar perencanaan rekreasi dissable person.

Manajemen Perjalanan 3(1-2)

        Mata kuliah ini membahas mengenai pengertian dasar manajemen, ruang lingkup dan aspek manajemen, karakteristik perjalanan, operator biro perjalanan, dan teknik menghitung biaya perjalanan wisata.

Teknik Komunikasi dan Pemanduan Wisata 3(1-2)

        Mata kuliah ini membahas mengenai konsep dasar komunikasi dan pemanduan; materi pemanduan (karakteristik, unsur dan elemen penting, sumberdaya, tipe dan macam tourism destination di Indonesia); subyek (sasaran) pemanduan (latar belakang, kondisi fisik, psikologis, tourist need, want and motif); alat bantu kegiatan pemanduan; dan perancangan dan perencanan program pemanduan.

Metode Pemasaran Wisata 4(2-2)

        Mata kuliah ini membahas mengenai pengertian metode pemasaran, ruang lingkup dan peranan pemasaran wisata, batasan dan lingkup promosi, metode dan media promosi, desain media promosi, peluang pasar wisata dan strategi pemasaran wisata yang efektif.

Manajemen Resort dan Perhotelan 4(2-2)

        Mata kuliah ini membahas tentang definisi dan batasan resot dan perhotelan, karakteristik resort dan perhotelan, sumber daya manusia resort dan perhotelan, sistem regulasi dan perizinan resort dan perhotelan.

Praktek Pengelolaan Ekowisata 2(0-2)

        Praktek Pengelolaan Ekowisata merupakan suatu usaha pengenalan, pembelajaran dan aplikasi langsung kegiatan pengelolaan bidang ekowisata. Aspek teoritis yang diperoleh pada saat kuliah diaplikasikan secara langsung dalam aspek teknis (operasional) pada setiap unit kegiatan pengelolaan yang mendeskripsikan kepada para peserta praktek tentang bagaimana kondisi dan situasi pekerjaan bidang ekowisata sebenarnya.

Perencanaan Ekowisata 3(1-2)

        Mata kuliah ini membahas tentang konsep perencanaan ekowisata yang meliputi: program ekowisata yang terintegrasikan dengan site existing condition; program ekowisata didekati dari activity model, program formats setting dan ecotourism program planning; pendekatan yang lain dijelaskan mengenai site resources, carrying capacity dan ecotourism site planning; integrated ecotourism planning (destination area) sebagai implementasi dari konsep sustainable tourism.

Desain dan Kreatif Ekowisata 3(1-2)

        Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar, pengertian dan karakteristik dari desain dan kreatif ekowisata; highlight mengenai seni dan kaitannya dalam membangun daya imajinasi dan kreativitas; kreativitas dalam mengaktualisasikan program dan produk wisata; desain kreatif dalam menciptakan media promosi guna mendukung pengembangan kegiatan ekowisata.

Manajemen Program dan Event Wisata 4(2-2)

        Mata kuliah ini membahas mengenai definisi dan batasan event, karakteristik regular event, karakteristik event non regular, struktur sumber daya manusia penyelenggaraan event, struktur sistem pembiayaan event, struktur sistem regulasi dan perizinan event.

Etika Profesi Pariwisata 1(1-0)

        Mata kuliah ini membahas mengenai konsep etika profesi ekowisata yang meliputi; pengertian dan definisi etika, pekerjaan, profesi dan profesional, profesionalisme, organisasi dan etika profesi, kode etik, etika bisnis, hak kekayaan intelektual serta tinjauan profesi dalam bidang pariwisata.

Praktek Kerja Lapangan  5 (0-5)

        Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan implementasi terhadap semua yang telah dipelajari pada program keahlian ekowisata. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk menentukan lokasi tempat PKL sesuai dengan minat terhadap kegiatan pengelolaan ekowisata yang ada di Indonesia. Pada pelaksanaanya mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengenali, mengamati dan memahami serta melakukan secara langsung seluruh rangkaian kegiatan pengelolaan ekowisata yang terdapat di lokasi tempat praktek pada masing-masing unit pengelolaan yang ada.

Seminar  1 (0-1)

        Mahasiswa mempresentasikan hasil tugas akhir didepan kelas, mendapatkan umpan balik dari diskusinya, bertukar pengalaman praktek kerja.

Laporan Akhir  3 (0-3)

      Mahasiswa menyusun dan membuat rancangan program ekowisata sesuai dengan kondisi alam, sosial budaya dilokasi mahasiswa melakukan praktik kerja lapangan yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.