Manajemen Industri Jasa Makanan dan Gizi

VISI

Menjadi program studi terkemuka dalam bidang Manajemen Industri Jasa Makanan dan Gizi guna menghasilkan tenaga ahli madya yang tangguh, unggul, memiliki keterampilan, dan employability tinggi di bidang kulinari, gizi, dan diet.

MISI

1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasi dalam bidang kulinari, gizi, dan diet yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan masyarakat kini dan mendatang berorientasi pada mutu, profesionalisme, dan keterbukaan.

2. Berperan-serta dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dalam bidang kulinari, pangan, dan diet dan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

3. Memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan IPB di bidang kulinari, gizi, dan diet, secara materi maupun kualitas pendidikan.

TUJUAN

1. Menyiapkan tenaga ahli madya profesional yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, berkarakter luhur, serta berilmu, cakap, kreatif, mandiri, demokratis dan bertanggung jawab, serta menguasai keterampilan di bidang kulinari, gizi, dan diet.

2. Berperan serta dalam mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan inovasi dalam bidang kulinari, gizi, dan diet.

3. Berperan serta dalam memberikan solusi dalam bidang kulinari, gizi, dan diet dalam upaya terwujudnya masyarakat madani dan pembanguan berkelanjutan.

LEARNING OUTCOMES

1. Mampu berperan sebagai nutrisionis madya dan/ atau manajer madya unit gizi rumah sakit dan industri jasa makanan lainnya, seperti restoran, hotel, dan katering yang mampu mengelola penyelenggaraan makanan sesuai dengan hasil analisis kondisi institusi.

2. Menguasai konsep teoritis ilmu gizi dan kesehatan, ilmu pangan, dan manajemen untuk dapat melaksanakan pelayanan gizi dan makanan di institusi seperti restoran, hotel, katering dan unit gizi rumah sakit.

3. Mampu bekerja sama dan berkomunikasi secara efektif dalam sebuah kelompok kerja (team work) baik dalam posisinya sebagai anggota dan/atau sebagai pimpinan kelompok kerja, untuk menyelesaikan pekerjaan di bidang Manajemen Industri Jasa Makanan dan Gizi termasuk mendokumentasikan hasil pekerjaan dalam bentuk laporan tertulis.

LAPANGAN PEKERJAAN

Lulusan dapat bekerja dalam pengelolaan industri jasa makanan (seperti rumah sakit, hotel, restoran, katering, dan pelayanan boga lainnya), mulai dari perencanaan dan pengadaan bahan makanan, pengolahan dan penyajiannya, berdasarkan aspek kulinari, gizi, dan kesehatan. Selain itu dapat menjadi food stylist, ahli bakery, dan menjadi tester produk makanan atau minuman.

SILABI MATA KULIAH

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3 (2-1)

       Mempelajari pengertian dan pentingnya bela negara berlandaskan pemahaman terhadap Pancasila, Pembukaan Undang-undang Dasar, Undang-undang Dasar 1945, Hak Asasi Manusia, Pancasila sebagai sistem etika, Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional, Otonomi Daerah dan Good Governance, guna membangun karakter mahasiswa yang memiliki kesadaran bela negara sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Bahasa Inggris 3 (1-2)

        Penguasaan Bahasa Inggris disesuaikan dengan taraf pre intermediate untuk menguasai sebanyak kurang lebih 3.000 kata dengan penekanan pada tata bahasa, perbendaharaan kata dan “Comprehension” (pengertian dan penangkapan) buku pelajaran/ pegangan.

Aplikasi Komputer 3 (1-2)

        Pengetahuan tentang hardware, software, dan brainware: operating sistem; software word processor, database management, dan spreadsheet untung menunjang pengelolaan usaha.

Dasar- dasar Ilmu Gizi 3 (1-2)

        Mempelajari zat gizi, fungsi, dan sumber zat gizi dalam pangan. Memberikan keterampilan kepada mahasiswa untuk melakukan penialaian status gizi secara antropometri pada orang sehat, menghitung kebutuhan pangan dan gizi untuk berbagai kelompok umur dan kegiatan serta penyusunan menu seimbang untuk orang dewasa. Memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk dapat menghitung zat gizi yang tersedia dalam makanan dengan DKBM.

Anatomi dan Fisiologi Manusia 3 (1-2)

        Mempelajari anatomi dan fisiologi, berkaitan dengan proses pencernaan, penyerapan, dan utilisasi zat gizi dalam tubuh manusia serta ekskresi sisa-sisa metabolisme. Pembahasan meliputi sistem pencernaan, pernafasan, jantung dan peredaran darah serta sistem ekskretoria.

Dasar-dasar Dekorasi Hidangan 3 (1-2)

        Mempelajari seni kuliner dan dekorasi hidangan. Dasar-dasar perencanaan, pengerjaan, dan pengembangan dekorasi hidangan dan minuman sebagai bagian dari seni kuliner. Memberikan keterampilan dalam garnishing dan carving dari bahan sayur, buah, dan mentega. Pembuatan dekorasi meja dari bunga dan sayur serta pembuatan alas hidangan dari daun dan janur.

Kulinari Pangan Hewani 3 (1-2)

        Pemilihan dan pengolahan bahan pangan hewani berdasarkan pengelompokkan bahan pangan (daging, ayam, ikan, telur, susu) serta syarat-syarat mutu dan keamanannya mulai dari pembelian, persiapan, pengolahan, dan penyajian sesuai dengan tujuan pengolahannya. Mempelajari teknik pengolahan makanan hewani dengan memperhatikan aspek gizi, fisikokimia, cita rasa, dan estetika. Dibahas pula pengenalan dan penggunaan peralatan yang digunakan dalam Industri Jasa Makanan.

Kulinari Pangan Nabati 3 (1-2)

        Pemilihan dan pengolahan bahan pangan nabati berdasarkan pengelompokkan bahan pangan (serealia, kacang-kacangan, sayuran, buah) serta syarat-syarat mutu dan keamanannya mulai dari pembelian, persiapan, pengolahan, dan penyajian sesuai dengan tujuan pengolahannya. Mempelajari teknik pengolahan makanan nabati dengan memperhatikan aspek gizi, fisikokimia, cita rasa, estetika. Dibahas pula pengenalan dan penggunaan peralatan yang digunakan dalam Industri Jasa Makanan.

Bahasa Indonesia 3 (2- 1)

        Mata kuliah ini dirancang dan disusun untuk membiasakan mahasiswa menggunakan Bahasa Indonesia secara baik. Topik-topik yang dibahas: EYD, struktur kalimat, kalimat yang efektif dan logis, paragraf, jenis-jenis tulisan, karya ilmiah, dan penyajian lisan.

Bahasa Inggris Bisnis 3 (1-2)

        Peningkatan kemampuan Bahasa Inggris mahasiswa dalam percakapan, prinsipprinsip dasar yang perlu diperhatikan dalam etika berkomunikasi dengan Bahasa Inggris khususnya yang berkaitan dengan kegiatan pelayanan di industri makanan dan gizi.

Metabolisme Zat Gizi 3 (1-2)

        Mempelajari metabolisme karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin, air, serta bioavailabilitas dan interaksi zat gizi di dalam tubuh, disamping itu juga dipelajari penilaian hasil pemeriksaan laboratorium dalam keadaan fisiologi maupun patofisiologi.

Gizi dan Penyakit 3 (1-2)

        Mempelajari sebab akibat dan perjalanan penyakit gizi kurang dan gizi lebih, gangguan metabolisme serta dampaknya pada berbagai sistim dan organ tubuh. Dibahas pula tentang pencegahan dan penanggulangannya.

Gizi Kelompok Khusus 3 (1-2)

        Mempelajari energi dan zat gizi yang diperlukan tubuh manusia sesuai dengan kelompok umurnya, dan memiliki karakteristik tertentu seperti kondisi fisiologis khusus, yang berhubungan dengan aktifitas atau pola makan tertentu, serta untuk tujuan kecantikan dan kebugaran. Memberikan keterampilan pada mahasiswa dalam penyelengaraan menu untuk masing-masing kelompok, mencakup perencanaan, pengolahan, penyajian, dan penilaian ketersediaan energi dan zat gizi terhadap kebutuhan masing-masing kelompok.

Dasar-dasar Patiseri 3 (1-2)

        Mempelajari konsep teori praktis dari dasar-dasar patiseri yang meliputi produk patiseri yang berasal dari adonan cair dan adonan padat, serta keterampilan dalam memilah, mengolah, dan menyajikan produk patiseri.

Manajemen Pelayanan Makanan 3 (1-2)

        Mempelajari prinsip menata meja dan pelayanan dalam menghidangkan makanan di restoran. Jenis-jenis sistem pealayanan makanan, jenis menu, urutan dan alur pelayanan, perlengkapan alat hidang sesuai dengan jenis pelayanan menu. Tugas, peranan, dan fungsi pramusaji serta pengoranisasiannya. Dipelajari pula tentang sistem pemesanan dan pembayaran yang dialami selama persiapan bahan makanan sampai penyajian.

Penyelengaraan Makanan Indonesia 3 (1-2)

        Mempelajari pengolahan makanan dan minuman Indonesia ditinjau dari aspek sejarah dan budaya dari berbagai wilayah Indonesia (Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Betawi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku). Pembuatan bumbu dasar, sambal, aneka soto, sate, dan nasi goreng dan penyajiannya untuk makanan sehari-hari maupun upacara tradisional.

Pendidikan Agama Islam 2 (2-0)

        Pemahaman, penghayatan, dan pengamalan tentang konsep keimanan dan keagamaan yang mantap, agama dan keagamaan dalam disiplin ilmu, agama, bangsa, dan negara didalam menunjang pembangunan nasional, sikap mental dan tercapainya tujuan hidup manusia.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja 2 (1-1)

        Mempelajari prinsip-prinsip keselamatan dan kesehatan kerja di industri jasa makanan mulai dari persiapan, pengolahan, dan pelayanannya. Pengelolaan penerapan keselamatan dan kesehatan kerja berdasar peraturan perundangan yang berlaku di bidang produksi dan pelayanan makanan.

Metode Statistika 3 (2-1)

        Mempelajari tentang pengertian statistika, deskripsi dan eksplorasi data, konsep peluang, konsep peubah acak, dan sebaran peluang, teori penarikan contoh, pendugaan parameter, pengujian hipotesis, analisis regresi dan korelasi, analisis ragam, dan analisis non parametrik.

Penyelenggaraan Makanan Kontinental 3 (1- 2)

        Mempelajari makanan kontinental dari aspek menu internasional (hidangan pembuka, hidangan pembuka, dan penutup), pemilihan bahan dan bumbu, cara pengolahan, pemorsian, dan penyajiannya. Pengetahuan tentang minuman yang menyertai hidangan, serta ciri-ciri makanan beberapa negara Eropa seperti Inggris, Jerman, Perancis, dan Italia.

Dietetik Penyakit Infeksi dan Gizi Kurang 3 (1- 2)

        Mempelajari dietetik sebagai alternatif pencegahan dan penunjang pengobatan pada penyakit infeksi dan gizi kurang. Memberikan kemampuan kepada mahasiswa terampil dalam penyusunan menu, pemilihan bahan dan bumbu, serta pengolahan makanan sesuai dengan syarat gizi dan diet pada keadaan hiperkatabolisme, infeksi dan gizi kurang.

Formula Enteral dan Formula Khusus 3 (1- 2)

        Mempelajari pembuatan formula enteral dan formula khusus dengan memperhatikan prinsip, tujuan, dan indikasi pemberian, sifat fisikokimia dan fungsional makanan (air, protein, lemak, dan karbohidrat, vitamin, dan mineral) dan atau komponen lainnya.

Metode dan Teknik Promosi Gizi dan Makanan 3 (1- 2)

        Mempelajari berbagai faktor yang berpengaruh terhadap proses pengambilan keputusan konsumen dalam mengkonsumsi gizi dan makanan. Mempelajari berbagai metode dan teknik yang dilakukan pemasar untuk mempromosikan produk gizi dan makanan sehingga konsumen tertarik untuk mengkonsumsinya.

Manajemen Keuangan dan Pengawasan Biaya 2 (1- 1)

        Mempelajari ruang lingkup dan peranan manajemen keuangan. Memberikan keterampilan dalam penyusunan anggaran, pengawasan, dan pengendalian biaya mulai dari pengadaan bahan hingga penyajiannya, serta analisa dan penyusunan laporan keuangan.

Etika Profesi Jasa Makanan dan Gizi 1 (1- 0)

        Mempelajari pengertian etika, pekerjaan, profesi, dan profesional. Tinjauan profesi dalam bidang industri jasa makanan dan gizi, profesionalisme pekerja dalam bidang jasa makanan dan gizi, peran organisasi dan kode etik dalam sebuah profesi, etika bisnis, dan hak kekayaan intelektual.

Pengantar Agroindustri 2 (2- 0)

        Mata kuliah ini dirancang dan disusun untuk mengantarkan mahasiswa ke pemahaman dunia agroindustri dalam arti luas dengan membahas berbagai topik yang berkaitan dengan agroindustri, antara lain pengertian pasca panen dan pengolahan hasil, pengertian nilai tambah produk pertanian, bentuk-bentuk olahan hasil pertanian, serta bentuk-bentuk proses pengolahan hasil pertanian.

Kewirausahaan 3 (1- 2)

        Pengertian dan prinsip-prinsip kewirausahaan, mengembangan sikap mental dan keterampilan untuk mendukung keberhasilan wirausaha. Pelluang usaha dalam bidang jasa makanan. Langkah-langkah yang dilakukan untuk berwirausaha, termasuk perencanaan, penilaian kelayakan usaha, serta tantangan dan peluang dalam industri jasa makan, kiat-kiat sukses berwirausaha.

Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Industri Makanan 2 (1- 1)

        Mempelajari perencanaan, rekruitmen, dan seleksi tenaga kerja di bidang jasa makanan, teknik peningkatan produktifitas kerja, penilaian prestasi kerja (reward dan punishment), mempelajari hubungan atasan dan bawahan dalam struktur organisasi, motivasi dan kepemimpinan, pengaturan dan pengawasan tenaga kerja sesuai dengan perundangan yang berlaku.

Metode dan Teknik Pendidikan Gizi 3 (1- 2)

        Mempelajari prinsip, metode, teknik pendidikan, komunikasi dan alat ukur pendidikan gizi. Memberikan keterampilan kepada mahasiswa dalam merancang, mengembangkan, dan melaksanakan pendidikan gizi, memonitor dan mengevaluasinya.

Penyelengaraan Makanan Oriental 3 (1- 2)

        Mempelajari makanan dari negara-negara Asia: Asia Timur, Adia Tenggara, Asia Selatan, dan Timur Tengah. Pola menu dan pola makan, pengetahuan resep pentimng, pemlihan bahan, dan penggunaan bumbu, pengolahan, dan cara penyajiannya.

Manajemen Produksi Makanan 3 (1- 2)

        Mempelajari manajemen produksi dan distribusi makanan yang memenuhi standar higiene dan sanitasi, meliputi aspek perencanaan menu, dan penyediaan bahan makanan, penyimpanan, persiapan, pemorsian, pengawasan, dan distribusi makanan, serta pengaturan tata ruang dan peralatan.

Cipta Boga dan Diet 3 (1- 2)

        Mempelajari pengertian pengembangan produk dalam industri jasa makanan dan gizi; prinsip-prinsip dalam pengembangan produk industri jasa makanan dan gizi (termasuk di dalamnya pengembangan produk untuk kelompok khusus, teknik pengembangan produk, modifikasi resep, imitasi, kreativitas dalam penyajian dan pengemasan, faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam pengembangan produk; bahan dan sifat fungsional bahan, ketersediaan, substitusi, gizi, penerimaan konsumen, dsb). Praktik pengembangan produk dengan berbagi teknik (imitasi resep, produk benar-benar baru) dan penggunaan berbagai alternatif bahan baku.

Dietetik Gizi Lebih dan Penyakit Degeneratif 3 (1- 2)

        Mempelajari dietetik sebagai alternatif pencegahan dan penunjuang pengobatan pada gizi lebih dan penyakit degeneratif memberikan kemampuan kepada mahasiswa terampil dalam penyusunan menu, pemilihan bahan dan bumbu, serta pengolahan makanan sesuai dengan syarat gizi dan diet pada keadaan gizi lebih dan penyakidegeneratif berbagai organ tubuh.

Praktik Manajemen Penyelenggaraan Makanan Rumah Sakit    6 (0-6)

        Praktik langsung penyelenggaraan makanan rumah sakit yang meliputi organisasi dan manajemen, pengadaan dan penyimpanan bahan makanan, produksi makanan, pemesanan, distribusi, pelayanan makanan, higiene dan sanitasi, serta kesehatan dan keselamatan kerja.

Praktik Manajemen Asuhan Gizi Klinik   4 (0-4)

        Praktik penatalaksanaan diet pada pasien rawat inap di rumah sakit yang meliputi pengkajian keadaan gizi pasien, perencanaan menu bagi pasien sesuai tujuan dan syarat diet, pemorsian dan penyajian hidangan dari menu yang telah direncanakan, penilaian konsumsi makanan dari menu yang disajikan, identifikasi formula enteral dan gizi parenteral, serta motivasi pada pasien dan keluarga dalam upaya penyembuhan penyakit melalui konseling gizi.

Praktik Usaha Jasa Boga   6 (0-6)

        Magang di Industri jasa boga (kitchen/ restoran hotel atau katering) Mempelajri pengelolaan usaha jasa boga mulai dari pengorganisasian, perencaan menu, pembelian bahan, produksi, penyajian dari pelayanan makanan kepada konsumen, serta promosi usaha.

Seminar   1 (0-1)

        Presentasi dan diskusi laporan akhir di depan kelas dipandu oleh dosen pembimbing dan dosen penguji.

Laporan Akhir   3 (0-3)

        Pendalaman terhadap suatu topik tertentu yang dikaji secara khusus selama Praktik Kerja Lapang di rumah sakit, magang di hotel, atau kajian pengembangan produk di bawah arahan dosen pembimbing.