Teknologi Produksi dan Manajemen Perikanan Budidaya

VISI

Visi Program Keahlian Teknologi Produksi dan Manajemen Perikanan Budidaya adalah menjadi pelaksana pendidikan vokasi bidang perikanan budidaya yang terkemuka di tingkat nasional dan regional.

MISI

1. Menyelenggarakan pendidikan program pendidikan keahlian yang berkualitas dan profesional, sehingga dihasilkan insan terdidik yang unggul, profesional dan berkarakter kewirausahaan di bidang perikanan budidaya.

2. Melaksanakan penelitian untuk mendapatkan teknologi tepat guna dan metode praktis perikanan budidaya yang berdaya saing dan berkelanjutan.

3. Melakukan pengabdian pada masyarakat melalui penyebaran teknologi tepat guna dan metode praktis dan manajemen unggul perikanan budidaya dalam rangka pemberdayaan masyarakat dan keberlanjutan usaha perikanan budidaya.

TUJUAN

Menghasilkan tenaga ahli madya dan wirausaha yang kompeten dan professional dalam memproduksi produk perikanan budidaya air tawar, payau dan laut, baik ukuran benih, ukuran konsumsi dan ikan hias, termasuk menangani pengadaan sarana produksi dan hasil panen, secara menguntungkan dan berkelanjutan.

LEARNING OUTCOMES

1. Mampu melakukan kegiatan pembenihan ikan mulai pemilihan lokasi, desain detail dan konstruksi fasilitas pembenihan, pengadaan sarana dan prasarana produksi, proses produksi (yang mencakup pemeliharaan dan pemijahan induk, penetasan telur, pemeliharaan larva dan pendederan benih serta mengkultur pakan alami), pengangkutan dan pemasaran benih. Menguasai standarisasi dan sertifikasi mutu serta peraturan (legalitas) tentang benih dan perbenihan, baik pada level lokal, regional maupun global.

2. Mampu melakukan kegiatan pembesaran ikan (growout) komoditas perikanan budidaya (akuakultur) air tawar, payau dan laut, dari mulai pemilihan lokasi, desain detail dan konstruksi fasilitas, pengadaan sarana dan prasarana (seperti benih, pakan, obat-obatan, tenaga kerja, bahan bakar minyak, peralatan dan sebagainya), proses produksi (mencakup persiapan wadah, penebaran/ penanaman benih/ bibit, pemberian pakan, pencegahan dan pemberantasan hama dan penyakit, monitoring dan pemanenan), penanganan pascapanen dan pemasaran hasil. Menguasai standarisasi dan sertifikasi mutu serta peraturan (legalitas) tentang produk perikanan budidaya, baik pada level lokal, regional maupun global.

3. Mampu menangani penanganan produk perikanan budidaya setelah pemanenan hingga sampai kepada konsumen yang mencakup sortasi dan grading, pemberokan, pembiusan, pengangkutan hidup, penimbunan (stunting), peningkatan mutu, tagging, chipping, penyajian (displaying) dan teknik lainnya yang terkait dengan promosi, peningkatan harga produk, keamanan pangan dan keselamatan konsumen. Mampu menerapkan teknologi pascapanen produk perikanan budidaya yang lazim seperti penyimpanan segar/ beku, pengeringan, pengasapan, pemindangan, pengasinan dan sebagainya.

4. Mampu melakukan diagnosis dan terapi ikan sakit, monitoring dan pengelolaan kualitas air, monitoring pertumbuhan dan populasi ikan kultur dengan teknis sampling, seleksi induk dan benih unggul, dan beberapa teknik laboratorium lainnya yang terkait dengan kesehatan, kualitas air media pemeliharaan, nutrisi dan pemberian pakan ikan.

5. Mampu memproduksi pakan alami secara masal dan komersial sejak penyiapan wadah dan media (air), pupuk dan pemupukan media kultur pakan alami, pengadaan dan penanganan inokulan serta inokulasi, monitoring populasi, pengelolaan kualitas air, pemanenan dan penanganan pasca panen, termasuk mampu melakukan peningkatan kandungan gizi pakan alami (enrichment) dan penyisipan obat-obatan dan zat tertentu ke dalam pakan alami terkait dengan upaya pengobatan, pemacuan pertumbuhan dan peningkatan mutu ikan kultur.

6. Mampu melakukan pengelolaan usaha akuakultur yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluai, sejak pengadaan sarana dan prasarana produksi, proses produksi hingga panen, pascapanen dan pemasaran. Mampu pula melakukan pengawasan dan evaluasi akuakultur mencakup analisis kelayakan usaha dan sebagainya.

LAPANGAN PEKERJAAN

a. Sebagai tenaga ahli madya pada:

1. Perusahaan perikanan budidaya baik usaha pembenihan maupun pembesaranuntuk tujuan konsumsi dan ikan hias.

2. Perusahaan produsen dan agen distributor sarana produksi perikanan (benih, pakan, obat-obatan, peralatan budidaya dan sebagainya) .

3. Perusahaan pemasaran hasil produk perikanan budidaya (pengumpul, penyalur, eksportir dan sebagainya).

4. Instansi pemerintah yang berkaitan dengan perikanan budidaya dan perikanan pada umumnya (lembaga penelitian dan pengembangan, lembaga perekayasaan, karantinan ikan, birokrasi dan unit pelaksana teknis).

5. Lembaga (swasta dan pemerintah) yang berkecimpung dalam konservasi (penangkaran hewan akuatik) dan pariwisata akuatik.

b. Wiraswasta di bidang produksi perikanan budidaya baik pembenihan, pendederan, pembesaran maupun pengadaan sarana produksi serta bidang pemasaran dan distribusi hasil produk perikanan budidaya.

SILABI MATA KULIAH

Pendidikan Agama 2(2-0)

       Membahas pemahaman, penghayatan dan pengamalan tentang konsep keimanan dan keagamaan yang mantap.Agama dan keagamaan dalam disiplin ilmu. Peran agama di dalam berbangsa dan bernegara guna menunjang pembangunan nasional dan sikap mental, serta pencapaian tujuan hidup manusia.

Fisika 3(2-1)

       Mempelajari pengukuran dan besaran-besaran fisik, sistem satuan, vektor, gerak lurus, hukum Newton, kerja dan energi, hukum kekekalan energi, momentum, gerak harmonik, fluida thermodinamika, elektrostatika, elektrodinamika, arus searah, arus bolak balik, medan magnet, gelombang dan optik.

Metode Statistika 3(2-1)

       Mempelajari tentang pengertian statistika, deskripsi dan eksplorasi data, konsep peluang, konsep peubah acak, dan sebaran peluang, teori penarikan contoh, penduga parameter, pengujian hipotesis, analisis regresi dan korelasi, analisis ragam dan analisis non parametrik.

Aplikasi Komputer 3(1-2)

       Mempelajari jenis-jenis perangkat lunak yaitu perangkat lunak sistem (sistem operasi dan utilitas) dan aplikasinya, pengenalan komponen-komponen komputer meliputi peralatan pemrosesan, input, output, dan penyimpanan, dasar-dasar jaringan komputer, keamanan komputer dan internet, penggunaan perangkat lunak sistem dan aplikasi untuk penyelesaian masalah serta materi muatan lokal sesuai kebutuhan setiap program keahlian.

Klimatologi Oseanografi 3(1-2)

       Mempelajari komponen dan variabel klimatologi dan oseanografi yang berkaitan dengan perikanan budidaya, khususnya marikultur, dan mekanisme interaksinya. Upaya-upaya perikanan budidaya menghadapi kondisi klimatologi dan oseanografi.

Fisiologi Ikan 3(1-2)

       Mempelajari organ, sistem dan fungsi fisiologis yang berkaitan dengan reproduksi dan pertumbuhan somatis, antara lain pencernaan, respirasi, sirkulasi, osmoregulasi, neurologi, reproduksi, sistem hormon dan sebagainya; bioenergetika, kurva pertumbuhan, ekofisiologi (kaitan antara ekologi dan fisiologi) pertumbuhan, dan beberapa teknik praktis untuk menghitung dan menduga pertumbuhan dalam sistem perikanan budidaya.

Biologi Ikan dan Avertebrata Air 3(1-2)

       Mempelajari morfologi, anatomi, distribusi, dan tingkah laku ikan dan avertebrata air, baik sebagai spesies kultur (komoditas), pakan alami maupun organisme parasit; pengenalan organ tubuh ikan dan avertebrata air beserta fungsinya.

Bahasa Indonesia 3(2-1)

       Mempelajari penguasaan dan penggunaan Bahasa Indonesia secara baik. Topik yang dibahas meliputi EYD, struktur kalimat, kalimat yang efektif dan logis, paragraf, jenis-jenis tulisan, karya ilmiah, dan penyajian lisan.

Bahasa Inggris 3(1-2)

       Mempelajari serangkaian skill untuk membaca dan memahami teks dalam Bahasa Inggris dan meningkatkan penguasaan kosa kata pada level intermediate dengan topik bacaan yang sesuai dengan masing-masing program keahlian.

Ekologi Perairan 3(1-2)

       Mempelajari prinsip dan pengertian ekologi perairan serta kaitannya dengan perikanan budidaya (akuakultur); tipe-tipe ekosistem peraian, komponen ekosistem perairan yang mencakup abiotik dan biotik, parameter dan peubah kualitas air dan tanah yang mencakup fisika, kimia dan biologi; faktor pembatas, siklus biogeokimia, peubah populasi dan komunitas di dalam suatu ekosistem perairan.

Mikrobiologi Akuatik 3(1-2)

       Mempelajari taksonomi, morfologi, metabolisme dan reproduksi mikroba akuatik yang mencakup golongan bakteri, virus, cendawan, alga dan protozoa; peranan mikrobiologi di dalam sistem perikanan budidaya, antara lain sebagai dekomposer, agen penyakit, kompetitor, pakan, kondisi lingkungan dan sebagainya; metode isolasi dan identifikasi serta kepentingannya dalam perikanan budidaya.

Kimia Air dan Tanah 3(1-2)

       Membahas peran kimia air dan tanah dalam sistem akuakultur. Pembahasan meliputi: siklus hidrologi; macam perairan; fisika, kimia dan biologi air dan tanah kaitannya terhadap parameter kimia air dan tanah; dinamika dan peranannya terhadap fisiologi ikan dalam sistem budidaya. Penelaahan tentang kualitas tanah dasar kolam/ tambak serta peranannya terhadap fungsi-fungsi fisiologis ikan dan kaitannya antar faktor lingkungan dalam sistem akuakultur.

Dasar-dasar Akuakultur 3(1-2)

       Mempelajari definisi, tujuan, ruang lingkup dan sejarah perikanan budidaya (akuakultur); prinsip-prinsip yang mendasari produksi akuakultur dan komponen penting akuakultur yang mencakup benih, kualitas air, nutrisi/pakan ikan, penyakitparasit ikan, dan keterkaitan antar komponen; sistem dan teknologi produksi baik pembenihan dan pembesaran, pengenalan komoditas perikanan budidaya; prospek perikanan budidaya dalam memenuhi kebutuhan pangan nasional dan dunia.

Pengantar Biokimia 3(2-1)

       Mempelajari struktur, sifat-sifat dan fungsi biomolekul (air, karbohidrat, lipid, protein, enzim, asam nukleat, dan hormon); pengenalan metabolisme utama dari karbohidrat, lipid dan protein; fermentasi dan pengantar bioteknologi; peran biokimia dalam perikanan budidaya, khususnya dalam nutrisi ikan dan pembuatan pakan.

Pengantar Agroindustri 2(2-0)

        Mata kuliah ini dirancang dan disusun untuk mengantarkan mahasiswa ke pemahaman dunia agroindustri dalam arti luas dengan membahas berbagai topik yang berkaitan dengan agroindustri, antara lain pengertian pasca panen dan pengolahan hasil, pengertian nilai tambah produk pertanian, bentuk-bentuk olahan hasil pertanian, serta bentuk-bentuk proses pengolahan hasil pertanian.

Kewirausahaan 3(1-2)

       Mempelajari pengetahuan tentang kewirausahaan mulai dari pengertian wirausaha, karakter seorang wirausaha, serta wawasan tentang perilaku dan kemampuan seorang wirausaha, dan contoh aplikasinya sesuai dengan kebutuhan muatan lokal setiap program keahlian.

Penyakit dan Parasit Ikan 3(1-2)

       Mempelajari pengertian/ definisi dan peran/ dampak penyakit dan parasit dalam akuakultur; berbagai macam penyakit/ parasit yang menyerang biota budidaya, baik penyakit infeksi maupun non infeksi; agen penyakit meliputi bakteri, virus, fungsi dan parasit; gejala klinis pada ikan yang terserang penyakit/ parasit; muncul dan menyebarnya penyakit.

Farmakologi Ikan 3(1-2)

       Mempelajari pengertian dan peran farmakologi dalam pengendalian dan pengobatan penyakit ikan; segala aspek mengenai obat-obatan untuk biota akuakultur mulai dari jenis, sifat, cara kerja, dosis, dan cara pemakaian obat; teknik penyimpanan dan pengadaan obat.

Manajemen Kualitas Air dan Tanah 3(1-2)

       Mempelajari cara manajemen kualitas air dan tanah agar tetap optimal bagi kehidupan dan pertumbuhan biota akuakultur serta lingkungan sekitarnya. Materi yang dibahas mencakup pemantauan dan pengukuran kualitas dan kuantitas air; perlakuan (treatment) terhadap air sebelum masuk ke dalam sistem akuakultur; teknik pengelolaan air di dalam wadah produksi (pergantian, aerasi, filtrasi dan pemupukan air) dan penanganan air limbah akuakultur; amdal kegiatan akuakultur.

Teknik Pembuatan dan Pemberian Pakan 3(1-2)

       Mempelajari ragam jenis dan peran pakan dalam akuakultur, penerapan ilmu nutrisi ikan baik untuk pembenihan (nutrisi induk, larva dan benih) maupun pembesaran yang mencakup kebutuhan nutrien, fungsi dan metabolismenya; membuat formulasi dan pembuatan pakan hingga skala produksi; teknik dan manajemen pemberian pakan yang mencakup jenis pakan, waktu, tingkat, frekuensi, skedul dan cara pemberian pakan berbagai spesies, sistem dan teknologi akuakultur; cara pengadaan dan penyimpanan pakan.

Teknik Pengembangbiakan Ikan 3(1-2)

       Mempelajari cara mengembangbiakan berbagai jenis ikan baik ikan konsumsi maupun ikan hias, baik ikan air tawar maupun ikan air payau dan laut. Materi meliputi: teknik pengembangbiakan ikan mencakup alami maupun buatan, termasuk aplikasi hormon dan manipulasi reproduksi lainnya untuk pematangan gonad, ovulasi dan pemijahan; berbagai teknik untuk meningkatkan produksi benih dan produktivitas pembenihan, sejak pemeliharaan induk, pemijahan induk, penetasan telur dan pemeliharaan larva.

Manajemen Produksi dan Operasi 3(1-2)

       Mempelajari sistem produksi dalam arti luas dengan membahas berbagai topik yang berkaitan dengan manajemen produksi dan operasi, antara lain pengertian tentang produksi dan operasi, perencanaan produksi, pengorganisasian produksi, penjadwalan produksi, dan pengendalian produksi.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan/ Bela Negara 3(2-1)

       Mempelajari pengertian dan pentingnya bela negara berlandaskan pemahaman terhadap Pancasila, Pembukaan Undang-undang Dasar, Undang-undang Dasar 1945, Hak Asasi Manusia, Pancasila sebagai sistem etika, Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional, Otonomi Daerah dan Good Governance, guna membangun karakter mahasiswa yang memiliki kesadaran bela negara sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Konstruksi Wadah dan Fasilitas Akuakultur 3(1-2)

       Mempelajari rekayasa (enginering) wadah dan fasilitas pendukung/pelengkapnya dalam akuakultur (baik pembenihan maupun pembesaran), sejak pembuatan desain detil, persyaratan lokasi/ penentuan tapak (site), pembukaan lahan, konstruksi, instalasi, operasi dan pemeliharaan (maintenance); wadah mencakup kolam/ tambak, karamba, bak, tangki dan akuarium; fasilitas pendukung/ pelengkap mencakup instalasi air, udara (aerasi), listrik, tandon dan filter air, gudang dan sebagainya.

Teknik Pencegahan Penyakit dan Pengobatan Ikan 3(1-2)

       Mempelajari cara-cara mempertahankan kesehatan ikan budidaya dengan teknik pencegahan dan perlindungan ikan dari serangan penyakit yang disebabkan oleh parasit dan mikroorganisme patogen; teknik diagnosis penyakit ikan dan pengobatan ikan sakit serta perlakuan pascapengobatan.

Budidaya Ikan Hias 3(1-2)

       Membahas pengenalan berbagai jenis ikan hias yang mencakup aspek nilai ekonomi, biologi reproduksi, ekologi dan teknologi budidaya; prospek pengembangannya; pembenihan dan pendederan praktis beberapa ikan hias populer.

Teknik Produksi Pakan Alami 3(1-2)

       Mempelajari cara-cara produksi pakan alami secara masal dan komersial sejak penyiapan wadah dan media (air), pupuk dan pemupukan media kultur pakan alami, inokulasi, monitoring populasi, pengelolaan kualitas air, pemanenan dan penanganan pasca panen; peningkatan kandungan gizi pakan alami dan penyisipan obat-obatan dan zat tertentu ke dalam pakan alami sebagai sarana pengobatan ikan.

Komunikasi 2(1-1)

       Mempelajari definisi, peran dan ragam komunikasi dalam kegiatan usaha/produksi akuakultur; teknik-teknik komunikasi yang efektif dalam suatu manajemen usaha akuakultur, meliputi komunikasi atasan-bawahan, komunikasi dengan rekan, menarik (meyakinkan) investor serta dalam rangka pemasaran produk.

Etika Profesi Perikanan Budidaya 1(1-0)

       Mempelajari dan membahas mengenai tinjauan umum etika, pekerjaan profesi dan profesional, tinjauan profesi dalam bidang perikanan budidaya, cara dan metode untuk meningkatkan profesionalisme pekerja dan wirausaha perikanan budidaya, peran organisasi dan kode etik dalam sebuah profesi, etika bisnis, hak kekayaan intelektual.

Pengantar PKL 1(0-1)

       Membahas sosialisasi PKL mulai dari pengertian, ruang lingkup, tahapan, lokasi dan komoditas PKL; tata cara dan tata tertib PKL sejak persiapan, pelaksanaan dan evaluasi; pembimbingan PKL yang mencakup dosen pembimbing termasuk pembimbing lapang, supervisi dan monitoring.

Akuabisnis 3(1-2)

       Mempelajari pengelolaan usaha akuakultur yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi sejak pengadaan sarana dan prasarana produksi, proses produksi hingga panen, pascapanen dan pemasaran; pengawasan dan evaluasi akuakultur mencakup analisis kelayakan usaha dan sebagainya.

Penanganan Produk Akuakultur 3(1-2)

       Mempelajari teknik penanganan produk akuakultur setelah pemanenan hingga sampai kepada konsumen yang mencakup sortasi dan grading, pemberokan, pembiusan, pengangkutan hidup, penimbunan (stunting), peningkatan mutu, tagging, chipping, penyajian (displaying) dan teknik lainnya yang terkait dengan promosi, peningkatan harga produk, keamanan pangan dan keselamatan konsumen; teknik penyimpanan segar/ beku dan pengolahan primer produk akuakultur seperti pengeringan, pengasapan, pemindangan, pengasinan dan sebagainya.

Manajemen Pembenihan Ikan 4(1-3)

       Mempelajari pengelolaan usaha pembenihan ikan dari mulai pemilihan lokasi, desain detail dan konstruksi fasilitas pembenihan, pengadaan sarana dan prasarana produksi, proses produksi (yang mencakup pemeliharaan dan pemijahan induk, penetasan telur, pemeliharaan larva dan pendederan benih), pengangkutan dan pemasaran benih; standarisasi dan sertifikasi mutu serta peraturan (legalitas) tentang benih dan perbenihan.

Manajemen Budidaya Air Tawar 4(1-3)

       Mempelajari pengelolaan budidaya air tawar, khususnya pembesaran (growout) biota perikanan budidaya (akuakultur), mulai dari pemilihan lokasi, desain detail dan konstruksi fasilitas, pengadaan sarana dan prasarana (seperti benih, pakan, obat-obatan, tenaga kerja, bahan bakar minyak, peralatan dan sebagainya), proses produksi (mencakup persiapan wadah, penebaran/ penanaman benih/ bibit, pemberian pakan, pencegahan dan pemberantasan hama dan penyakit, monitoring dan pemanenan), penanganan pascapanen dan pemasaran hasil.

Manajemen Budidaya Air Payau dan Marikultur 4(1-3)

Mempelajari pengelolaan budidaya air payau dan marikultur, khususnya pembesaran (growout) biota perikanan budidaya (akuakultur), dari mulai pemilihan lokasi, desain detail dan konstruksi fasilitas, pengadaan sarana dan prasarana (seperti benih, pakan, obat-obatan, tenaga kerja, bahan bakar minyak, peralatan dan sebagainya), proses produksi (mencakup persiapan wadah, penebaran/ penanaman benih/ bibit, pemberian pakan, pencegahan dan pemberantasan hama dan penyakit, monitoring dan pemanenan), penanganan pascapanen dan pemasaran hasil.

PKL Manajemen Pembenihan Ikan   5 (0-5)

       Memberikan pengalaman, pengetahuan dan keterampilan praktis kegiatan usaha pembenihan suatu komoditas akuakultur di lapangan (masyarakat) sejak pengadaan sarana dan prasarana produksi, proses produksi hingga pemanenan, penanganan pascapanen dan pemasaran hasil; mengamati prasarana fisik dan organisasi usaha, serta menghitung kelayakan usaha dan memahami agribisnis pembenihan ikan di lapangan.

PKL Manajemen Pembesaran Ikan   5 (0-5)

       Memberikan pengalaman, pengetahuan dan keterampilan praktis kegiatan usaha pembesaran suatu komoditas akuakultur di lapangan (masyarakat) sejak pengadaan sarana dan prasarana produksi, proses produksi hingga pemanenan, penanganan pascapanen dan pemasaran hasil; mengamati prasarana fisik dan organisasi usaha, serta menghitung kelayakan usaha dan memahami agribisnis pembesaran ikan di lapangan.

Seminar 1 (0-1)

       Mahasiswa mempresentasikan hasil praktik kerja lapangan didepan kelas, mendapatkan umpan balik dari diskusinya, bertukar pengalaman praktik kerja.

Laporan Akhir 2 (0-2)

       Mahasiswa membuat laporan berupa naskah ilmiah yang berisi seluruh kegiatan mahasiswa selama praktik kerja lapang dengan penerapan teori yang diperoleh selama perkuliahan dan dapat dipertanggungjawabkan.