Manajemen Informatika

VISI

Menjadi program keahlian terkemuka di Indonesia dalam menyiapkan tenaga Ahli Madya profesional di bidang Manajemen Informatika (manajemen sumberdaya informasi) pada tahun 2025.

MISI

1. Menyelenggarakan pendidikan vokasional D3 dengan kompetensi pada penguasaan keterampilan manajemen informatika (manajemen sumberdaya informasi yang terdiri dari manusia, perangkat keras, perangkat lunak, pangkalan data dan jaringan komputer).

2. Mengerahkan dan mengembangkan segenap potensi dan sumber daya yang dimiliki oleh Sekolah Vokasi dan unit-unit di IPB lainnya dalam menyelenggarakan pendidikan vokasional D3 Manajemen Informatika yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

3. Menjalin kerjasama dengan lembaga pemerintahan baik pusat maupun daerah dan/ atau perusahaan yang terkait dengan pencapaian kompetensi dan lapangan pekerjaan bagi lulusan.

TUJUAN

Menghasilkan tenaga ahli madya yang memahami konsep pemrograman dan

teknologi informasi serta terampil menangani sistim informasi manajemen, perangkat

komputasi ilmiah, multimedia dan jaringan komputer.

LEARNING OUTCOMES

1. Mampu menjadi teknisi teknologi informasi madya khususnya manajemen informatika yang mampu melakukan pekerjaan di bidang teknologi informasi pada perusahaan (entitas bisnis) jasa, dagang, dan/ atau manufaktur berskala besar dan/ atau go-public yang sesuai dengan standar dan prinsip-prinsip yang berlaku umum dan relevan di bidang teknologi informasi, melalui proses penganalisisan data keuangan dan pemilihan metode yang sesuai, didukung dengan kemampuan di bidang manajemen, akuntansi, keahlian interpersonal dan komunikasi.

2. Menguasai konsep teoritis teknologi informasi secara umum dan konsep-konsep lain yang relevan untuk menyelesaikan masalah dan/ atau pekerjaan di bidang teknologi informasi pada perusahaan (entitas bisnis) jasa, dagang, dan/ atau manufaktur berskala besar dan/ atau go-public.

3. Mampu bekerja sama dan berkomunikasi secara efektif dalam sebuah kelompok kerja (team work) baik dalam posisinya sebagai anggota dan/ atau sebagai pimpinan kelompok kerja, untuk menyelesaikan pekerjaan bidang teknologi informasi khususnya manajemen informatika termasuk mendokumentasikan hasil pekerjaan dalam bentuk laporan tertulis.

4. Mampu melakukan evaluasi dan supervisi terhadap pencapaian hasil pekerjaan bidang teknologi informasi khususnya manajemen informatika yang menjadi tanggung jawabnya baik sebagai anggota dan/ atau pimpinan dalam kelompok kerja.

LAPANGAN PEKERJAAN

1. Sistem administrator.

2. Perancangan sistem basisdata (desktop maupun yang berbasis klien/ server).

3. Programmer, Web Developer.

4. Management System Information Staff/ Electronic data processing staff.

SILABI MATA KULIAH

Pendidikan Agama Islam 2(2-0)

         Mata kuliah ini mempelajari pemahaman penghayatan dan pengamalan tentang konsep keimanan dan keagamaan yang mantap; agama dan keagamaan dalam disiplin ilmu; agama, bangsa dan negara dalam menunjang pembangunan nasional; sikap mental dan tercapainya tujuan hidup manusia.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3(2-1)

       Mempelajari pengertian dan pentingnya bela negara berlandaskan pemahaman terhadap Pancasila, Pembukaan Undang-undang Dasar, Undang-undang Dasar 1945, Hak Asasi Manusia, Pancasila sebagai sistem etika, Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional, Otonomi Daerah dan Good Governance, guna membangun karakter mahasiswa yang memiliki kesadaran bela negara sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Aplikasi Komputer 3(1-2)

         Mata kuliah ini mempelajari jenis-jenis perangkat lunak yaitu perangkat lunak sistem (sistem operasi dan utilitas) dan aplikasinya, pengenalan komponen-komponen komputer meliputi peralatan pemroses, input, output, dan penyimpanan, dasardasar jaringan komputer, keamanan komputer dan internet, penggunaan perangkat lunak sistem dan aplikasi untuk penyelesaian masalah serta materi muatan lokal sesuai kebutuhan setiap program keahlian.

Probabilitas dan Statistika 2(1-1)

         Mata kuliah ini mempelajari ilmu dasar teori statistik, probabilitas, Variabel Random Diskrit dan Distribusi Probabilitas, Variabel Random Kontinue dan Distribusi Probabilitas, Sampling dan Distribusi Sampling, Estimasi Titik , Estimasi Interval, dan Uji Hipotesa serta terapannya dalam bidang manajemen informatika.

Algoritma dan Pemrograman 3(1-2)

         Mata kuliah ini mempelajari pengertian algoritme dan pemrograman, kontruksi algoritma untuk algorithm seleksi, iterasi dan rekursi, evaluasi ekspresi dan assignment, I/O stream dan exception, pemodelan data primitif, array, string, dan struktur data. Pengenalan prinsip dasar pemrograman berstruktur menggunakan bahasa pemrograman C untuk konsep tipe dan struktur data, pernyataan sederhana dan majemuk, pernyataan bersyarat sederhana dan majemuk, pernyataan iterasi; fungsi, array, rekursif, string dan tipe struktur.

Matematika Diskret 3(1-2)

         Mata kuliah ini mempelajari tiga bagian yaitu bagian pertama adalah konsep mencacah, logika, induksi matematika dan notasi sigma; bagian kedua meliputi, himpunan, relasi, dan fungsi rekrisif, dan bagian terakhir adalah pengenalan mengenai graph, yang berisi: terminologi graph, terminologi tree, berbagai algoritma serching pada tree, dan optimisasi pada graph.

Dasar Manajemen Informatika 3(2-1)

         Mata kuliah ini mempelajari keterkaitan antara sistim manajemen (baik sebagai sistim horizontal: subsistim input, subsistim proses, subsistim output dalam berbagai fungsi manajemen seperti produksi-operasi, pemasaran, keuangan, sumberdaya manusia dan sumberdaya informasi; maupun sebagai sistim vertikal: teknis/ operasional, taktis/ pengendalian, dan strategis/kemampuan adaptasi) dengan informatika (peningkatan data menjadi informasi dan peningkatan informasi menjadi pengetahuan/ knowledge); sistim informasi berbasis komputer meliputi sistim informasi akunting, sistim informasi manajemen, sistim pendukung keputusan, otomasi perkantoran dan sistim pakar (berbasis pengetahuan).

Pengantar Agroindustri 2(2-0)

        Mata kuliah ini dirancang dan disusun untuk mengantarkan mahasiswa ke pemahaman dunia agroindustri dalam arti luas dengan membahas berbagai topik yang berkaitan dengan agroindustri, antara lain pengertian pasca panen dan pengolahan hasil, pengertian nilai tambah produk pertanian, bentuk-bentuk olahan hasil pertanian, serta bentuk-bentuk proses pengolahan hasil pertanian.

Bahasa Inggris 3(1-2)

         Mata kuliah ini mempelajari serangkaian skill untuk membaca dan memahami teks dalam bahasa Inggris dan meningkatkan penguasaan kosa kata pada level intermediate dengan topik bacaan yang sesuai dengan masing-masing program keahlian.

Aljabar Linier 2(1-1)

         Mata kuliah ini mempelajari tentang matriks dan operasinya, operasi baris dasar, determinan, pangkat dan balikan matriks, serta sistem persamaan linear dan aplikasinya, Pengenalan Ruang Vektor, Transformasi Linear dan Nilai Eigen.

Aplikasi Desain Grafis 3(1-2)

      Mata kuliah ini mempelajari tentang perancangan (desain) untuk keperluan media cetak, dengan menggunakan software desain grafis, yaitu software pengolah vektor/garis seperti Corel Draw, operasi software pengolah pixel/gambar seperti Adobe Photoshop. Topik-topik yang dibahas menyangkut unsur-unsur desain, prinsip-prinsip desain, penilaian karya desain, pemanfaatan tipografi dan penyuntingan gambar.

Logika Matematika 3(1-2)

      Mata kuliah ini mempelajari tentang logika matematika, metode pembuktian, representasi bilangan, aljabar Boolean, himpunan, ketaksamaan, fungsi, limit dan kekontinuan, turunan, integral dan aplikasinya. Lingkup materi perkuliahan meliputi: logika matematika, metode pembuktian, representasi bilangan, aljabar Boolean, himpunan, ketaksamaan, fungsi, limit dan kekontinuan, turunan, dan integral.

Bahasa Pemrograman 3(1-2)

      Mata kuliah ini mempelajari prinsip sintaksis dan semantik dari beberapa bahasa pemrograman yang berfokus kepada aturan–aturan penulisannya dan logika jalannya program. Pembahasan dalam mata kuliah ini meliputi prinsip dan karakteristik paradigma pemrograman fungsional, implementasi struktur pemrograman fungsional, prinsip dan karakteristik paradigma pemrograman predikatif/ logis, implementasi struktur pemrograman predikatif/ logis, prinsip dan karakteristik paradigma pemrograman berorientasi objek, dan implementasi struktur pemrograman berorientasi objek.

Komunikasi Data dan Jaringan Komputer 4(2-2)

      Mata kuliah ini mempelajari komunikasi Data dan Jaringan Komputer berisi materi materi yang berhubungan dasar komunikasi data dan jaringan komputer, protokol yang terlibat di dalamnya, transmisi gelombang elektromagnetik dan perkembangan teknologi wireless, wireless selular, mobile IP dan WAP.

Struktur Data 3(1-2)

      Mata kuliah ini mempelajari data structures and algorithms, mathematical preliminaries, algorithm analysis, stacks and recursion, queues and linked lists, general lists, searching, sorting, tables and information retrieval, binary trees, multiway trees, graphs.

Arsitektur dan Organisasi Komputer 3(1-2)

      Mata kuliah ini mempelajari struktur dasar arsitektur dan organisasi sistem komputer digital; pengenalan komponen-komponen sistem komputer; tahap-tahap eksekusi instruksi; manajemen memori; input/ output; simulasi tahap kerja sistem komuter menggunakan bahasa pemrograman rakitan (assembly), interfacing dengan alat input/ output (I/O).

Teknik Riset Operasi 3(1-2)

      Mata kuliah ini mempelajari teknik-teknik riset operasi beserta penyelesaiannya, serta membahas penerapannya dengan menggunakan teknik-teknik tersebut.

Basis Data 3(1-2)

      Mata kuliah ini mempelajari mengenai pendekatan sistem menggunakan basis data versus menggunakan file/ berkas, pandangan umum mengenai sistem basis data, lingkungan basis data, perancangan basis data, pemodelan data dalam basis data, model entity-relationship, model relasional, normalisasi, structured query languange (SQL), teknik penyimpanan dan struktur file, indexing dan hashing.

Analisis dan Perancangan Sistem Informasi 3(1-2)

      Mata kuliah ini mempelajari konsep dan fundamental sistem informasi, ruang lingkup sistem informasi, pendekatan sistem informasi dan solusi bisnis, perangkat keras dan perangkat lunak komputer, sistem dan jaringan telekomunikasi, manajemen basis data, sistem Informasi dan pemakai akhir, sistem informasi bisnis, sistem pengambilan keputusan manajemen, sistem informasi strategis, perencanaan dan penerapan perubahan teknologi informasi, analisis kebutuhan sistem yang akan dirancang serta perancangan sistem informasi, arsitektur informasi dan proses implementasi sistem informasi.

Pemrograman Berorientasi Objek 3(1-2)

      Mata kuliah ini mempelajari prinsip dan penyusunan aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman berorientasi objek. Mempelajari pembuatan aplikasi berorientasi objek yang meliputi aplikasi desktop dengan GUI beserta fitur reporting.

Sistem Operasi 3(1-2)

         Mata kuliah ini mempelajari konsep dasar sistem operasi, struktur sistem komputer, struktur sistem pengoperasian, konsep penjadwalan proses, konsep penjadwalan central processing unit (CPU), sinkronisasi penjadwalan kegiatan komputer, sistem deadlocks, manajemen memori, sistem memori virtual, antarmuka dan implementasi sistem file, sistem input-output devices, struktur penyimpanan memori, struktur sistem dan file terdistribusi, trend sistem operasi (Windows NT, Windows 2000, Unix, Linux dan lain-lain).

Penerbitan dan Grafika 3(1-2)

         Mata kuliah ini mempelajari teknik-teknik desain dan proses penerbitan dan percetakan, khususnya penerbitan buku dengan menggunakan software pengolah bitmap (adobe photoshop), software pengolah vektor (coreldraw), dan software pengolah tata letak (Adobe InDesign).

Bahasa Indonesia 3(2-1)

         Mata kuliah ini mempelajari penguasaan dan penggunaan Bahasa Indonesia secara baik. Topik yang dibahas meliputi EYD, struktur kalimat, kalimat yang efektif dan logis, paragraf, jenis-jenis tulisan, karya ilmiah, dan penyajian lisan.

Kewirausahaan 3(1-2)

         Mata kuliah ini mempelajari pengetahuan tentang kewirausahaan mulai dari pengertian wirausaha, karakter seorang wirausaha, serta wawasan tentang perilaku dan kemampuan seorang wirausaha, dan contoh aplikasinya sesuai dengan kebutuhan muatan lokal setiap program keahlian.

Pemrosesan Data Elektronis 2(1-1)

         Mata kuliah ini mempelajari konsep manajemen informasi, konsep sistem, konsep data dan informasi, komputer sebagai elemen sistem informasi, evolusi sistem informasi berbasis komputer (EDP/ SIA, SIM, sistem pendukung keputusan, otomasi perkantoran, sistem pakar); konsep pengolahan data, tugas pengolahan data (pengumpulan data, pengubahan data, penyimpanan data, pembuatan dokumen, sifat pengolahan data); contoh sistem pengolahan data/ sistem informasi akuntansi pada sistem pemasaran (sub-sistem pesanan pelanggan, sub-sistem pemesanan stok tambahan, sub sistem proses buku besar); peranan pemrosesan data dalam memecahkan masalah. Konsep sistem informasi organisasional: sistem informasi eksekutif, sistem informasi marketing,sistem informasi keuangan, sistem pendukung keputusan, pengertian dan tujuan otomasi perkantoran, aplikasi otomasi perkantoran (word processing, electronic mail, electronic calendaring, audio conferencing, video conferencing, computer conferencing, facsimile transmission, video text, image storage and retrieval, desktop publishing), peranan otomasi perkantoran dalam pemecahan masalah, sistem informasi pemasaran, komputer dalam manufaktur, sistem informasi SDM, sistem informasi keuangan.

Sistem Klien Server 3(1-2)

         Mata kuliah ini mempelajari Prinsip dan penyusunan sistem berbasis klien server dengan menggunakan database server, web service, dan aplikasi client. Mempelajari administrasi database server, aplikasi web sebagai server dan aplikasi mobile.

Pemrograman Mobile 3(1-2)

         Mata kuliah ini mempelajari prinsip-prinsip sistem operasi perangkat mobile, lingkungan pengembangan aplikasi mobile, perangkat-perangkat mobile, arsitektur yang mendasari sistem operasi mobile, dan dasar pemrograman pada lingkup pengembangan mobile.

Multimedia Interaktif 3(1-2)

         Mata kuliah ini mempelajari konsep dasar multimedia, teks, audio, image, animasi, dan video, pemanfaatan Adobe Flash yang diintegrasikan dengan XML untuk membuat produk multimedia dinamis.

Perancangan Web 3(1-2)

         Mata kuliah ini mempelajari konsep dasar web, Hypertext Markup Language (HTML), Cascading Style Sheet (CSS), pembuatan rancangan dan layout website menggunakan Text Editor dan Dreamweaver, pembuatan script (Javascript), menampilkan data dalam web dengan format Extensible Markup Language (XML) dan sesuai aturan Document Type Definition (DTD).

Sistem Informasi Manajemen 4(2-2)

         Mata kuliah ini mempelajari tentang prinsip-prinsip sistem informasi. Pembahasan pada mata kuliah ini meliputi pengertian dan konsep sistem informasi manajemen, konsep sistem dan informasi, pengantar teori organisasi dan manajemen, sistem informasi dan model sistem informasi, teknologi informasi, internet, intranet, ekstranet, sistem informasi bisnis, pengembangan dan pemeliharaan sistem informasi, serta keamanan sistem informasi.

Etika Profesi Bidang Teknologi Informasi 1(1-0)

         Mata kuliah ini mempelajari tinjauan umum etika, pekerjaan profesi dan profesional, tinjauan profesi dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi, meningkatkan profesionalisme pekerja teknologi informasi dan komunikasi, peran organisasi dan kode etik dalam sebuah profesi, etika bisnis, hak kekayaan intelektual.

Pengembangan Aplikasi Berbasis Web 3(1-2)

         Mata kuliah ini mempelajari konsep dasar web dinamis, web server, dan serverside scripting (misalnya PHP), penggunaan basisdata (misal MySQL), implementasi konsep OOP dalam pemrograman berbasis web, pengolahan gambar, pengolahan file PDF u0026amp; spreadsheet, pengolahan grafik dan penggunaan framework yang menerapkan konsep Model, View u0026amp; Controller (MVC) dalam pemrograman berbasis web. Selain itu, mata kuliah ini juga menjelaskan tentang tahapan-tahapan dalam melakukan hosting suatu web.

Rekayasa Perangkat Lunak 3(1-2)

         Mata kuliah ini mempelajari tentang siklus pengembangan perangkat lunak, yang terdiri dari perencanaan, analisis, desain, implementasi, pengujian dan pemeliharaan. Topik yang tercakup dalam mata kuliah ini adalah: metodologi pengembangan perangkat lunak, perencanaan proyek pengembangan perangkat lunak, analisis permasalahan dan kebutuhan pengguna; pengorganisasian spesifikasi perangkat lunak; prinsip dasar perancangan perangkat lunak; implementasi; kualitas perangkat lunak dan uji coba sistem serta pemeliharaan perangkat lunak.

Sistem Informasi Pemerintahan 3(1-2)

         Mata kuliah ini mempelajari tentang e-Government yang membahas tentang proses pemerintahan dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi (TIK). Sistem yang dimaksud meliputi konsep dan model bisnis, proses bisnis, serta arsitektur u0026amp; infrastruktur aplikasinya. Secara khusus kuliah ini akan menjelaskan tentang: keterkaitan antara penerapan TIK dengan pembangunan, kebijakan, proses u0026amp; tata kelola TI untuk pembangunan, penerapan e-government, teori manajemen proyek, tata kelola internet, kemanan jaringan, kemanan informasi u0026amp; privasi, pendanaan TIK untuk pembangunan dan membahas tren TIK untuk pemerintahan.

Teknik Multimedia 3(1-2)

         Mata kuliah ini mempelajari digital audio dan video serta konsep dasar animasi 3D. Pemanfaatan Adobe Premiere Pro dan Adobe After Effect untuk melakukan editing video dan audio sehingga dihasilkan film yang menarik serta pemanfaatkan 3D Studio Max untuk membuat animasi 3D.

Sistem Informasi Geografi 3(1-2)

         Mata kuliah ini mempelajari pengertian sistem informasi geografi (SIG), latar belakang, sejarah perkembangan, dan aplikasinya; unsur-unsur SIG, data perangkat lunak; struktur data rester dan vector; pengumpulan dan penyusunan pangkalan data; proses pengolahan data awal: konversi format, reduksi data, pendeteksian kesalahan dan pengeditan, penggabungan, rektifikasi/ registrasi.

Program Pengolahan Data Statistika 3(1-2)

         Mata kuliah ini mempelajari penggunaan paket-paket program statistika dalam melakukan pengolahan data seperti SPSS, Minitab dan sejenisnya.

Praktik Kerja Lapangan 4 (0-4)

         Mahasiswa menerapkan pengetahuan dan keterampilan di instansi, lembaga, atau perusahaan yang bergerak di bidang teknologi komputer dan multimedia. Hasil kegiatan Praktik Kerja Lapangan berupa laporan praktik kerja lapangan.

Seminar 1 (0-1)

         Mahasiswa mempresentasikan hasil praktek kerja lapangan di depan kelas, mendapatkan umpan balik dari diskusinya, untuk penyusunan laporan praktek kerja lapangan, bertukar pengalaman praktek kerja.

Laporan Akhir 3 (0-3)

Mahasiswa membuat laporan akhir kegiatan Praktik Kerja Lapangan. Hasil laporan tertulis ini harus diseminarkan dan diuji di hadapan beberapa dosen.