Supervisor Jaminan Mutu Pangan

VISI

Menjadi lembaga pendidikan tinggi vokasi unggulan di bidang jaminan mutu pangan yang berkualitas dan profesional di Indonesia.

MISI

1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasi di bidang jaminan mutu pangan yang berkualitas dan profesional dengan memberi bekal pengetahuan dan keterampilan kepada lulusannya.

2. Melaksanakan penelitian terapan yang mendukung proses pendidikan dan kemajuan industri pangan.

3. Melakukan diseminasi ilmu pengetahuan dan wawasan di bidang jaminan mutu pangan kepada masyarakat baik melalui lulusannya, kemitraan dengan industri atau lembaga lainnya melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

TUJUAN                  

1. Menghasilkan tenaga ahli madya yang kompeten di bidang pengolahan, pengendalian mutu, dan keamanan pangan yang mempunyai sikap dan perilaku (soft skill) yang baik dan dibutuhkan oleh industri pangan untuk skala kecil, menengah maupun besar.

2. Melakukan penelitian-penelitian terapan untuk mendukung proses belajar-mengajar serta pengembangan ilmu dan teknologi pangan yang sejalan dengan kebutuhan dan tantangan di masyarakat.

3.  Meningkatkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan mengimplementasikan  pengetahuan dan wawasan di bidang jaminan mutu pangan dan untuk memperkaya proses pendidikan.

LEARNING OUTCOMES

1. Mampu menyelesaikan pekerjaan teknis di bidang jaminan mutu pangan, memilih metode analisis yang sesuai dari beragam metode pilihan yang telah baku dengan menganalisis data hasil uji mutu pangan serta menguasai pengetahuan bahan pangan, prinsip pengolahan pangan, penggunaan peralatan pengolahan dan peralatan analisis pangan, melakukan analisis mutu pangan secara fisik, organoleptik, kimia, mikrobiologi, sistem manajemen mutu dan keamanan pangan serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.

2. Menguasai konsep teoritis dalam pengolahan dan jaminan mutu pangan secara umum dan konsep-konsep lain yang relevan untuk menyelesaikan masalah dan/ atau pekerjaan bidang jaminan mutu pangan pada industri pangan ataupun instansi pemerintah.

3.  Mampu bekerja sama dan berkomunikasi secara efektif dalam sebuah kelompok kerja (team work) baik dalam posisinya sebagai anggota dan/atau sebagai pimpinan kelompok kerja, untuk menyelesaikan pekerjaan bidang pengolahan dan jaminan mutu pangan termasuk mendokumentasikan hasil pekerjaan dalam bentuk laporan tertulis.

4. Mampu melakukan evaluasi dan supervisi terhadap pencapaian hasil pekerjaan bidang pengolahan dan jaminan mutu pangan yang menjadi tanggung jawabnya baik sebagai anggota dan/ atau pimpinan dalam kelompok kerja.

LAPANGAN PEKERJAAN

1. Industri pangan dan boga

2. Lembaga-lembaga penelitian

3. Wirausaha bidang pangan

SILABI MATA KULIAH

Pengantar Agroindustri 2(2-0)

        Mata kuliah ini dirancang dan disusun untuk mengantarkan mahasiswa ke pemahaman dunia agroindustri dalam arti luas dengan membahas berbagai topik yang berkaitan dengan agroindustri, antara lain pengertian pasca panen dan pengolahan hasil, pengertian nilai tambah produk pertanian, bentuk-bentuk olahan hasil pertanian, serta bentuk-bentuk proses pengolahan hasil pertanian.

Bahasa Inggris 3(1-2)

        Mata kuliah ini menjelaskan dan mengajarkan serangkaian skill untuk membaca dan memahami teks dalam bahasa Inggris dan meningkatkan penguasaan kosa-kata dalam bahasa Inggris pada level intermediate, dengan topik bacaan yang sesuai dengan masing-masing program studi.

Biologi 3(1-2)

        Mata kuliah ini membahas pengertian sel, pengantar dunia tumbuhan dan hewan, dasar genetika, dasar mikrobiologi, pengantar bioteknologi, pengertian ekologi dan ekosistem serta dasar kesehatan reproduksi.

Fisika 3(2-1)

        Materi mata kuliah ini adalah Mekanika, Gelombang, Suhu dan Kalor, Optik, Listrik, Magnet dan Elektromagnetik. Penyajian mata kuliah ini tidak membutuhkan latar belakang matematika yang kuat sehingga diharapkan dapat dicerna dengan baik oleh seluruh mahasiswa dari berbagai jurusan. Dalam penyajiannya akan dijelaskan tentang konsep-konsep dasar fisika dalam bentuk sederhana diikuti dengan contoh-contoh soal dan aplikasinya dalam berbagai bidang, sehingga diharapkan dapat menyiapkan mahasiswa untuk mampu menggunakan fisika dalam profesi dan kehidupan sehari-harinya.

Aplikasi Komputer 3(1-2)

        Mata kuliah ini mempelajari pengenalan computer (perangkat lunak dan perangkat keras) dan site operasi; otomasi perkantoran dengan program aplikasi komputer untuk pengolahan kata (Word atau sejenisnya), lembar kerja (Excerl atau sejenisnya), presentasi (Power Point atau sejenisnya); penggunaan fasilitas jaringan internet; desain Web.

Pengantar Teknologi Pangan 2(2-0)

        Mata kuliah ini mempelajari dasar-dasar teknologi pangan dengan menggunakan beberapa contoh yang ditemukan di beberapa tempat di Indonesia. Pembahasan dimulai dari faktor penyebab kerusakan pangan, kemudian dilanjutkan dengan cara pengawetan dan pengolahan pangan dengan contoh kasus yang ada di Indonesia.

Pengantar Ilmu Gizi 3(1-2)

        Mata kuliah ini mempelajari pengetahuan praktis tentang konsep dan ruang lingkup ilmu gizi, termasuk peranan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, air dan cairan tubuh, serta penilaian status gizi berbagai golongan.

Kimia Dasar 3(1-2)

        Mata kuliah ini mempelajari konsep-konsep dasar ilmu kimia meliputi konsep kimia modern, klasifikasi materi, sistem periodik, tata nama senyawa kimia, stoikiometri, larutan dan sifat koligatif, kesetimbangan kimia, Termokimia, Redoks dan elektrokimia dan senyawa organik.

Bahasa Indonesia 3(2-1)

        Pembahasan lebih diarahkan ke penggunaan bahasa Indonesia yang benar baik secara lisan maupun tulisan. Pembahasan juga mencakup tatacara penulisan laporan yang benar.

Analisis Organoleptik 3(1-2)

        Mata kuliah ini membahas tentang cara pengujian mutu pangan secara fisik (warna, penampakan, rasa, aroma, tekstur, kerenyahan dan lain-lain) dengan menggunakan alat indera manusia (indera penglihatan, pencicip, penciuman, perabaan, pendengaran). Dipelajari pula bagaimana menyelenggarakan pengujian organoleptik dengan mengetahui komponen-komponen pengujiannya (panelis, ruang pengujian/ laboratorium, contoh uji, format uji, metode pengujian dan analisis data uji).

Mikrobiologi Pangan 3(1-2)

        Mikroorganisme yaitu suatu organisme yang dapat dilihat hanya dengan bantuan mikroskop berdaya tinggi, terdapat dalam populasi yang cukup besar dan beragam, dan umumnya terdapat di berbagai tempat di alam. Mikroorganisme dapat menyebabkan banyak penyakit sehingga merugikan manusia. Namun cukup banyak pula mikroorganisme yang bermanfaat bagi manusia. Untuk itu perlu diketahui tentang klasifikasi mikroorganisme serta dipelajari tentang metabolisme, pertumbuhan mikroba, jenis mikroorganisme (bakteri, kapang, khamir, virus, protozoa, algae). Selain itu juga dipelajari jenis dan mekanisme kerja mikroskop serta manfaat mikroorganisme dalam industri pangan, maupun di bidang pertanian, lingkungan dan kesehatan.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3(2-1)

       Mempelajari pengertian dan pentingnya bela negara berlandaskan pemahaman terhadap Pancasila, Pembukaan Undang-undang Dasar, Undang-undang Dasar 1945, Hak Asasi Manusia, Pancasila sebagai sistem etika, Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional, Otonomi Daerah dan Good Governance, guna membangun karakter mahasiswa yang memiliki kesadaran bela negara sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Kimia Pangan 3(2-1)

        Mata kuliah ini menjelaskan tentang komponen kimia (air, karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin, dan bahan aditif, komponen toksik serta sistem dispersi pangan) yang terdapat pada pangan dilihat dari sudut komposisinya, struktur/ reaksi, fungsi, sifat fisiko-kimia serta perubahan yang terjadi akibat pengolahan, penanganan dan penyimpanan pangan.

Pengemasan Pangan 3(1-2)

        Dalam mata kuliah ini dijelaskan klasifikasi, fungsi dan jenis kemasan, konsep disain kemasan dan pelabelan, promosi dan peningkatan pemasaran dalam kaitannya dengan estetika, strategi dan keamanan pangan serta teknik pengemasan pangan.

Pengenalan Proses dan Peralatan Industri Pangan 3(1-2)

        Mata kuliah ini membahas tentang berbagai prinsip umum utlilitas, pengolahan pangan mulai dari persiapan bahan baku, pengolahan dan distribusi serta memperkenalkan berbagai jenis dan operasi peralatan pengolahan di industri pangan.

Pendidikan Agama 2(2-0)

        Pemahaman, penghayatan dan pengalaman tentang konsep keimanan dan keagamaan yang mantap, agama dan keagamaan dalam disiplin ilmu, agama, bangsa dan Negara di dalam menunjang Pembangunan Nasional,sikap mental dan tercapainya tujuan hidup manusia.

Kewirausahaan 3(1-2)

        Memberi pengetahuan tentang kewirausahaan mulai dari pengertian wirausaha, karakter dan komitmen seorang wirausaha, serta wawasan tentang perilaku dan kemampuan seorang wirausaha yang baik.

Analisis Mutu Mikrobiologi Pangan 2(0-2)

        Mikroorganisme dapat menyebabkan banyak penyakit sehingga merugikan manusia. Namun cukup banyak pula mikroorganisme yang bermanfaat bagi manusia. Untuk itu perlu diketahui metode analisis bidang mikrobiologi sehingga dapat dipertahankan mutu pangan yang baik dan aman. Analisis yang dilakukan meliputi merencanakan sistem pengambilan contoh, pengamanan contoh, persiapan media dan peralatan hingga tahap analisis secara kuantitatif dan kualitatif.

Penyusunan Kelayakan Industri Pangan 2(0-2)

        Kuliah ini membahas tentang teknik penyusunan kelayakan industri pangan skala kecil-menengah, perhitungan BEP dan juga membaca peluang usaha yang mungkin dikembangkan.

Sanitasi dan Higiene 3(1-2)

        Mata kuliah ini membahas tentang pengertian higiene dalam industri pengolahan pangan dan penjelasan tentang beberapa metode uji sanitasi yang dapat diaplikasikan di industri pangan agar dihasilkan produk pangan yang aman dan terjamin mutunya.

Teknologi Pengolahan Pangan Nabati 4(2-2)

        Prinsip proses pengolahan pangan berbahan baku nabati, peralatan pengolahan yang digunakan, beserta optimasi prosesnya, yang mencakup karakteristik dan fisiologi pasca panen bahan nabati, cara penanganan bahan segar, teknologi pengolahan buah dan sayur (olah minimal, proses termal), umbi-umbian, kacang-kacangan, serealia, gula dan confectionary, minyak dan lemak, bumbu dan rempah, serta bahan penyegar.

Analisis Mutu Kimiawi Pangan 4(2-2)

        Mata kuliah Analisis Mutu Kimiawi Pangan membahas tentang analisis kimiawi pangan mulai dari penerimaan sampel di laboratorium, penanganan sampel dan analisis kimia. Analisis yang dilakukan meliputi analisis proksimat yang terdiri dari penetapan kadar air, kadar lemak, kadar protein, kadar abu dan kadar karbohidrat. Selain itu juga akan diajarkan analisis yang didasarkan pada titrimetri, spektrofotometri seperti analisis gula (total gula dan gula pereduksi), analisis mineral (Fe dan P) dan analisis vitamin, serta kromatografi.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja 2(1-1)

        Mata kuliah ini memberikan pengetahuan secara umum tentang keselamatan dan kesehatan kerja, pengetahuan mengindentifikasi potensi bahaya di lingkungan kerja, dampak dan penanganannya, mengetahui undang-undang dan peraturan keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

Mutu Pangan 3(1-2)

        Mutu Pangan ini memberikan pemahaman dan keterampilan teknis agar mahasiswa dapat lebih memahami system manajemen mutu (SMM) dan teknik pengendalian mutu mulai dari perkembangan SMM, konsep mutu dan prinsip manajemen mutu, total quality management, standar spesifikasi, tools pengendalian mutu, gugus kendali mutu, biaya mutu dan contoh kasus penerapan perbaikan mutu di industri pangan.

Metode Inspeksi Pangan 2(1-1)

        Matakuliah ini membahas tentang pengawasan keamanan pangan, cara-cara memeriksa dan mengevaluasi proses,fasilitas dan pengendalian yang digunakan dalan satuan industri pangan, di sektor penyimpanan, dan sektor distribusi, serta membahas inspeksi pangan halal dan food recall.

Teknologi Suplementasi dan Fortifikasi 2(0-2)

        Mempelajari pengertian fortifikasi dan suplementasi serta penerapannya pada beberapa bahan pangan, termasuk didalamnya jenis pangan yang difortifikasi, fortifikasi pangan dengan zat besi, iod dan campurannya (premix), label pangan yang difortifikasi, inovasi fortifikasi pada produk pangan, komposisi minuman berenergi, pembuatan tablet effervescent, perhitungan komposisi minuman isotonik dan pembuatan minuman isotonik.

Pemasaran dan Riset Pasar 3(1-2)

        Mata kuliah ini membahas ruang lingkup dan perkembangan konsep pemasaran, pasar konsumen dan perilaku pembelian, strategi pemasaran meliputi segmentation, targeting, dan positioning dan bauran pemasaran, menghadapi persaingan, riset pemasaran mulai dari identifikasi masalah sampai dengan kesimpulan saran, komunikasi pemasaran, negosiasi dan teknik membangun dan mempertahankan relasi bisnis

Teknologi Fermentasi 3(1-2)

        Mata kuliah Teknologi Fermentasi membahas tentang peranan dan manfaat mikroorganisme dalam pengolahan pangan untuk menghasilkan produk pangan utama maupun produk pangan pendukung yang diinginkan, dengan pembahasan tentang fermentasi tradisional di Indonesia dan beberapa jenis fermentasi pangan dari manca negara. Untuk itu perlu dijabarkan tentang metabolisme yang secara alami dilakukan oleh mikroba dalam mempertahankan hidupnya yang berdampak dalam industri fermentasi, pemisahan dan isolasi galur unggul yang diinginkan, serta pengawetan kultur dan aplikasinya dalam menghasilkan produk.

Manajemen Laboratorium Mutu Pangan 3(1-2)

        Dalam mata kuliah ini dijelaskan manajemen keamanan dalam laboratorium, proses manajemen mutu dalam laboratorium, Praktek-praktek Berlaboratorium yang Baik (GLP) serta elemen-elemen standar ISO 17025.

Teknologi Pengolahan Pangan Hewani 4(1-3)

        Mata kuliah ini membahas tentang pengetahuan bahan dan teknologi proses pengolahan bahan pangan hewani, meliputi pengetahuan dan karakteristik daging sebagai bahan baku daging olahan, teknologi pengolahan daging (sosis, bakso, burger, dll), teknologi pengolahan produk coating (nugget, karage, fried chicken, sejenisnya), teknologi hasil perikanan (pendinginan, pembekuan, pengalengan, penggaraman, pengeringan, gel ikan), pengetahuan dan karakteristik mutu susu serta teknologi pengolahan susu (susu bubuk, susu kental manis, susu pasteurisasi, susu fermentasi, keju, ice cream, mentega), pengetahuan dan karakteristik telur serta teknologi proses pengolahannya (penggaraman, pemindangan, tepung telur).

Aplikasi HACCP dan Keamanan Pangan 3(1-2)

        Hazard Analysis and Critical Control Points (HACCP) adalah sistem manajemen keamanan pangan yang dianggap handal dalam memberikan jaminan keamanan pangan pada industri pangan. Perkuliahan ini mencakup konsep keamanan pangan, pengertian bahaya dan risiko dalam keamanan pangan, tahap-tahap penyusunan rencana HACCP yang mencakup 7 prinsip HACCP serta aplikasinya pada industri pangan.

Pengelolaan Data Mutu Pangan 3(1-2)

        Pembahasan tentang cara pengelolaan data dalam suatu sistem pengendalian mutu pangan, termasuk teknik pengambilan data, pengolahan data, interpretasi data, dan penyajian/ pelaporan hasilnya dengan menggunakan metode analisis yang sesuai dari beberapa metode pilihan yang telah baku baik secara manual atau pun dengan dengan menggunakan aplikasi komputer.

Metode Pelaporan 2(0-2)

        Mata kuliah ini membahas filosofi pembuatan laporan, sistematika suatu laporan, serta dukungan data kuantitatif dan analisisnya. Disertakan juga beberapa contoh laporan baik internal, eksternal maupun laporan ilmiah.

Perencanaan Produksi Industri Pangan 3(1-2)

        Perencanaan Produksi Industri Pangan ini memberikan pemahaman dan keterampilan teknis agar mahasiswa dapat lebih memahami tahapan-tahapan dalam perencaan produksi pangan, mulai dari pengenalan karakteristik produk, perkiraan jumlah permintaan, produk baru yang akan dibuat, pemilihan lokasi, pembelian bahan bahan dan mesin, layout pabrik, sampai dengan perencanaan mutu produk.

Penanganan Limbah Industri Pangan 3(1-2)

        Kegiatan pengolahan pada industri pangan selalu mengasilkan berbagai jenis limbah yang harus dikelola agar tercapai pembangunan industri yang berkelanjutan. Pemahamanan dan penguasaan materi penanganan limbah industri sangat diperlukan bagi pengelola industri pangan. Penanganan limbah industri pangan mencakup pengolahan limbah padat, cair, B3, pencemar udara dan kebisingan.

Pengembangan dan Pemasaran Produk Baru 4(1-3)

        Mata kuliah ini membahas tentang: penggalian kebutuhan konsumen, desain produk, pengembangan produk dari skala kecil sampai skala produksi, termasuk: Scaling-up, desain packaging dan labelling yang memenuhi regulasi yang berlaku, serta konsep product Launching yang sukses.

Etika Profesi Jaminan Mutu Pangan 1(1-0)

        Tinjauan umum etika, pekerjaan profesi dan profesional, tinjauan profesi dalam bidang jaminan mutu pangan, meningkatkan profesionalisme pekerja jaminan mutu pangan, peran organisasi dan kode etik dalam sebuah profesi, etika bisnis, hak kekayaan intelektual.

Praktik Kerja Lapangan  6 (0-6)

        Praktik Kerja Lapangan berupa pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan pada industri pangan atau instansi pemerintah yang berhubungan dengan pangan di bawah bimbingan pembimbing lapang dan dosen pembimbing akademik.

Seminar  1 (0-1)

        Mahasiswa mempresentasikan hasil Praktik Kerja Lapangan di depan kelas, mendapatkan umpan balik dari diskusinya serta bertukar pengalaman praktik kerja.

Laporan Akhir  2 (0-2)

Laporan akhir mahasiswa berupa penyusunan laporan hasil kegiatan Praktik Kerja Lapangan yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.