Analisis Kimia

VISI

Menjadi program keahlian terbaik pada tahun 2020 dalam menghasilkan tenaga vokasional di bidang analis kimia yang berdaya saing tinggi pada perekonomian global.

MISI

1. Menghasilkan analis kimia yang berjiwa wirausaha.

2. Melaksanakan penelitian terapan dan pengabdian masyarakat dalam bidang analisis kimia.

3. Mengembangkan jejaring kerjasama dengan lembaga atau perusahaan terkait dalam upaya peningkatan kompetensi lulusan.

TUJUAN

Menghasilkan tenaga ahli madya yang terbaik dan profesional di bidang analisis kimia

serta mampu berdaya saing tinggi.

LEARNING OUTCOMES

1. Mampu menjadi teknisi analisis kimia tingkat madya yang mampu melakukan pekerjaan di laboratorium dalam bidang industri, lingkungan dan kesehatan.

2. Mampu menjelaskan mengenai konsep dan pemahaman mengenai komponen senyawa kimia dan analisisnya.

3. Mampu mengelola laboratorium, melakukan supervisi dan mengkoordinasikan pekerjaan diri sendiri dan orang lain di bawah tanggung jawabnya.

LAPANGAN PEKERJAAN

1. Bidang industri (pangan, farmasi, pertambangan dan lain-lain).

2. Lembaga Penelitian.

3. Perguruan Tinggi.

4. Laboratorium Jasa Analisis.

SILABI MATA KULIAH

Pengantar Agroindustri 2(2-0)

        Mata kuliah ini dirancang dan disusun untuk mengantarkan mahasiswa ke pemahaman dunia agroindustri dalam arti luas dengan membahas berbagai topik yang berkaitan dengan agroindustri, antara lain pengertian pasca panen dan pengolahan hasil, pengertian nilai tambah produk pertanian, bentuk-bentuk olahan hasil pertanian, serta bentuk-bentuk proses pengolahan hasil pertanian.

Bahasa Inggris 3(1-2)

      Mata Kuliah ini mempelajari serangkaian skill untuk membaca dan memahami teks dalam bahasa Inggris dan meningkatkan penguasaan kosa kata pada level intermediate dengan topik bacaan yang sesuai dengan masing-masing program keahlian.

Fisika 3(2-1)

      Mata Kuliah ini mempelajari pengukuran dan besaran-besaran fisik, sistem satuan, vektor, gerak lurus, Hukum Newton, kerja dan energi, hukum kekekalan energi, momentum, gerak harmonik, fluida thermodinamika, elektrostatika, elektrodinamika, arus searah, arus bolak balik, medan magnet, gelombang dan optik.

Matematika 3(2-1)

      Mata Kuliah ini mempelajari gugus (pengertian, penyajian, hubungan, pengolahan, bilangan kardinal gugus majemuk); gugus ganda, hubungan dan fungsi; pernyataan (pengertian, perangkai dasar, pernyataan majemuk dan nilai kebenaran, kesahihan argumen, pernyataan umum dan khusus; matriks (bentuk umum, pengolahan, macam matriks, determinan, matriks kebalikan); gugus persamaan linier dan vektor jawab.

Aplikasi Komputer 3(1-2)

      Mata Kuliah ini mempelajari jenis-jenis perangkat lunak yaitu perangkat lunak sistem (sistem operasi dan utilitas) dan aplikasinya, pengenalan komponen-komponen komputer meliputi peralatan pemroses, input, output, dan penyimpanan, dasardasar jaringan komputer, keamanan komputer dan internet, penggunaan perangkat lunak sistem dan aplikasi untuk penyelesaian masalah serta materi muatan lokal sesuai kebutuhan setiap program keahlian.

Kewirausahaan 3(1-2)

      Mata Kuliah ini mempelajari pengetahuan tentang kewirausahaan mulai dari pengertian wirausaha, karakter seorang wirausaha, serta wawasan tentang perilaku dan kemampuan seorang wirausaha, dan contoh aplikasinya sesuai dengan kebutuhan muatan lokal setiap program keahlian.

Keselamatan Kerja Laboratorium dan Pengetahuan Bahan 3(1-2)

      Mata Kuliah ini mempelajari fasilitas keselamatan laboratorium (lemari asam, shower, alat pemadam api, kotak P3K), kesehatan dan keselamatan kerja (K3) di laboratorium kimia; alat pelindung diri, klasifikasi bahan dan simbol bahaya (bahan kimia beracun, bahan kimia korosif, mudah terbakar, bahan kimia reaktif, gas bertekanan, bahan radioaktif), sifat bahan kimia, penyimpanan bahan kimia, penanganan limbah kimia laboratorium, kegunaan (pereaksi, pelarut, eluen kromatografi, indikator dsb), sifat kelarutan dalam air dan pelarut lain, sifat pelarutan (eksotermik, endotermik) dan cara pembuatan larutan.

Kimia Dasar 3(1-2)

      Mata Kuliah ini mempelajari konsep-konsep dasar ilmu kimia meliputi konsep kimia modern, klasifikasi materi, sistem periodik, tata nama senyawa kimia, stoikiometri, larutan dan sifat koligatif, kesetimbangan kimia, Termokimia, Redoks dan elektrokimia dan senyawa organik.

Bahasa Indonesia 3(2-1)

      Mata Kuliah ini mempelajari penguasaan dan penggunaan Bahasa Indonesia secara baik. Topik yang dibahas meliputi EYD, struktur kalimat, kalimat yang efektif dan logis, paragraf, jenis-jenis tulisan, karya ilmiah, dan penyajian lisan.         

Biologi 3(1-2)

      Mata Kuliah ini mempelajari peranan Biologi dalam masyarakat antara lain keragaman hayati, bioteknologi, dan pencemaran lingkungan, dasar kimia sel, sel, sistem organ, dan kaitan organisme dan lingkungannya.

Kepustakaan Kimia dan Teknik Penulisan Ilmiah 1(0-1)

      Mata Kuliah ini mempelajari jenis pustaka, perpustakaan dengan sistem dan layanannya, menelusuri pustaka, mencari berbagai informasi (dari katalog, majalah abstrak, dan elektronik) berupa bibilografi, data angka, penelusuran reaksi, sintesis dan konsep Kimia, informasi tentang orang dan organisasi, pustaka paten serta metode penulisan laporan.   

Pengoperasian dan Pemeliharaan Alat 2(0-2)

      Mata Kuliah ini mempelajari prinsip penggunaan, pemeliharaan dan Kalibrasi alat dan instrumen laboratorium (peralatan gelas, pH meter, Oven, Tanur, Polarimeter, Turbidimeter, Spektrofotometer, Kromatografi Gas).

Kimia Anorganik 4(2-2)

      Mata Kuliah ini mempelajari unsur-unsur kimia pada sistem periodik, baik golongan utama maupun golongan transisi) kelimpahannya di alam, sifat fisik, dan kimianya, kegunaan ekonomis dari unsur dan senyawa dalam industri, pengetahuan mineral dan kristalografi, alotropi, teori medan kristal dan ligan, ikatan kimia, Teori Orbital Molekul Homonuklir dan Heteronuklir.

Kimia Organik 4(2-2)

      Mata Kuliah ini mempelajari konsep dasar ikatan kimia, tata nama, stereokimia, dan sifat fisiko kimia senyawa organik berdasarkan gugus fungsi (hidrokarbon, alkil halida, alkohol, fenol, eter, epoksida, aldehida, keton, asam karboksilat dan turunannya, dan amina).

Kimia Analitik Dasar 4(2-2)

      Mata Kuliah ini mempelajari prinsip, kondisi dan aplikasi berbagai metode analisis meliputi analisis kualitatif sistematik dan nonsistematik, analisis kuantitatif gravimetri meliputi gravimetri evolusi dan pengendapan serta analisis kuantitatif titrimetri, yang mencakup konsep dasar titrimetri, asidi-alkalimetri, kompleksometri, kelatometri, pesipitimetri, dan oksidireduktometri.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3(2-1)

       Mempelajari pengertian dan pentingnya bela negara berlandaskan pemahaman terhadap Pancasila, Pembukaan Undang-undang Dasar, Undang-undang Dasar 1945, Hak Asasi Manusia, Pancasila sebagai sistem etika, Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional, Otonomi Daerah dan Good Governance, guna membangun karakter mahasiswa yang memiliki kesadaran bela negara sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Biokimia 3(2-1)

      Mata Kuliah ini mempelajari cakupan dan peranan ilmu biokimia, macam reaksi yang mendasari proses biokimia; air sebagai media kehidupan sel; struktur dan fungsi senyawa hayati penyusun sel makhluk hidup (protein, karbohidrat, lipid, dan asam nukleat) serta metabolismenya (anabolisme dan katabolisme) termasuk fotosintesis, informasi genetik dan sintesis protein, enzim, vitamin, serta mineral

Mikrobiologi 3(1-2)

      Mata Kuliah ini mempelajari keragaman mikroorganisme, interaksi mikroorganisme dengan lingkungan serta potensi mikroorganisme dalam aspek kehidupan dan bioteknologi.

Kimia Fisik 3(1-2)

      Mata Kuliah ini mempelajari kesetimbangan, termokimia, termodinamika, kesetimbangan dan diagram fasa, proses transport, kinetika reaksi, kimia inti, klasifikasi koloid. Bentuk dan sifat optic partikel koloid, kimia permukaan, tegangan permukaan, adsorpsi, koloid tanah, dan reaksi pertukaran tanah.

Spektroskopi 4(2-2)

      Mata Kuliah ini mempelajari teknik spektroskopi ultraviolet dan sinar tampak, spektroskopi serapan atom, spektroskopi FT-IR, spektroskopi massa,dan spektroskopi resonansi magnet inti untuk analisis kualitatif/ kuantitatif.

Teknik Pemisahan 4(2-2)

      Mata Kuliah ini mempelajari prinsip pemisahan meliputi ekstraksi, destilasi, penggolongan kromatografi, kromatografi planar yaitu kromatografi kertas dan lapis tipis, kromatografi kolom dengan mekanisme adsorpsi, partisi,pertukaran ion dan eksklusi, serta aplikasinya.

Pendidikan Agama 2(2-0)

      Mata Kuliah ini mempelajari pemahaman, penghayatan dan pengamalan tentang konsep keimanan dan keagamaan yang mantap, agama dan keagamaan dalam disiplin ilmu; agama, bangsa, dan negara dalam menunjang pembangunan nasional, sikap mental dan tercapainya tujuan hidup manusia.

Statistika untuk Kimia Analitik 2(0-2)

      Mata Kuliah ini mempelajari penerapan statistika dalam proses analisis kimia meliputi proses penanganan data analisis, responsi sinyal analit, dan pengambilan contoh. Materi kuliah meliputi: evaluasi data analisis, uji beda nyata, analisis ragam, kalibrasi, koreksi blanko, pemrosesan sinyal, proses analitik, validasi metode analisis dan pengantar analisis multivariat.

Kimia Lingkungan 3(1-2)

      Mata Kuliah ini mempelajari sifat fisik, kimia dan biokimia lingkungan perairan, tanah dan udara; prinsip pengujian berbagai parameter kualitas linggkungan perairan, tanah dan udara; serta pengaruh perkembangan industri dan masuknya berbagai zat pencemar terhadap kualitas lingkungan kehidupan manusia.

Kimia Industri 3(1-2)

      Mata Kuliah ini mempelajari proses industri dan aspek lingkungan, industri bahan kimia anorganik dan organik yang meliputi pembuatan, penggunaan dan sifat bahan, industri pupuk, pestisida, bahan kimia pembersih, polimer, kayu dan industri kertas, plastik, serat, coating dan adhesive.

Kimia Klinis 3(1-2)

      Mata Kuliah ini mempelajari uraian tentang tujuan dan keperluan analisis darah, urine, dan feces; teknik-teknik pengambilan sampel darah, urine dan feces serta perlakuannya; keunggulan zat-zat pengawet sampel; macam-macam analisis darah, urine dan feces.

Standarisasi dan Manajemen Mutu Industri 2(1-1)

      Mata Kuliah ini mempelajari penggunaan sistem standar nasional, sistem manajemen mutu, sistem manajemen mutu laboratorium (ISO 17025), sistem manajemen lingkungan (ISO 14000) dan manajemen halal.

Kromatografi 4(2-2)

      Mata Kuliah ini mempelajari konsep kromatografi, penggolongan kromatografi, instrumentasi kromatografi modern, kromatografi gas, kromatografi cair kinerja tinggi, kromatografi gas-spektroskopi massa.

Kuliah Lapang 2(0-2)

      Mata Kuliah ini mempelajari pembuatan proposal dan tatacara kunjungan ke perusahaan/ instansi dilanjutkan dengan pengkajian materi kunjungan dalam diskusi kelompok dan kelas, pembuatan laporan, teknik wawancara serta pembuatan surat lamaran kerja dan budaya kerja.

Unit Operasi 2(0-2)

      Mata Kuliah ini mempelajari pengertian unit operasi, neraca bahan, neraca energi, aliran fluida, perpindahan kalor, transfer massa (distilasi, Ekstraksi, absorpsi, Evaporasi).

Kimia Farmasi 3(1-2)

      Mata Kuliah ini mempelajari gambaran tentang keanekaragaman obat-obatan menurut sasaran, cara penyiapan dan cara administrasinya; jenis obat-obatan; penurun panas, antialergi, antimencret, antiparasit, anti muntah, obat syaraf, obat saluran pernafasan, jenis sediaan; suspensi, tablet, kapsul, bedak salep, supositoria serta toksisitas obat.

Analisis Pangan 3(1-2)

      Mata Kuliah ini mempelajari interaksi air dengan zat terlarut, aktivitas air sebagai indikator ketahanan simpan bahan pangan, dan isoterm sorpsi air; kelarutan polisakarida pati dan selulosa dalam air serta reaksi-reaksi umum karbohidrat (hidrolisis, mutarotasi, enolisasi, dehidrasi, penguraian termal, dan pencokelatan); reaksi autoksidasi lipid dan metode analisis mutu lipid; sifat hidrasi dan kelarutan protein; serta metode-metode umum untuk analisis kadar air, karbohidrat, lemak, dan protein.

Petrokimia dan Polimer 3(1-2)

      Mata Kuliah ini mempelajari produk-produk petrokimia, pembuatan produk petrokimia melalui jalur gas sintetik, olefin, produk petrokimia dari syngas, polimer adisi kondensasi, produk polimer alami, teknologi proses membran.

Kimia Bahan Alam dan Uji Aktivitas 4(2-2)

      Mata Kuliah ini mempelajari pengenalan senyawa-senyawa terpenoid, steroid, alkaloid, flavonoid, dan produk alam lainnya dan tahap-tahap analisis komponen aktif bahan alam (dari mikroba, tumbuhan dan hewan) yang mencakup sampling ekstraksi, pemisahan, identifikasi, serta metode pengujian aktivitas insektisida, larvisida, antifeedant, antivirus tanaman, antimikroba dan pengatur tumbuh, antioksidan dan antitumor, sebagai bagian dari analisis komponen aktif.

Elektroanalitik 4(2-2)

      Mata Kuliah ini mempelajari teknik elektroanalitik untuk analisis kualitatif maupun kuantitatif. Materi kuliah meliputi: pengertian dan klasifikasi teknik elektroanalitik, konsep dasar dan aplikasi dalam hal analisis teknik-teknik yang termasuk dalam elektroanalitik seperti potensiometri, voltametri, elektrogravimetri, coulometri, konduktometri dan elektroforesis.

Etika Profesi Analis Kimia 1 (1-0)

      Mata Kuliah ini mempelajari tinjauan umum etika, pekerjaan profesi dan profesional, tinjauan profesi dalam bidang analisis kimia, meningkatkan profesionalisme pekerja analisis kimia, peran organisasi dan kode etik dalam sebuah profesi, etika bisnis, hak kekayaan intelektual.

Seminar 1 (0-1)

      Mahasiswa menjelaskan hasil praktek kerja lapangan di kelas, mendapatkan umpan balik dari diskusi dalam memperbaiki laporan, serta diwajibkan berperan aktif dalam kegiatan seminar dari penyaji lainnya.

Praktik Kerja Lapangan 3 (0-3)

      Mahasiswa melakukan praktik kerja lapangan di pabrik atau industri dan Balai Penelitian selama dua (2) bulan sebagai sarana latihan untuk meningkatkan ketrampilan dalam pekerjaan analisis kimia khususnya dan penelitian kimia pada umumnya. Prasyarat PKL yaitu lulus ujian kompetensi tertulis dan praktek.

Laporan Akhir 3 (0-3)

       Menyusun laporan hasil PKL, dipresentasikan, diintegrasikan dalam ujian lisan yang mencakup seluruh materi kuliah yang terkait dengan bidang keahlian analisis kimia.