Komunikasi

VISI

Menjadi pelaksana program pendidikan vokasi dengan bidang keahlian komunikasi salah satu yang terbaik di tingkat nasional.

MISI

1.  Menghasilkan alumni yang adaptif, responsif, komunikatif, kreatif dan terampil serta siap kerja dengan kualitas terbaik.

2.  Mendorong pengaktualisasian potensi terbaik dan mengembangkan jejaring kerja sama dengan lembaga atau perusahaan di bidang komunikasi dalam upaya peningkatan kompetensi lulusan.

TUJUAN

Menghasilkan tenaga ahli madya yang memiliki keterampilan berkomunikasi, baik lisan maupun tulisan serta mampu menangani teknik-teknik produksi pada bidang komunikasi.

LEARNING OUTCOMES

Memiliki kemampuan dalam komunikasi, kreatif dan terampil dalam mendukung kelancaran sistem komunikasi dan informasi.

LAPANGAN PEKERJAAN

1.  Media Massa Cetak dan Elektronik (Surat Kabar, Majalah, Tabloid, Buku, Radio, TV, Film dan Media On line).

2.  Instansi Pemerintah dan Swasta di bidang Komunikasi dan Informasi.

3.  Wirausaha bisnis komunikasi.

SILABI MATA KULIAH

Bahasa Indonesia 3(2-1)

       Mempelajari penguasaan dan penggunaan Bahasa Indonesia secara baik. Topik yang dibahas meliputi EYD, struktur kalimat, kalimat yang efektif dan logis, paragraf, jenis-jenis tulisan, karya ilmiah, dan penyajian lisan.

Pengantar Agroindustri 2(2-0)

        Mata kuliah ini dirancang dan disusun untuk mengantarkan mahasiswa ke pemahaman dunia agroindustri dalam arti luas dengan membahas berbagai topik yang berkaitan dengan agroindustri, antara lain pengertian pasca panen dan pengolahan hasil, pengertian nilai tambah produk pertanian, bentuk-bentuk olahan hasil pertanian, serta bentuk-bentuk proses pengolahan hasil pertanian.

Bahasa Ingggris Bisnis 3(1-2)

       Mempelajari teknik-teknik komunikasi secara lisan maupun tulisan dengan bahasa Inggris yang sering digunakan dalam kegiatan bisnis, perkantoran dan sejenisnya. Percakapan dalam bisnis, wawancara, mendengarkan, membuat catatan dan laporan, surat menyurat serta membuat laporan.

Pengantar Komunikasi 3(2-1)

       Mempelajari tentang konsep dan teori-teori dasar komunikasi mulai dari pengertian dan ruang lingkup komunikasi, model, unsur-unsur pembentuk proses komunikasi, tujuan dan tingkatan komunikasi, hingga konsep komunikasi efektif beserta faktorfaktor yang menentukannya. Materi kuliah diarahkan kepada penelaahan proses komunikasi dalam berbagai konteks seperti intrapersonal, interpersonal, kelompok, organisasi, massa dan antar budaya. Pada bagian akhir membahas keterampilan komunikasi dasar (lisan) yang harus dikuasai untuk menjalankan proses komunikasi yang efektif.

Komunikasi Antar Pribadi 3(1-2)

       Mempelajari tentang konsep komunikasi interpersonal, dan aksiom-aksiomnya, definisi, teori-teori interpersonal, mengidentifikasi kekhawatiran (apprehension) dan assertive (keberanian) dalam komunikasi interpersonal, memahami bagaimana persepsi bekerja dan cara meningkatkan ketepatan persepsi, memahami pentingnya listening (mendengar) dalam komunikasi interpersonal, menjelaskan interaksi pesan verbal dan non verbal yang memungkinkan komunikasi melalui pikiran dan perasaan, menjelaskan konsep relationship (hubungan) dalam komunikasi interpersonal, menjelaskan dan memahami bagaimana konflik dapat dijadikan metode untuk mempererat hubungan, dan menjelaskan mengenai efektifitas komunikasi interpersonal.

Psikologi Komunikasi 3(1-2)

       Mempelajari tentang proses-proses mental dan perilaku manusia ketika berinteraksi melalui simbol-simbol yang bermakna sehingga sebagai individu mampu berkomunikasi yang efektif dalam konteks antarpersona, kelompok maupun organisasi.

Teknik Wawancara 3(1-2)

       Mempelajari mengenai definisi dan ruang lingkup teknik wawancara, keutamaan tentang konsep-konsep wawancara mengenai: keutamaan wawancara, efektivitas wawancara, skill interview, structuring interview, bermain peran (role play), etika wawancara, dan aplikasi wawancara dalam instansi ataupun perusahaan media.

Pendidikan Agama 2(2-0)

       Mempelajari pemahaman, penghayatan dan pengamalan tentang konsep keimanan dan keagaman yang mantap; agama dan keagamaan dalam disiplin ilmu; agama, bangsa dan negara dalam menunjang pembangunan nasional; sikap mental dan tercapainya tujuan hidup manusia.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3(2-1)

       Mempelajari pengertian dan pentingnya bela negara berlandaskan pemahaman terhadap Pancasila, Pembukaan Undang-undang Dasar, Undang-undang Dasar 1945, Hak Asasi Manusia, Pancasila sebagai sistem etika, Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional, Otonomi Daerah dan Good Governance, guna membangun karakter mahasiswa yang memiliki kesadaran bela negara sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Bahasa Inggris 2 (English for communcation 2) 3(1-2)

       Menjelaskan dan mengajarkan serangkaian “speaking skills” yang berisikan fungsifungsi bahasa untuk berbagai situasi seperti “welcoming guests”, “describing persons and things, “showing directions, “Meeting people”, “Asking for and giving information” dan sebagainya sehingga mahasiswa dapat menggunakan fungsi-fungsi bahasa ini untuk kegiatan komunikasi.

Etika Kepribadian 2(1-1)

       Mempelajari mengenai pengertian etika, etiket, moral, sopan santun, dan etika pergaulan keseharian, ruang lingkup, fungsi serta konsep etika dalam keseharian, tata cara berkenalan, berpakaian dan bertamu sehingga dapat menempatkan diri dalam lingkungan masyarakat; mempelajari cara mengenal kepribadian diri sendiri dan orang lain serta etika berdiskusi dalam kelompok dan organisasi.

Komunikasi Efektif 2(1-1)

       Mempelajari konsep dasar dan landasan teori komunikasi yang efektif, teori teori fungsi rasional dan expert model, komunikasi verbal dan non verbal, pidato, presentasi, mendengarkan dan menyimak, teori kapasitas terbatas dan sibernatika, teknik membaca, jaringan komunikasi, kompetensi komunikasi, komunikasi yang efektif dan proses pengambilan keputusan.

Komunikasi Kelompok 3(1-2)

        Mempelajari proses pembentukan dan pengertian komunikasi kelompok, sifat, fungsi dan kelebihan komunikasi kelompok, pertumbuhan kelompok, klasifikasi kelompok dan pengaruh kelompok terhadap perilaku komunikasi, bentuk-bentuk komunikasi kelompok, kelompok diskusi, tata tertib kelompok diskusi, peranan tugas anggota kelompok, kepemimpinan dalam kelompok sosial, kerjasama dalam kelompok, faktor-faktor yang mempengaruhi keefektifan kelompok, menciptakan kekohesivan kelompok, pemecahan masalah dalam kelompok, dan dinamika kelompok.

Komunikasi Antar Budaya 3(1-2)

        Membahas proses komunikasi dalam konteks antar budaya meliputi unsur-unsur kebudayaan, bahasa dan simbol, etnosentrisme, waktu, simbol-simbol budaya. Pada bagian akhir kuliah merumuskan bagaimana membangun komunikasi antar budaya yang efektif.

Retorika 3(1-2)

        Mempelajari, memahami dan mengimplementasikan teknik-teknik berbicara di depan publik, dasar-dasar retorika, publik dalam retorika, jenis pertemuan dalam retorika, diksi dan gaya bahasa, argumentasi dan nalar bahasa, keterampilan mendengar, teknik penulisan naskah, teknik berbicara deskriptif-naratif, teknik berbicara argumentatif, teknik berbicara metaforik, teknik berbicara koersif, teknik berbicara persuasif, kampanye dan propaganda.

Sosiologi Komunikasi 3(2-1)

        Mempelajari dan menganalisis fakta realitas sosial dalam ranah sosiologi komunikasi yaitu individu, kelompok, masyarakat dan sistem dunia yang bersentuhan dengan wilayah lain seperti komunikasi, proses dan interaksi sosial, teknologi telematika beserta dampaknya, serta perubahan sosial dan budaya massa.

Hubungan Masyarakat 3(2-1)

        Mempelajari tentang aplikasi berbagai konsep dan teori hubungan masyarakat secara efektif dan profesional. Mata Kuliah ini membahas tentang konsep dasar PR, pengertian PR dan kehumasan, organisasi PR, strategi PR, publik dan opini publik, integritas personal, program kerja PR, media PR dan komunikasi pemasaran PR.

Komunikasi Bisnis 3(1-2)

        Mempelajari pengertian, peran, prinsip-prinsip komunikasi bisnis, perencanaan bisnis, pengorganisasian pesan bisnis serta bagaimana melakukan presentasi bisnis secara efektif.

Desain Grafis 3(1-2)

        Membahas tentang perancangan grafis untuk keperluan produksi media. Topik-topik yang dibahas meliputi unsur-unsur desain, prinsip-prinsip desain, penilaian karya grafis, pemanfaatan tipografi dan penyuntingan gambar. Kompetensi penting yang diajarkan mencakup operasi software pengolah vektor/ garis seperti Corel Draw, operasi software pengolah pixel/ gambar seperti Adobe Photoshop, dan operasi software pengolah tata letak (layout) seperti Adobe inDesign.

Event Organizer 3(1-2)

        Mempelajari mengenai promosi event, peran promosi dalam event, definisi penyelenggara kegiatan/ Event Organizer (EO), perencanaan kerja EO, model alur kerja produksi, model tabel program, bentuk-bentuk acara spesial, peran EO, desain event, perencanaan acara, profil perusahaan, pelaksanaan, komponen-komponen yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan acara serta mempraktekan penyelenggaraan suatu kegiatan.

Media Relation 3(1-2)

        Mempelajari mengenai pentingnya media relations sebagai bagian public relations. Pembahasan menitikberatkan pada konsep dan strategi media relations yang diperdalam dengan pemahaman karakteristik media relation, teknik-teknik media relation, tata cara mengelola relasi/ jaringan (network), strategi teknologi media untuk berkomunikasi dengan pihak lain dalam rangka mempublikasikan produk dan jasa serta aktivitas perusahaan melalui berbagai media, baik cetak maupun elektronik.

Komunikasi Organisasi 3(1-2)

Mempelajari tentang komunikasi, organisasi, dan kedudukan komunikasi dalam organisasi, serta konsep dan praktik komunikasi dalam organisasi. Pembahasan secara lebih detil diarahkan kepada proses komunikasi organisasi dalam berbagai konteks, meliputi komunikasi antar orang, kelompok maupun komunikasi dengan publik organisasi, serta peranan komunikasi dalam kepemimpinan, pengambilan keputusan, motivasi, resolusi konflik, pengembangan karir dan perubahan organisasi.

Bahasa Inggris 3 (Academic Writing Course) 3(1-2)

        Menjelaskan dan mengajarkan serangkaian “writing skills” dimana mahasiswa dilatih menggunakan ketrampilan dasar menulis untuk menghasilkan tulisan dalam bentuk paragraph writing, “essay writing”, daily journal, abstracts, news writing, advertisement and film scripts. Teori disampaikan pada waktu perkuliahan sedangkan praktek dilakukan pada responsi.

Kewirausahaan 3(1-2)

        Mempelajari pengetahuan tentang kewirausahaan mulai dari pengertian wirausaha, karakter seorang wirausaha, serta wawasan tentang perilaku dan kemampuan seorang wirausaha, dan contoh aplikasinya sesuai dengan kebutuhan muatan lokal setiap program keahlian.

Teknik Penulisan Media Elektronik 3(1-2)

        Memberikan kemampuan bagi mahasiswa, baik teoretis maupun praktis, mengenai teknik penulisan yang meliputi: format-format, langkah-langkah, prinsip-prinsip dan struktur penulisan berita pada media elektronik, baik radio maupun televisi.

Teknik Penulisan Ilmiah 3(1-2)

        Mempelajari menyusun proposal, kuesioner, mengumpulkan data primer dan sekunder dan melakukan observasi lapang agar dapat membuat laporan sesuai format yang ditentukan.

Teknik Penulisan Media Cetak 3(1-2)

        Mempelajari jenis-jenis tulisan di media cetak (berita, opini, artikel, feature), teknik wawancara berita, teknik pengumpulan informasi untuk penulisan di media cetak, teknik penulisan berita, teknik penulisan opini, teknik penulisan artikel, dan feature; teknik penulisan ulang dan penyuntingan tulisan sehingga layak muat di media massa cetak.

Fotografi 4(1-3)

        Mempelajari pengertian macam kamera (digital), bagian-bagian kamera dan fungsinya, cara-cara mengoperasikan kamera, focusing, jenis-jenis memori untuk kamera digital, pencahayaan/ diafragma, kecepatan, macam-macam lensa, dan alat-alat penunjang/ aksesoris fotografi; ruang lingkup dan prinsip-prinsip dasar penggunaan lensa macro, close- up, filter dan flash; serta teknik reproduksi dalam fotografi dan jenis pengolahan foto digital.

Etika Profesi Komunikasi 1(1-0)

        Mempelajari sejarah perkembangan etika profesi, pengertian profesi dan profesional, karakteristik etika profesi, prinsip-prinsip etika profesi, etika dalam profesi kehumasan, penyiaran, periklanan, fotografi, jurnalistik, dan perfilman. Mempelajari juga kode etik profesi.

Editing Audio Visual 3(1-2)

        Memberikan pemahaman baik teori maupun praktis dalam menguasai mengenai ruang lingkup editing, karakteristik editing, kelebihan, kekurangan editing secara teknis maupun non teknis, menguasai dasar-dasar editing baik offline maupun on line, program aplikasi baik software maupun hardware untuk mengoalah elemen audio visual; menguasai dan memahami prinsip-prinsip dan teknik pengolahan audio visual dengan pengolahan animasi 2 dimensi dan 3 dimensi (after effect, motion dan lain-lain); recording dan editing, dubbing, mixing audio, koreksi gambar, serta mampu menciptakan karya audio visual dalam bentuk documenter, company profile, video musik dan lain sebagainnya yang berbasis bidang komunikasi visual.

Penerbitan 3(1-2)

        Mempelajari latar belakang, sejarah, definisi, dan proses penerbitan; meliputi editing naskah, membuat desain, membuat dummy, membuat proof cetak, membuat film, plat, proses cetak (offset), penjilidan, memotong hasil cetak, pengemasan, pendistribusian, dan mempublikasikan hasil cetak. Mempelajari sejarah percetakan dan tulisan; pengenalan dasar-dasar percetakan; meliputi cetak tinggi, cetak datar, cetak dalam, dan cetak saring; serta perhitungan biaya cetak.

Distribusi Informasi 3(1-2)

        Mempelajari pengelolaan media dan pendistribusian informasi dalam kajian ilmu komunikasi; Pemilihan media untuk distribusi informasi, media dalam perkembangannya; karakteristik dan sifat distribusi media serta teknologi media yang digunakan dengan perkembangan aplikasi media saat ini.

Produksi Periklanan 3(1-2)

        Mempelajari mengenai definisi dan ruang lingkup produksi periklanan, karakteristik produksi periklanan, aspek kreatif dalam produksi periklanan, eksekusi kreatif dalam produksi periklanan, produksi periklanan, segmentasi pasar, perilaku konsumen dalam produksi periklanan, perencanaan media, iklan media cetak, iklan media penyiaran serta biro iklan dan etika periklanan.

Produksi Film dan Video 3(1-2)

        Memberikan pemahaman bagi mahasiswa, baik teoretis maupun praktis, terhadap konsep dan aplikasi mengenai teknik-teknik dalam merancang, mengembangkan, membuat, dan mengevaluasi media film video, hingga menghasilkan produk film video yang berbasis bidang ilmu pertanian.

Produksi Siaran Radio 4(1-3)

        Mengajarkan pengertian radio dan penyiaran radio, mengetahui sejarah perkembangan siaran radio di dunia dan di Indonesia, memahami mekanisme manajemen radio siaran, memahami dan mampu merancang sebuah program radio, mengenal musik dan sound effect yang digunakan dalam proses siaran radio, dan mengenal press relation sebagai sumber informasi bagi reporter radio.

Praktik Kerja Lapangan  6 (0-6)

        Melakukan praktik kerja pada perusahaan/ instansi/ unit usaha yang bergerak di bidang komunikasi dan informasi atau bidang lainnya.

Seminar  1 (0-1)

        Mahasiswa mempresentasikan hasil praktik kerja lapangan di depan kelas, mendapatkan umpan balik dari diskusinya, bertukar pengalaman praktek kerja.

Laporan Akhir 2 (0-2)

        Menyusun dan membuat laporan dari kegiatan praktik kerja lapang yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.