Teknik dan Manajemen Lingkungan

VISI

Menjadi program studi yang unggul dalam pendidikan program diploma di bidangĀ  teknikĀ  dan manajemen lingkungan guna menunjang pembangunan berkelanjutan di Indonesia yang ramah lingkungan

MISI

  1. Menyiapkan tenaga ahli madya di bidang lingkungan yang terampil dan profesional dalam pengelolaan dan pemantauan dampak lingkungan di berbagai kegiatan pembangunan antara lain pertambangan, perkebunan, industri, pemukiman, dan lain-lain
  2. Sebagai bagian dari Sekolah Vokasi IPB, program studi ini diharapkan mampu berkontribusi pada pengembangan IPTEKS terapan yang relevan di bidang lingkungan 
  3. Berperan serta dalam pembangunan negara yang berazaskan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan dan ramah lingkungan bagi kepentingan generasi masa kini dan yang akan datang  melalui transformasi IPTEKS terapan yang inovatif dan pengabdian pada masyarakat yang relevan

TUJUAN

  1. Menghasilkan ahli madya di bidang teknik dan manajemen lingkungan yang berkualitas profesional dan berkarakter sesuai kebutuhan masyarakat kini dan mendatang
  2. Menghasilkan inovasi tepat guna di bidang teknik dan manajemen lingkungan melalui penelitian terapan dan pengabdian masyarakat yang berkualit
  3. Memiliki jejaring kerja yang luas dengan dengan unsur pemerintah, industri, dan masyarakat untuk mendukung kualitas pendidikan, penelitian terapan dan pengabdian yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan IPTEKS

LEARNING OUTCOMES

1. Mampu menjadi tenaga ahli madya di bidang lingkungan yang mampu melakukan pekerjaan di bidang lingkungan pada pertanian, kehutanan, perikanan, peternakan, industri, pertambangan, perkebunan, energi dan sebagainya yang sesuai dengan standar dan aplikasi pekerjaan manajemen dan keteknikan lingkungan melalui proses analisis data lingkungan dan pemilihan metode yang sesuai, didukung dengan kemampuan di bidang teknologi informasi, kewirausahaan, dan keahlian interpersonal.

2. Menguasai konsep teoritis manajemen dan keteknikan lingkungan secara umum dan konsep lain yang relevan untuk menyelesaikan masalah dan/atau pekerjaan di bidang lingkungan pada pertanian, kehutanan, perikanan, peternakan, industri, pertambangan, perkebunan, energi dan sebagainya.

3. Mampu bekerja sama dan berkomunikasi secara efektif dalam sebuah kelompok kerja (team work) baik dalam posisinya sebagai anggota dan/ atau sebagai pimpinan kelompok kerja, untuk menyelesaikan pekerjaan bidang lingkungan termasuk mendokumentasikan hasil pekerjaan dalam bentuk laporan tertulis.

4. Mampu melakukan evaluasi dan supervisi terhadap pencapaian hasil pekerjaan bidang lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya baik sebagai anggota dan/ atau pimpinan dalam kelompok kerja.

LAPANGAN PEKERJAAN

1. Tenaga ahli madya divisi lingkungan perusahaan.

2. Tenaga pelaksana pemantauan lingkungan di bagian lingkungan hidup perusahaan industri.

3. Tenaga ahli madya pada konsultan lingkungan (AMDAL, Audit Lingkungan).

4. Tenaga kerja pada unit pengelolaan limbah industri (IPAL industri).

5. Staf teknis pada Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (BAPEDAL) dan Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD).

6. Penanggungjawab, supervisor treatment pada Instalasi Pengelolaan Limbah (IPAL).

SILABI MATA KULIAH

Pendidikan Agama 2(2-0)

       Membahas pemahaman, penghayatan dan pengamalan tentang konsep keimanan dan keagamaan yang mantap; agama dan keagamaan dalam disiplin ilmu; Agama, bangsa dan negara di dalam menunjang pembangunan nasional; sikap mental dan tercapainya tujuan hidup manusia.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3(1-2)

       Mempelajari pengertian dan pentingnya bela negara berlandaskan pemahaman terhadap Pancasila, Pembukaan Undang-undang Dasar, Undang-undang Dasar 1945, Hak Asasi Manusia, Pancasila sebagai sistem etika, Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional, Otonomi Daerah dan Good Governance, guna membangun karakter mahasiswa yang memiliki kesadaran bela negara sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Bahasa Indonesia 3(2-1)

       Mempelajari penguasaan dan penggunaan Bahasa Indonesia secara baik. Topik yang dibahas meliputi EYD, struktur kalimat, kalimat yang efektif dan logis, paragraf, jenis-jenis tulisan, karya ilmiah, dan penyajian lisan.

Bahasa Inggris 3(1-2)

       Mempelajari serangkaian skill untuk membaca dan memahami teks dalam bahasa Inggris dan meningkatkan penguasaan kosa kata pada level intermediate dengan topik bacaan yang sesuai dengan masing-masing program keahlian.

Fisika 3(2-1)

       Mempelajari pengukuran dan besaran-besaran fisik, sistem satuan, vektor, gerak lurus, hukum Newton, kerja dan energi, hukum kekekalan energi, momentum, gerak harmonik, fluida thermodinamika, elektrostatika, elektrodinamika, arus searah, arus bolak balik, medan magnet, gelombang dan optik.

Biologi 3(1-2)

       Mempelajari dasar-dasar kimia sel, organisasi sel, sistem organ, dan kaitan organisme dengan lingkungannya diberikan dalam satu konteks yang harmoni. Pokok bahasan dikaitkan dengan peranan biologi dalam masyarakat antara lain keragaman hayati, pemuliaan, bioteknologi dan implikasinya, pencemaran lingkungan.

Matematika 3(2-1)

       Mempelajari gugus (pengertian, penyajian, hubungan, pengolahan, bilangan kardinal gugus majemuk); gugus ganda, hubungan dan fungsi; pernyataan (pengertian, perangkai dasar, pernyataan majemuk dan nilai kebenaran, Kesahihan argumen, pernyataan umum dan khusus; matriks (bentuk umum, pengolahan, macam matriks, determinan, matriks kebalikan); gugus persamaan linier dan vektor jawab.

Peraturan Perundangan Lingkungan Hidup 2(1-1)

       Mempelajari peraturan dan perundangan lingkungan hidup, misalnya tentang AMDAL, pengendalian pencemaran air, baku mutu limbah cair untuk berbagai kegiatan (industri, hotel, rumah sakit, minyak), baku tingkat kebisingan, baku tingkat getaran, baku tingkat kebauan, konservasi sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya dll.

Ekologi 3(1-2)

       Membahas sejarah dan ruang lingkup ekologi, prinsip dan konsep ekosistem, siklus biogeokimia, energi, neraca energi, adaptasi dan evolusi, faktor pembatas, tingkat organisma, tingkat populasi dan komunitas ekosistim darat dan perairan, bioma dan tipe kehidupan, metode analisis ekologi, hierarki sistem ekologi, pengelolaan sumber daya alam dan pencemaran.

Aplikasi Komputer 3(1-2)

       Mempelajari jenis-jenis perangkat lunak yaitu perangkat lunak sistem (sistem operasi dan utilitas) dan aplikasinya, pengenalan komponen-komponen komputer meliputi peralatan pemroses, input, output, dan penyimpanan, dasar-dasar jaringan komputer, keamanan komputer dan internet, penggunaan perangkat lunak sistem dan aplikasi untuk penyelesaian masalah serta materi muatan lokal sesuai kebutuhan setiap program keahlian.

Instrumentasi Lingkungan 2(1-1)

       Mempelajari metode pengukuran parameter-parameter lingkungan dengan menggunakan instrumentasi-instrumentasi modern seperti spektroskopi, absorpsi, emisi, fluorsensi dan lain-lain.

Ilmu Tanah 3(1-2)

       Mempelajari pengertian tentang tanah, bahan mineral, bahan organik, air tanah, udara tanah, profil dan solum tanah, pembentukan profil tanah, faktor-faktor pembentuk tanah. Sifat-sifat fisik dan morfologi tanah, horizon, warna, tekstur tanah, struktur, konsistensi, pori-pori tanah, suhu tanah, drainase tanah. Sifat-sifat kimia dan kesuburan tanah, reaksi tanah, drainase tanah, kapasitas tukar kation dan koloid tanah. Klasifikasi tanah, survei tanah, jenis-jenis peta tanah dan kegunaannya, evaluasi kemampuan lahan, jenis-jenis tanah di Indonesia.

Mikrobiologi Dasar dan Lingkungan 3(1-2)

       Membahas keragaman mikroorganisme, mikroorganisme dan lingkungan, metabolisme organisme, hubungan antar mikroorganisme, hubungan mikroorganisme dengan makhluk lain, peranan mikroorganisme dalam pencemaran lingkungan, pendekatan bioteknologi dalam pengendalian pencemaran lingkungan.

Dinamika Sosial dan CSR 3(1-2)

       Mempelajari orientasi nilai hidup masyarakat, struktur/ dinamika masyarakat, kepemimpinan dalam masyarakat; hubungan pola kebudayaan, ekonomi dan politik dalam masyarakat kota dan pedesaan, perubahan sosial, politik dan kebudayaan; masalah penyampaian inovasi, penerapan dan adopsi inovasi untuk pembaharuan; partisipasi dalam pembangunan masyarakat, kebijakan-kebijakan pembangunan masyarakat, kasus-kasus LKMD, UDKP, PKK, KUD dan KB; strategi dan upayaupaya untuk mengembangkan pengetahuan masyarakat dalam bidang lingkungan; kepedulian perusahaan terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar perusahaan.

Kimia Dasar dan Lingkungan 3(1-2)

       Mempelajari konsep-konsep dasar ilmu kimia meliputi sistem periodik, ikatan kimia, stoikiometri, larutan dan sifat koligatif, kesetimbangan kimia, dilanjutkan dengan pengetahuan dasar tentang sifat, proses serta pengaruh zat-zat kimia yang ada di lingkungan air, tanah dan udara.

Pengantar Agroindustri 2(2-0)

        Mata kuliah ini dirancang dan disusun untuk mengantarkan mahasiswa ke pemahaman dunia agroindustri dalam arti luas dengan membahas berbagai topik yang berkaitan dengan agroindustri, antara lain pengertian pasca panen dan pengolahan hasil, pengertian nilai tambah produk pertanian, bentuk-bentuk olahan hasil pertanian, serta bentuk-bentuk proses pengolahan hasil pertanian.

Kewirausahaan 3(1-2)

       Mempelajari pengetahuan tentang kewirausahaan mulai dari pengertian wirausaha, karakter seorang wirausaha, serta wawasan tentang perilaku dan kemampuan seorang wirausaha, dan contoh aplikasinya sesuai dengan kebutuhan muatan lokal setiap program keahlian.

Klimatologi 3(1-2)

       Mempelajari komposisi dan lapisan atmosfer bumi, radiasi surya, intensitas dan lama penyinaran, kualitas sinar dan panjang hari, tekanan udara, angin, suhu udara dan suhu tanah, siklus air: penguapan, awan, hujan dan neraca air, klasifikasi iklim dan iklim Indonesia.

Konservasi Tanah dan Air 3(1-2)

       Membahas sifat-sifat tanah yang berkaitan dengan konservasi dan pengelolaan tanah seperti: sistem tanah, tekstur tanah, struktur, bulk density dan porositas, agregat tanah, flokulasi dan disperse. Air tanah dan energi pengikat air tanah, potensial air dan gerakan air dalam tanah, ketersediaan air, peramalan dan evaluasi erosi, metode pengawetan tanah dan air, desain bangunan konservasi.

Hidrologi 3(1-2)

       Mempelajari hujan dan analisis data hujan, pengertian dan pentingnya infiltrasi, proses dan faktor yang mempengaruhi infiltrasi, aliran permukaan, analisis aliran sungai, air bawah tanah, evaporasi, transpirasi, evapotranspirasi, dan irigasi.

Pengantar Ekonomi Lingkungan 3(1-2)

       Membahas unsur-unsur pilihan konsumen dan hukum permintaan, pembentukan permintaan pasar, unsur-unsur pilihan produsen dan hukum penawaran tingkat industri, interaksi penawaran dan permintaan, kompetisi tidak sempurna dan kebijakan pemerintah, penerapan prinsip ekonomi mikro, pasar output, pasar tenaga kerja, pasar kredit, pasar uang, tujuan dan kebijakan ekonomi mikro, model ekonomi makro, kebijakan stabilisasi dan kedudukan Indonesia dalam ekonomi dunia.

Ilmu Lingkungan 3(1-2)

       Membahas prinsip dasar lingkungan, masalah lingkungan global, fungsi hutan dalam konservasi tanah dan air, daur air, pemanasan global, pengelolaan hutan, teori pulau geografi, erosi gen, pusat Vavilov, keanekaragaman hayati, polusi air dan udara, inverse suhu dan efek rumah kaca, hujan asam, ekolabeling, ISO 9000, ISO 14000, Deklarasi Rio de Janeiro, posisi Indonesia dalam masalah lingkungan di dunia, pandangan manusia terhadap lingkungan hidup. Pada akhir kuliah dilakukan studi lapang agar mahasiswa dapat melihat permasalahan lingkungan yang ada di lapangan.

Dasar Teknik Kimia 3(1-2)

       Membahas pengantar perhitungan teknik kimia; persamaan kimia dan stoikiometri; neraca massa tanpa reaksi kimia dan dengan reaksi kimia, tanpa/ dengan reaksi kimia untuk proses recycle, bypass dan purge; neraca energi; gabungan neraca massa dan energi.

Kualitas Udara 3(1-2)

       Membahas polusi udara, penilaian tingkat pencemaran udara, metode pengukuran, peraturan perundangan tentang baku mutu kandungan polutan udara, teknik-teknik pengendalian dan pengelolaan udara, hubungan iklim terhadap polusi udara.

Gambar Teknik Desain Instalasi Lingkungan 3(1-2)

       Mempelajari gambaran umum mengenai peralatan utama gambar yang lazim serta alat-alat bantu lainnya; aturan-aturan menggambar teknik: ukuran kertas, skala, kode/ simbol garis, proyeksi-proyeksi yang berlaku; pangertian-pengertian pokok konstruksi bangunan umum: pondasi, pasangan batu bata (dinding), beton, konstruksi dan hubungan kayu (atap, pintu, jendela), denah serta potongan-potongannya. Pengenalan dasar menggambar dengan software AutoCad. Pengenalan secara umum gambar-gambar bangunan pengolahan air minum yang meliputi layout, pengenalan notasi perpipaan dan perlengkapannya, gambar jalur perpipaan, potongan dan isometrinya, berbagai bangunan intake, prasedimentasi, pengaduk cepat dan lambat, sedimentasi, filter, reservoir dan bangunan pembubuh. Pengenalan secara umum gambar-gambar bangunan pengolah air buangan yang meliputi layout, screen dan communitor, grit chamber, prasedimentasi, unit-unit pengolah biologi (lumpur aktif, trickling filter, oxidation ditch, dan lain-lain). Gambargambar yang diperlukan dalam sistem distribusi air minum dan sistem penyaluran air buangan/drainase serta bangunan perlengkapannya. Para mahasiswa diwajibkan mengerjakan tugas.

Satuan Operasi dan Proses Lingkungan 3(1-2)

       Membahas satuan operasi gerak partikel, sifat fisik-kimia partikel, distribusi partikel; presipitasi dan sendimentasi; gravitasi, centrifugasi dan elektrostatik. Mixing; flokulasi dan koagulasi partikel, pencampuran hidrolis, pencampuran mekanis; aliran dalam media berbutir. Absorpsi, adsorpsi, filtrasi, aerasi, floatasi. Transfer gas; transfer oksigen dan amonia stripping. Operasi thermal; incinerasi, pyrolisis, oksidasi basah. Dewatering, teknologi membran. Satuan Proses membahas proses sorpsi, aerasi, pelunakan air, koagulasi, flokulasi, desinfeksi, penyisihan logam-logam berat, penukaran ion, proses biologi; dekomposisi biologi; proses aerob-anaerob fakultatif, model pertumbuhan dalam bioreaktor, kinetika reaktor pertumbuhan tersuspensi dan pertumbuhan lekat, penyisihan logam-logam dengan reduksi-oksidasi, presipitasi, proses penukar ion, thermokimia untuk pembakaran dan pengering, transfer massa.

Ekologi Hewan 3(1-2)

       Membahas Pendekatan lingkungan yang komparatif, prinsip-prinsip ekologi hewan yang mendalam, piramida populasi, interaksi antara hewan dan lingkungan, tabel kehidupan.

Konservasi Sumberdaya Alam dan Lingkungan 3(1-2)

       Mempelajari teknik pendugaan populasi tumbuhan dan satwa liar, analisis vegetasi habitat, bahan dan peralatan, desain pengamatan, teknik pengamatan, pengelolaan kawasan konservasi (taman nasional, cagar alam, suaka margasatwa).

Metode Analisis Sosial Budaya 3(1-2)

       Mempelajari ruang lingkup penelitian sosial, tipologi penelitian sosial, teori tentang komunitas, variabel/ indikator sosial budaya, perancangan penelitian, pendekatan partisipatif sosial dalam kegiatan industri, perkebunan, pertanian, pertambangan dan sebagainya, analisis sosial budaya, analisis kasus kehutanan, analisis kasus pertambangan.

AMDAL 3(1-2)

       Mempelajari latar belakang perlunya pengelolaan lingkungan hidup berdasarkan perundangan dan ketentuan yang ada, pelaksanaan studi AMDAL, prosedur administratif dan teknis, penyusunan ANDAL (Analisis Dampak Lingkungan), RKL (Rencana Pengelolaan Lingkungan), RPL (Rencana Pemantauan Lingkungan) serta UKL (Upaya Pengelolaan Lingkungan) dan UPL (Upaya Pemantauan Lingkungan). Diskusi studi kasus penyusunan ANDAL, RKL, RPL, UKL, UPL, dari beberapa kegiatan yang memberikan dampak pada lingkungan.

Etika Profesi Lingkungan 1 (1-0)

       Mempelajari pengertian dan definisi etika, profesi, profesional, profesionalisme dalam pekerjaan di bidang teknik dan manajemen lingkungan, kode etik dan hak kekayaan intelektual di bidang manajemen dan rekayasa lingkungan.

Bioremediasi 3(1-2)

       Membahas pengertian dan batasan, mikroorganisme yang berpotensi dalam bioremediasi, biodegradasi senyawa-senyawa pencemar lingkungan biomonitoring toksisitas bahan pencemar, teknologi bioremediasi in situ dan ex situ.

Pertanian Organik 3(1-2)

       Membahas batasan dan pengerian pertanian organik, jenis-jenis sampah organik yang digunakan untuk perbaikan lahan; cara dan teknik penggunaan bahan organik untuk perbaikan lahan; proses dekomposisi dan degradasi bahan organic; monitoring dan evaluasi hasil pertanian organik.

Audit Lingkungan dan Ekolabelling 3(1-2)

       Mempelajari kebijakan tentang Audit Lingkungan, sistim penilaian proper, ekolabeling, metode pengkajian aspek teknik lingkungan, pemilihan bahan baku dan daur produk, metode evaluasi proses produksi, audit limbah bahan berbahaya dan beracun (B3), formulasi, penyempurnaan pelaporan, studi kasus.

Pengelolaan Kawasan Konservasi dan Ekowisata 3(1-2)

       Membahas pengertian dan batasan konservasi, prinsip-prisip konservasi, strategi konservasi sumberdaya alam, preservasi keanekaragaman hayati, pengelolaan margasatwa, daya dukung lingkungan, evaluasi habitat satwa, pengelolaan sumberdaya alam dan masalah konservasi di Indonesia.

Sistem Manajemen K3 dan OHSAS 3(1-2)

       Mempelajari dasar-dasar, perencanaan, implementasi, audit, dan penyusunan laporan K3 dan Sistem K3 dalam perusahaan.

Teknologi Pengelolaan dan pemanfaatan Limbah Domestik dan Industri  3(1-2)

       Mempelajari teknik pengolahan limbah domestik dan industri yang berhubungan dengan perlindungan dan plestarian lingkungan; Jenis sifat dan manfaat limbah, pengendalian polusi udara, pengendalian limbah padat, pengendalian limbah cair, pengelolaan air, sanitasi alat dan pabrik; Berbagai teknik pemanfaatan limbah industri hasil pertanian.

Sanitasi dan Toksikologi Lingkungan 3(1-2)

       Membahas berbagai jenis pencemaran yang terjadi di lingkungan rumah tangga, peternakan, industri baik yang berbantuk cair, padat maupun udara, cara penanggulangan serta pemanfaatan limbahnya.

Praktik Kerja Lapangan 3 (0-3)

       Melatih mahasiswa mendalami aspek dan permasalahan lingkungan yang ada di lapangan, yang terjadi di perusahaan, untuk menambah wawasan dan menimba pengalaman praktis dalam kegiatan pengelolaan dan pemantauan lingkungan dan kemudian merangkum hasil-hasil tersebut dalam sebuah laporan. Lamanya praktik kerja lapangan 2 bulan. Pada saat membuat laporan PKL mahasiswa dibimbing oleh pembimbing akademik sebagai pembimbing utama dan pembimbing lapangan selama bekerja di perusahaan tempat PKL.

Seminar 1 (0-1)

       Mahasiswa dilatih untuk dapat menyampaikan dan mengemukakan pendapat tentang hasil praktik kerja lapangan secara sistematis dan jelas baik secara lisan maupun tertulis. Selain itu mahasiswa juga dilatih untuk dapat menanggapi dan menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan hasil praktik kerja lapangannya serta dilatih untuk dapat menerima masukan dan tanggapan dari peserta seminar sehingga laporan tugas akhir yang dihasilkan menjadi lebih baik.

Laporan Akhir 2 (0-2)

        Mahasiswa melakukan praktik kerja lapangan dan menuliskan hasilnya di bawah bimbingan dosen yang ditetapkan oleh Koordinator Program Keahlian. Mahasiswa menyajikan dan mempertahankan laporan tugas akhir di depan pembimbing dan penguji.