Manajemen Agribisnis

VISI

Menjadi penyelenggara pendidikan vokasional terbaik pada bidang manajemen agribisnis di tingkat nasional.

MISI

1.  Menghasilkan wirausaha dan atau manajer lini pertama yang mampu mengelola agribisnis dengan terampil, mandiri, berkualitas dan profesional.

2. Menyelenggarakan pendidikan vokasional dalam bidang manajemen agribisnis yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang profesional, bermoral, tangguh, kreatif dan berkarakter kewirausahaan.

3. Mengembangkan seluruh potensi dan sumberdaya yang dimiliki untuk membangun sistim manajemen pendidikan vokasi yang efektif, transparan dan akuntabel.

4. Mengembangkan jejaring kerjasama dengan lembaga atau perusahaan yang terkait dalam upaya peningkatan kompetensi lulusan.

5. Membangun citra positif pendidikan vokasi dalam bidang manajemen agribisnis di masyarakat.

TUJUAN

Menghasilkan wirausaha dan atau manajer lini pertama yang mampu mengelola agribisnis secara profesional sesuai dengan learning outcome yang dibutuhkan.

LEARNING OUTCOMES

1.  Mampu menjadi staf perusahaan atau lembaga yang terkait dibidang agribisnis, supervisor, manajer lini pertama pada perusahaan agribisnis atau menjadi pengusaha skala kecil dan menengah dibidang agribisnis yang memahami teknik budidaya produk agribisnis (tanaman, ternak dan perikanan), pasca panen, pemasaran, manajemen, dan komunikasi dengan cara menganalisis data dengan menggunakan management tools untuk menghasikan laporan bisnis sesuai lingkup kerjanya.

2. Memahami konsep mengenai agribisnis, ekonomi manajerial dan manajemen secara umum serta konsep-konsep lain yang relevan untuk mampu menyelesaikan masalah pekerjaan di perusahaan bidang agribisnis, lembaga jasa yang terkait dengan agribisnis dan menyelesaikan masalah dalam usaha di bidang agribisnis skala kecil dan menengah.

3. Mampu bekerjasama dan berkomunikasi secara efektif dalam sebuah kelompok kerja (team work) baik dalam posisinya sebagai anggota atau sebagai pimpinan kelompok kerja untuk menyelesaikan pekerjaan administratif, mendokumentasikan hasil pekerjaan dalam bentuk laporan tertulis, mempertanggungjawabkan laporan yang ditulis.

4. Mampu melakukan evaluasi dan supervisi terhadap pencapaian hasil pekerjaan bidang agribisnis yang menjadi tanggungjawabnya baik sebagai anggota atau pimpinan dalam kelompok kerja, mengkaji kelayakan bisnis dan membuat perencanaan bisnis untuk level kecil dan menengah (UKM) di bidang agribisnis.

LAPANGAN PEKERJAAN

1. Sebagai pengusaha agribisnis.

2. Sebagai manajer umum maupun fungsional di lini pertama dalam bidang produksi, keuangan, pemasaran, dan personalia pada berbagai perusahaan agribisnis.

3. Sebagai staf berbagai lembaga atau instansi yang terkait dengan agribisnis, seperti lembaga keuangan (bank dan non bank), instansi pemerintah, lembaga penelitian, perusahaan, industri pengolahan dan lain-lain.

4.  Mampu melakukan evaluasi dan supervisi terhadap pencapaian hasil pekerjaan bidang agribisnis yang menjadi tanggungjawabnya baik sebagai anggota atau pimpinan dalam kelompok kerja, mengkaji kelayakan bisnis dan membuat perencanaan bisnis untuk level kecil dan menengah (UKM) dibidang agribisnis.

LAPANGAN PEKERJAAN

1.   Sebagai pengusaha agribisnis.

2.   Sebagai manajer umum maupun fungsional di lini pertama dalam bidang produksi, keuangan, pemasaran, dan personalia pada berbagai perusahaan agribisnis.

3.   Sebagai staf berbagai lembaga atau instansi yang terkait dengan agribisnis, seperti lembaga keuangan (bank dan non bank), instansi pemerintah, lembaga penelitian, perusahaan, industri pengolahan dan lain-lain.

SILABI MATA KULIAH

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3(2-1)

       Mempelajari pengertian dan pentingnya bela negara berlandaskan pemahaman terhadap Pancasila, Pembukaan Undang-undang Dasar, Undang-undang Dasar 1945, Hak Asasi Manusia, Pancasila sebagai sistem etika, Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional, Otonomi Daerah dan Good Governance, guna membangun karakter mahasiswa yang memiliki kesadaran bela negara sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Bahasa Indonesia 3(2-1)

       Mempelajari penguasaan dan penggunaan Bahasa Indonesia secara baik. Topik yang dibahas meliputi EYD, struktur kalimat, kalimat yang efektif dan logis, paragraf, jenis-jenis tulisan, karya ilmiah, dan penyajian lisan.

Dasar Manajemen 3(2-1)

       Mempelajari pengetahuan dasar manajemen yang mencakup pengertian, unsur, fungsi, aliran dan tokoh manajemen serta proses manajemen melalui pendekatan fungsi, sistem, teknik dan perilaku manajemen. Hal lainnya menjelaskan faktor lingkungan yang mempengaruhi pelaksanaan manajemen.

Ekonomi Umum 3(2-1)

       Mempelajari unsur pilihan konsumen dan produsen, hukum permintaan dan penawaran, pembentukan harga di pasar, teori produksi dan biaya serta aplikasinya dalam bisnis (maksimumisasi keuntungan), struktur pasar, pasar input dan pasar output, pendapatan nasional, pengenalan kebijakan pemerintah untuk stabilisasi ekonomi (kebijakan fiskal dan moneter).

Pengantar Agribisnis 2(1-1)

       Mempelajari pengertian dan ruang lingkup agribisnis, sifat sifat agribisnis dan konsekuensinya terhadap manajemen bisnis.

Matematika Bisnis 3(2-1)

       Mempelajari sistem persamaan linear, gugus bilangan nyata, hubungan dan fungsi, matriks dan sistem persamaan linear, limit, turunan suatu fungsi, pengintegralan, dan fungsi pengganda lagrange.

Dasar Akuntansi I 3(1-2)

       Mempelajari pengertian akuntansi, peranan akuntansi dalam bisnis, proses akuntansi mulai pencatatan sampai penyusunan laporan keuangan, akuntansi kas, piutang dan wesel tagih, akuntansi persediaan, plant assets dan intangible assets, serta analisis laporan keuangan.

Pendidikan Agama 2(2-0)

       Mempelajari pemahaman, penghayatan dan pengamalan tentang konsep keimanan dan keagaman yang mantap; agama dan keagamaan dalam disiplin ilmu; agama, bangsa dan negara di dalam menunjang pembangunan nasional; sikap mental dan tercapainya tujuan hidup manusia.

Pengantar Agroindustri 2(2-0)

        Mata kuliah ini dirancang dan disusun untuk mengantarkan mahasiswa ke pemahaman dunia agroindustri dalam arti luas dengan membahas berbagai topik yang berkaitan dengan agroindustri, antara lain pengertian pasca panen dan pengolahan hasil, pengertian nilai tambah produk pertanian, bentuk-bentuk olahan hasil pertanian, serta bentuk-bentuk proses pengolahan hasil pertanian.

Aplikasi Komputer 3(1-2)

       Mempelajari jenis-jenis perangkat lunak yaitu perangkat lunak sistem (sistem operasi dan utilitas) dan aplikasinya, pengenalan komponen-komponen komputer meliputi peralatan pemroses, input, output, dan penyimpanan, dasar-dasar jaringan komputer, keamanan komputer dan internet, penggunaan perangkat lunak sistem dan aplikasi untuk penyelesaian masalah serta materi muatan lokal sesuai kebutuhan setiap program keahlian.

Pengembangan Karakter Wirausaha 2(1-1)

       Mempelajari tentang karakter-karakter dasar wirausaha sukses, membangun tekad untuk jadi wirausaha, membangun karakter jujur, amanah, tangguh, kreatif, inovatif, terampil berkomunikasi secara efektif, disiplin, memiliki jiwa kepemimpinan transformasional, peduli/ setia partner/ tidak khianat serta terampil mengelola waktu.

Ekonomi Manajerial 3(1-2)

       Mempelajari ruang lingkup dan pengertian ekonomi manajerial; membahas aplikasi prinsip prinsip ekonomi dalam pengambilan keputusan industri.

Dasar-dasar Bisnis 3(2-1)

       Mempelajari pengertian dan ruang lingkup manajemen perusahaan, perencanaan pendirian perusahaan, pendanaan, pengembangan struktur organisasi dan pengawasan perusahaan.

Sosiologi Agribisnis 3(1-2)

       Mempelajari pengertian, ruang lingkup, peranan sosiologi agribisnis; struktur, hubungan, dan pola perilaku masyarakat di lingkungan agribisnis.

Manajemen Kualitas 3(1-2)

       Mempelajari tentang konsep kualitas, perkembangan manajemen kualitas dan sistem kualitas, penentuan kualitas berdasarkan pendapat konsumen, perangkat manajemen kualitas dan penerapannya, implementasi gugus kendali mutu, prinsip dan teknik statistik untuk pengendalian proses, prinsip dan teknik sampling, implementasi manajemen kualitas (TQM), metode analisa pengendalian mutu (seven tools), total quality circle.

Manajemen Koperasi 3(1-2)

       Mempelajari pengertian, dasar-dasar kerja dan manajemen koperasi, peranan dan fungsi koperasi dalam pembangunan pertanian serta kebijakan pemerintah dan strategi pengembangan koperasi.

Manajemen Sumber Daya Manusia 3(1-2)

       Mempelajari pengertian dan ruang lingkup manajemen sumber daya manusia dalam industri, analisis jabatan (job analysis), seleksi pegawai, pelatihan dan pengembangan, pengembangan karir, penilaian prestasi kerja, hak karyawan dan disiplin, dinamika hubungan perburuhan, kompensasi dan tunjangan kesejahteraan serta kepemimpinan.

Manajemen Agribisnis 3(1-2)

       Mempelajari pengertian, konsep, teknik implementasi manajemen dan analisis usaha dalam bidang bisnis pertanian dalam arti luas yang mencakup tanaman, perikanan dan peternakan.

Akuntansi Manajemen 3(1-2)

       Mempelajari pemahaman, pengetahuan, dan praktik mengenai konsep akuntansi manajemen untuk mendukung proses pembuatan dan pengambilan keputusan oleh manajemen. Pembahasan meliputi: ruang lingkup dan karakteristik akuntansi manajemen, perilaku biaya aktivitas (activity cost behavior), analisis biaya volume laba, full costing and variable costing, sistem biaya standar, biaya relevan untuk pengambilan keputusan, dan akuntansi pertanggungjawaban.

Teknik Budidaya Tanaman 3(1-2)

       Mempelajari tentang prinsip dan teknik budidaya tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan mulai dari penyediaan benih/ bibit, penyiapan lahan, penanaman, pemeliharaan tanaman sampai dengan penen dan pasca panen primer.

Teknik Budidaya Perikanan 3(1-2)

       Mempelajari teknik perikanan budidaya yang meliputi perikanan budidaya air tawar dan air payau (tambak). Selain itu, akan dipelajari faktor-faktor yang mempengaruhi penampilan (performance) dari masing-masing jenis ikan khususnya ikan hias.

Teknik Budidaya Peternakan 3(1-2)

       Mempelajari teknik budidaya ternak yang meliputi ternak unggas (broiler dan layer) dan ruminansia. Selain itu, akan dipelajari faktor-faktor yang mempengaruhi penampilan (performance) dari masing masing ternak.

Bahasa Inggris Bisnis 3(1-2)

       Mempelajari teknik-teknik komunikasi secara lisan maupun tulisan dengan bahasa Inggris yang sering digunakan dalam kegiatan bisnis, perkantoran dan sejenisnya. Percakapan dalam bisnis, wawancara, mendengarkan, membuat catatan dan laporan, surat menyurat serta membuat laporan.

Manajemen Produksi Agribisnis 3(1-2)

       Mempelajari sistem produksi dalam arti luas dengan membahas berbagai topik yang berkaitan dengan manajemen produksi agribisnis, antara lain ruang lingkup produksi agribisnis, karakteristik barang dan jasa dalam agribisnis, perencanaan produksi, pengorganisasian produksi, penjadwalan produksi, dan pengendalian produksi untuk produk-produk agribisnis.

Komunikasi Bisnis 3(1-2)

       Mempelajari pengertian dan ruang lingkup komunikasi bisnis, prinsip-prinsip komunikasi bisnis; proses mempersiapkan pesan bisnis efektif; presentasi bisnis; laporan bisnis; surat-surat bisnis; surat ketenagakerjaan; Public Relations; Manajemen Meeting.

Pemasaran Hasil Pertanian 3(1-2)

       Mempelajari dasar-dasar pemasaran (konsep dasar, fungsi, dan proses pemasaran, kelembagaan dan saluran pemasaran, konsep harga dan biaya), sifat pemasaran hasil pertanian dan efisiensi pemasaran.

Studi Kelayakan Bisnis 3(1-2)

       Mempelajari cara identifikasi manfaat dan biaya rencana investasi dibidang agribisnis. Mempelajari kriteria, ukuran kelayakan rencana investasi dilihat dari aspek teknis, pasar, finansial, ekonomi, manajerial, yuridis dan lingkungan.

Metode Kuantitatif untuk Manajemen 3(1-2)

       Mempelajari metode metode kuantitatif untuk melaksanakan fungsi-fungsi manajemen meliputi: penggunaan metode statistika, regresi, dan riset operasi dalam proses manajemen.

Manajemen Keuangan 3(1-2)

       Mempelajari penggunaan, penyediaan dan pemanfaatan dana-dana perusahaan dan badan-badan lain. Pembahasan meliputi: pengertian dan prinsip dasar sistim dan lingkungan keuangan, resiko, pengembalian dan portfolio, teknik-teknik penilaian uang, sekuritas dan proyek, analisis dan perencanaan keuangan, manajemen modal kerja dan pendanaan.

Kapita Selekta Agribisnis 2(2-0)

       Memberikan bekal agar mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mendeskripsikan sistem agribisnis suatu komoditas yang sesuai dengan minat mahasiswa. Mata kuliah ini diberikan sebelum mahasiswa melakukan PKL.

Manajemen Pemasaran 3(1-2)

       Mempelajari pengertian, ruang lingkup, dan peranan pemasaran dalam kegiatan usaha; peluang pasar, strategi pemasaran efektif (segmentasi, targeting, positioning serta bauran pemasaran dan promosi), dan teknik menjual produk.

Perilaku Konsumen 3(1-2)

       Mempelajari pengertian, ruang lingkup perilaku konsumen, identifikasi pola perilaku konsumen, pemanfaatan informasi perilaku konsumen untuk pemasaran, promosi penjualan, perluasan jaringan pemasaran.

Manajemen Strategi 3(1-2)

       Mempelajari bagaimana memanfaatkan berbagai faktor yang mempengaruhi perusahaan baik faktor internal maupun faktor eksternal dalam menyusun strategi bisnis untuk meraih keunggulan bersaing.

Perencanaan Bisnis 3(1-2)

       Mempelajari cara-cara menyusun rencana pendirian dan pengembangan bisnis bidang agribisnis meliputi: (a) perencanaan/ desain produk (b) perencanaan/ desain proses produksi (c) perencanaan/ desain organisasi usaha (d) perencanaan sumberdaya manusia (e) perencanaan pemasaran dan (f) perencanaan pembiayaan.

Manajemen Usaha Mandiri 3(1-2)

       Mempelajari mengenai penyusunan fundamental usaha (visi, misi, kebijakan dan tujuan), pengelolaan sistim produksi dan operasi, pengelolaan pemasaran dan pengembangan jejaring, pengembangan organisasi dan pengelolaan SDM (partner kerja), pengelolaan sistim keuangan, identifikasi resiko dan cara pengelolaannya, pengelolaan sistim pemantauan dalam pengendalian dan evaluasi usaha, pengelolaan dana dari dan untuk pertumbuhan usaha.

Lembaga Keuangan Agribisnis 3(1-2)

       Mempelajari berbagai sumber pembiayaan keuangan agribisnis dan cara mengakses berbagai lembaga keuangan untuk mendapatkan pendanaan perusahaan dengan kredit.

Etika Profesi Bisnis 1(1-0)

       Mahasiswa mampu menjelaskan lingkup fungsi dan tugas, wewenang dan

Praktik Kerja Lapangan 6 (0-6)

       Tugas akhir berupa Praktik Kerja Lapangan yang bertujuan mengenal dan mempelajari operasional pengelolaan bisnis di lapangan (perusahaan dan koperasi), yaitu mahasiswa diharuskan melakukan Kajian Lingkungan Bisnis (KLB) yang mencakup lingkungan internal dan eksternal, baik bisnis yang sudah ada maupun bisnis baru. Dari hasil KLB mahasiswa harus melakukan Kajian Pengembangan Bisnis (KPB) yang didasarkan pada ide atau gagasan yang bersumber dari rumusan KLB.

Seminar 1 (0-1)

       Mahasiswa mempresentasikan hasil praktik kerja lapangan di depan kelas, mendapatkan umpan balik dari diskusinya, bertukar pengalaman praktek kerja.

Laporan Akhir 3 (0-3)

       Laporan akhir merupakan laporan yang ditulis berdasarkan hasil kajian Praktik Kerja Lapangan yang mencakup Kajian Lingkungan Bisnis (KLB) dan Kajian Pengembangan Bisnis (KPB) sebagai syarat kelulusan.