Manajemen Industri

VISI

Program keahlian terdepan dalam menghasilkan lulusan bidang perencanaan dan pengendalian produksi yang memenuhi kompetensi yang dibutuhkan oleh industry manufaktur dan jasa.

MISI

1. Menyelenggarakan Program Keahlian Manajemen Industri yang berkualitas dan profesional.

2. Menyediakan tenaga dosen dan tenaga pendukung dengan jumlah, kualifikasi dan pengalaman kerja yang memadai.

3. Membangun jejaring (networking) dengan industri atau dunia usaha untuk menangkap kebutuhan pasar tenaga kerja dan dalam rangka pengembangan akademik (fasilitas, kurikulum, dsb).

4. Dalam jangka panjang mengembangkan kurikulum pendidikan yang bersifat tailormade yang sesuai dengan cluster industri, dan antisipasi dalam pemanfaatan peluang-peluang usaha baru.

TUJUAN PENDIDIKAN

Menyiapkan tenaga ahli madya (supervisor) perencanaan dan pengendalian produksi pada berbagai jenis industri, yang berjiwa entrepreneur, dan mempunyai sikap dan perilaku (soft skill) yang diperlukan oleh industri manufaktur/ jasa.

LEARNING OUTCOMES

1. Mampu merancang, merencanakan dan mengendalikan lini proses produksi manufaktur/ pengolahan/ jasa.

2. Memahami prinsip-prinsip terkait dengan perancangan, perencanaan dan pengendalian produksi, serta integrasi dengan fungsi-fungsi manajemen.

3. Mampu menyusun rencana kerja pribadi dan kelompok, serta melakukan koordinasi antar unit kerja.

LAPANGAN PEKERJAAN

Sebagai Supervisor/ Penyelia/ Staff PPC/ PPIC pada industri manufaktur dan jasa seperti di Industri pengolahan pangan dan pakan, industri minuman, industri pengolahan hasil pertanian (agroindustri), industri tekstil, industri farmasi, industry automotif, perdagangan, perbankan, dan retail.

SILABI MATA KULIAH

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan/ Bela Negara 3(2-1)

       Mempelajari pengertian dan pentingnya bela negara berlandaskan pemahaman terhadap Pancasila, Pembukaan Undang-undang Dasar, Undang-undang Dasar 1945, Hak Asasi Manusia, Pancasila sebagai sistem etika, Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional, Otonomi Daerah dan Good Governance, guna membangun karakter mahasiswa yang memiliki kesadaran bela negara sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Bahasa Inggris 3(1-2)

        Mempelajari serangkaian skill untuk membaca dan memahami teks dalam bahasa Inggris dan meningkatkan penguasaan kosa kata pada level intermediate dengan topik bacaan yang sesuai dengan masing-masing program keahlian.

Pengantar Agroindustri 2(2-0)

        Mata kuliah ini dirancang dan disusun untuk mengantarkan mahasiswa ke pemahaman dunia agroindustri dalam arti luas dengan membahas berbagai topik yang berkaitan dengan agroindustri, antara lain pengertian pasca panen dan pengolahan hasil, pengertian nilai tambah produk pertanian, bentuk-bentuk olahan hasil pertanian, serta bentuk-bentuk proses pengolahan hasil pertanian.

Dasar Manajemen 3(2-1)

        Mempelajari pengetahuan dasar manajemen yang mencakup pengertian, unsur, fungsi, aliran dan tokoh manajemen serta proses manajemen melalui pendekatan fungsi, sistem, teknik dan perilaku manajemen. Hal lainnya menjelaskan faktor lingkungan yang mempengaruhi pelaksanaan manajemen.

Matematika Industri 3(1-2)

        Mempelajari: 1) konsep-konsep dasar matematika yang meliputi konsep logika matematika, kombinatorik (hukum penggandaan, penjumlahan, permutasi dan kombinasi), matriks, sistem persamaan linier, pertidaksamaan dan nilai mutlak, fungsi dan model serta limit dan kekontinuan; 2) Konsep dasar kalkulus meliputi fungsi turunan, integral fungsi, fungsi transeden, teknik pengintegralan, dan faktor persamaan diferensial.

Penerapan Komputer Industri 3(1-2)

        Mempelajari beberapa software komputer beserta fungsi dan aplikasinya yang diterapkan dalam industri manufaktur dan jasa.

Ekonomi Mikro 3(2-1)

        Mempelajari unsur pilihan konsumen dan produsen, hukum permintaan dan penawaran, pembentukan harga pasar, teori produksi dan biaya serta aplikasinya (maksimumisasi keuntungan), struktur pasar, pasar input dan pasar output.

Pendidikan Agama 2(2-0)

        Mempelajari tentang pemahaman, penghayatan dan pengamalan tentang konsep keimanan dan keagamaan yang mantap; agama dan keagamaan dalam disiplin ilmu; agama, bangsa dan Negara di dalam menunjang pembangunan nasional; sikap mental dan tercapainya tujuan hidup manusia.

Bahasa Indonesia 3(2-1)

        Mempelajari penguasaan dan penggunaan Bahasa Indonesia secara baik. Topik yang dibahas meliputi EYD, struktur kalimat, kalimat yang efektif dan logis, paragraf, jenis-jenis tulisan, karya ilmiah, dan penyajian lisan.

Pengantar Sistem Produksi 3(2-1)

        Mempelajari pemahaman mengenai berbagai teori, konsep, dan teknik pengelolaan produksi dan operasi menghasilkan barang maupun jasa yang berdaya saing, yang membahas berbagai aspek yang berakitan dengan produksi antara lain sumberdaya manusia, ketenagakerjaan, bahan baku, fasilitas, kapasitas, distribusi, manajemen, keuangan dan limbah industri.

Metoda Kuantitatif untuk Perencanaan 3(1-2)

        Mempelajari pemahaman tentang pengantar metode kuantitatif; linear programming (formulasi model, metode grafik dan matematik); pemecahan linear programming (metode simpleks); analisis sensitivitas linear programming; transportasi dan penugasan; aplikasi software linear programming.

Statistika Industri 3(1-2)

        Mempelajari pengantar teori statistika, teknik penarikan contoh dan pendugaan parameter, pengujian hipotesis, analisis regresi dan korelasi, serta statistika pengendalian kualitas (statistical quality control/SQC) termasuk acceptance sampling.

Manajemen Sumberdaya Manusia 3(1-2)

        Mempelajari pengertian dan ruang Iingkup manajemen sumber daya manusia dalam industri, analisis jabatan (job analysis), seleksi pegawai, pelatihan dan pengembangan, pengembangan karir, penilaian prestasi kerja, hak karyawan dan disiplin, dinamika hubungan perburuhan, kompensasi dan tunjangan kesejahteraan serta kepemimpinan.

Manajemen Pemasaran 3(1-2)

        Mempelajari pengertian, ruang lingkup, dan peranan pemasaran dalam kegiatan usaha; peluang pasar, strategi pemasaran efektif (segmentasi, targeting, positioning serta bauran pemasaran dan promosi), dan teknik menjual produk.

Pengenalan Sistem Kendali Otomatik 2(1-1)

        Mempelajari pengantar sistem kendali otomatik, fungsi dan aplikasinya; cara-cara pengendalian dan pengukuran sistem kendali otomatik; perbedaan cara mekanik, listrik dan elektronik (analog/ digital); pengertian dasar mikroprosesor serta penggunaan interfacing.

Pengelolaan Lingkungan Industri 3(2-1)

        Mempelajari mengenai permasalahan akibat adanya aktifitas manusia: pencemaran, perusakan, penurunan mutu dan sumber daya lingkungan; sumber pencemaran, kajian terhadap penyebab dan akibat perusakan dan pencemaran lingkungan; prinsip dasar pengelolaan limbah, sistem deteksi dini dan audit lingkungan, cleaner production, manajemen pengelolaan limbah; metodologi pengelolaan masalah limbah; dan studi kasus pengelolaan limbah.

Keterampilan Pribadi dan Etos Kerja 3(1-2)

        Mempelajari tentang pengelolaan waktu yang terdiri atas pemahaman arti waktu, hambatan yang dihadapi, menetapkan prioritas secara efektif menyusun rencana individu, menyesuaikan dengan kebutuhan organisasi, memperhatikan kesulitan dan menolong orang lain untuk mengelola waktu; berkomunikasi secara efektif dengan memahami kebutuhan orang lain, dan mencapai pemahaman bersama; membangun etos kerja pribadi, dengan membulatkan niat dan menetapkan spiritual goal, serta ketabahan dalam menjalankan proses untuk mencapai goal.

Manajemen Kualitas 3(1-2)

        Mempelajari tentang konsep kualitas, perkembangan manajemen kualitas dan sistem kualitas, penentuan kualitas berdasarkan pendapat konsumen, perangkat manajemen kualitas dan penerapannya, implementasi gugus kendali mutu, prinsip dan teknik statistik untuk pengendalian proses, prinsip dan teknik sampling, implementasi manajemen kualitas (TQM), metode analisa pengendalian mutu (seven tools), total quality circle.

Perancangan Tata Letak 3(1-2)

        Mempelajari faktor-faktor dan teknik dalam merancang dan mengevaluasi tata letak suatu pabrik meliputi penetapan lokasi industri, konsep perancangan tata letak, perencanaan aliran bahan, keterkaitan antar aktivitas, perencanaan kebutuhan luas ruang, perancangan stasiun kerja dan evaluasi tata letak.

Kewirausahaan 3(1-2)

        Mempelahari pengetahuan tentang kewirausahaan mulai dari pengertian wirausaha, karakter seorang wirausaha, serta wawasan tentang perilaku dan kemampuan seorang wirausaha, penyusunan rencana bisnis (bussines plan) dan contoh aplikasinya sesuai dengan kebutuhan muatan lokal setiap program keahlian.

Akuntansi Biaya 3(1-2)

        Mempelajari pemahaman, pengetahuan, dan praktik mengenai konsep, pemanfaatan dan perekayasaan informasi biaya untuk penentuan harga pokok produksi dengan berbagai metode dan pengendalian biaya. Pembahasan meliputi : konsep dan tujuan akuntansi biaya, akuntansi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik, penentuan harga pokok produksi perusahaan manufaktur berdasarkan pesanan dan proses, alokasi biaya bersama, pengendalian biaya, sistem biaya taksiran, biaya standar full costing and variable costing, dan analisis selisih.

Manajemen Keuangan 3(1-2)

        Mempelajari penggunaan, penyediaan dan pemanfaatan dana-dana perusahaan dan badan-badan lain. Pembahasan meliputi: pengertian dan prinsip dasar sistim dan lingkungan keuangan, resiko, pengembalian dan portfolio, teknik-teknik penilaian uang, sekuritas dan proyek, analisis dan perencanaan keuangan, manajemen modal kerja dan pendanaan

Bahasa Jepang 3(1-2)

        Mempelajari tentang pengenalan tata bahasa Jepang; Percakapan sederhana sehari-hari yang biasa digunakan; Istilah-istilah yang sering digunakan; Pengucapan dan lafal; Penulisan karakter Hiragana, dan Katakana.

Ketenagakerjaan dan K3 2(1-2)

        Mempelajari ketentuan umum tentang ketenagakerjaan; hubungan kerja; pengupahan; waktu kerja, waktu istirahat dan waktu kerja lembur; dasar-dasar kesehatan dan keselamatan kerja (K3); kesejahteraan pekerja, hubungan industrial, dan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Teknik Negosiasi dan Kepemimpinan 3(1-2)

Mempelajari proses negosiasi, strategi dan teknik negosiasi, gaya dalam negosiasi, prinsip-prinsip penting dalam negosiasi dan mengukur keberhasilan dalam bernegosiasi, konsep kepemimpinan, kepemimpinan efektif, pertumbuhan diri, gaya kepemimpinan, inti keterampilan kepemimpinan, penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan, dan memimpin perubahan.

Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan 3(1-2)

        Mempelajari mengenai berbagai teori, konsep dan praktek mengenai tahapan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan, kerangka dasar sistem pendukung keputusan, pengembangan sistem aplikasi, rancang bangun dan pengembangan model, dan teknik-teknik pengambilan keputusan secara sistematis dalam pemecahan masalah pada berbagai kondisi yang mengandung resiko tertentu.

Metoda dan Pengukuran Kerja 3(1-2)

        Mempelajari tentang ruang lingkup teknik tata cara kerja, telaah metoda kerja dan telaah gerak, mencakup peta-peta kerja setempat dan peta-peta kerja menyeluruh, mempelajari kemampuan dan keterbatasan faktor manusia terkait dengan lingkungan dalam sistem kerja dan fasilitas kerja untuk mencapai target produktivitas, mempelajari studi gerakan dan ekonomi gerakan, dan mempelajari teknik-teknik pengukuran kerja (fisiologis, jam henti, sampling, data based) dan penentuan waktu standar.

Penanganan Bahan (Material Handling) 3(1-2)

        Mempelajari penanganan bahan pada industri manufaktur/ jasa. Aspek yang dibahas meliputi: definisi kebutuhan, konsep, teknik, fungsi dan pendekatan kuantitatif penanganan bahan, alat dan mesin untuk pemindahan dan penanganan bahan, serta proses evaluasi, seleksi, implementasi dan pemeliharaan penanganan bahan.

Perencanaan Produksi 3(1-2)

        Mempelajari berbagai permasalahan perencanaan produksi yang meliputi teknikteknik peramalan permintaan, pemilihan rancangan produk dan proses, penetapan kapasitas operasi, perancangan jabatan produksi dan operasi, sistim penjadwalan, perencanaan agregat dan penjadwalan operasi.

Penulisan dan Presentasi Profesional 2(1-1)

        Memberikan kemampuan dan keterampilan kepada mahasiswa dalam memahami, merencanakan dan menuliskan laporan praktikum, tugas mata kuliah, dan rencana usulan kegiatan (proposal) praktik kerja lapangan serta laporan tugas akhir. Memberikan kemampuan untuk mempresentasikan hasil/ laporan praktikum dan praktik kerja lapangan dalam bentuk yang komunikatif (lisan dan tulisan) dan teknik penggunaan bantuan multimedia.

Manajemen Perawatan Fasilitas (Total Productive Maintenance) 3(1-2)

        Mempelajari mengenai tahapan perkembangan TPM, ruang lingkup TPM, dan delapan pilar utama TPM; kondisi dasar peralatan, mengelompokan kerugian manufaktur; mengukur efisiensi penggunaan peralatan; teknik perawatan terencana dan tak terencana; aktivitas perawatan mandiri (Autonomous Maintenance); pendidikan dan pelatihan TPM; analisis pengelompokkan failure data; budaya kerja 5S; sumber daya (asset) manajemen perawatan; mengembangkan aktivitas perawatan; implementasi TPM.

Manajemen Proyek 3(1-2)

        Mempelajari tentang filosofi dan konsep, siklus pengembangan sistim, perilaku organisasi proyek, peran, tanggungjawab dan kewenangan, sistim pengelolaan proyek (penjadwalan), estimasi biaya dan anggaran, serta pengendalian dan analisa kinerja proyek (evaluasi).

Kanban dan Sistem Produksi Ringkas 3(1-2)

        Membahas mengenai konsep dasar sistem produksi ringkas yang terdiri dari penerapan sistem aliran, sistem tarik dan sistem kanban. Menggambar value stream mapping, menggunakan alat analisis untuk pemborosan, mengurangi variasi dan waktu change over, pengendalian visual dan Toyota Production System.

Pengendalian Produksi 3(1-2)

        Mempelajari tentang model-model pengendalian persediaan (deterministik dan probabilistik), perencanaan kebutuhan bahan (material requirement planning (MRP) I dan MRP II), penjadwalan pengadaan barang yang optimum, pengurutan proses/ operasi dan personalia, pengendalian persediaan serta implementasi just in time (JIT).

Manajemen Logistik dan Rantai Pasok 3(1-2)

        Mempelajari mengenai logistik bisnis (rantai pasok) sebagai sesuatu yang vital, strategi dan perencanaan logistik dan rantai pasok, tujuan dari pelayanan pelanggan, sistem informasi pengolahan pesanan, strategi transportasi, strategi inventori, keputusan penjadwalan pasokan dan pengadaan, sistem penyimpanan dan penanganan bahan, proses perencanaan jaringan, organisasi logistik atau rantai pasok.

Perencananaan Sumber Daya Perusahaan (ERP) 3(1-2)

        Mempelajari seluruh sistem dalam proses bisnis dalam industri, manfaat implementasi, peranan sistem terintegrasi, modul-modul paket Enterprise Resource Planning (8 modul), implementasi ERP, dan evaluasi dan pemeliharaan sistem ERP.

Etika Profesi Perencana dan Pengendali Produksi 1(1-0)

        Mempelajari lingkup fungsi dan tugas, wewenang dan tanggung jawab, serta menerapkan sikap dan perilaku yang dibutuhkan, penyimapangan/ penyelewengan dan risiko-risiko pada profesi sebagai staf Perencana dan Pengendali Produksi (PPP)/ PPIC/ PPC di Industri Manufaktur, Pengolahan, maupun Jasa.

Praktik Kerja Lapangan 4 (0-4)

        Mahasiswa melakukan praktik kerja di perusahaan guna menerapkan perencanaan dan pengendalian produksi yang didapat selama kuliah. Selanjutnya mahasiswa menyusun dan membuat laporan yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dari kegiatan praktik tersebut.

Seminar 1 (0-1)

        Mahasiswa mempresentasikan hasil praktik kerja lapangan didepan kelas, mendapatkan umpan balik dari diskusinya, bertukar pengalaman praktek kerja.

Laporan Akhir 2 (0-2)

       Mahasiswa membuat naskah ilmiah yang berisi kajian mahasiswa yaitu penerapan teori yang diperoleh selama perkuliahan, dan dipertanggung-jawabkan pada ujian sidang.