Teknologi Produksi dan Pengembangan Masyarakat Pertanian

VISI

Program Keahlian Teknologi Produksi dan Pengembangan Masyarakat Pertanian sebagai pusat pelaksana pendidikan profesional dan pengembangan teknologi terapan dalam bidang tanaman pangan hortikultura dan perkebunan, produksi ternak dan perikanan yang mencakup teknik budidaya dan penyuluhan serta menghasilkan tenaga ahli madya yang berjiwa wirausaha untuk mendukung pengembangan ekonomi masyarakat.

MISI

1. Melaksanakan pendidikan profesional yang berkualitas di bidang teknik budidaya tanaman pangan hortikultura dan perkebunan, produksi ternak dan perikanan budidaya.

2. Menyediakan instruktur dan tenaga pendukung dengan jumlah, kualifikasi dan pengalaman kerja yang ideal.

3. Mengembangkan jejaring kerjasama dengan pihak pemerintah, lembaga atau perusahaan yang terkait dalam upaya peningkatan kompetensi lulusan

TUJUAN

Menghasilkan tenaga ahli madya yang menguasai teknik budidaya pertanian dan mampu menyebarkannya ke masyarakat sehingga dapat menjadi inovator dalam produksi pertanian serta berjiwa wirausaha

LEARNING OUTCOMES

1. Mampu menjadi teknisi pertanian madya atau tenaga penyuluh lapang dan pelopor di daerah masing-masing untuk mendiseminasi teknologi di bidang pertanian dan merencanakan kegiatan usaha dan proses produksi pertanian, perikanan dan peternakan yang berwawasan lingkungan secara terpadu, dan dapat memanfaatkan potensi lokal. Didukung dengan kemampuan di bidang manajemen, teknologi informasi, keahlian interpersonal dan komunikasi.

2. Menguasai konsep dasar, prinsip-prinsip, dan teori tentang teknologi budidaya tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan, peternakan dan perikanan serta mampu mengintegrasikan dan menerapkan sistem pertanian, peternakan dan perikanan secara terpadu untuk menyelesaikan masalah sederhana di bidang pertanian.

3. Mampu bekerja sama dan berkomunikasi secara efektif dalam sebuah kelompok kerja (team work) baik dalam posisinya sebagai anggota dan/ atau sebagai pimpinan kelompok kerja, untuk menyelesaikan pekerjaan bidang pertanian, peternakan dan perikanan termasuk mendokumentasikan hasil pekerjaan dalam bentuk laporan tertulis.

4. Mampu melakukan evaluasi dan supervisi terhadap pencapaian hasil pekerjaan bidang pertanian, peternakan dan perikanan yang menjadi tanggung jawabnya baik sebagai anggota dan/ atau pimpinan dalam kelompok kerja.

LAPANGAN PEKERJAAN

1. Pegawai pemerintahan pada lembaga-lembaga penyuluhan

2. Teknisi atau asisten peneliti pada lembaga-lembaga penelitian dan pengembangan pertanian

3. Wirausahawan

SILABI MATA KULIAH

Pendidikan Agama 2(2-0)

      Mempelajari pemahaman, penghayatan dan pengamalan tentang konsep keimanan dan keagaman yang mantap; agama dan keagamaan dalam disiplin ilmu; agama, bangsa dan negara dalam menunjang pembangunan nasional; sikap mental dan tercapainya tujuan hidup manusia.

Matematika 3(2-1)

      Mempelajari gugus (pengertian, penyajian, hubungan, pengolahan, bilangan kardinal gugus majemuk), gugus ganda, hubungan dan fungsi, pernyataan (pengertian, perangkai dasar, pernyataan majemuk dan nilai kebenaran, kesahihan argumen, pernyataan umum dan khusus, matriks (bentuk umum, pengolahan, macam matriks, determinan, matriks kebalikan), gugus persamaan linier dan vektor jawab.

Aplikasi Komputer 3(1-2)

      Mempelajari jenis-jenis perangkat lunak yaitu perangkat lunak sistem (sistem operasi dan utilitas) dan aplikasinya, pengenalan komponen-komponen komputer meliputi peralatan pemroses, input, output, dan penyimpanan, dasar-dasar jaringan komputer, keamanan komputer dan internet, penggunaan perangkat lunak sistem dan aplikasi untuk penyelesaian masalah serta materi muatan lokal sesuai kebutuhan setiap program keahlian.

Agroklimatologi 3(1-2)

      Mempelajari tentang proses terbentuknya iklim, penentu iklim serta faktor-faktor pengendalinya, unsur-unsur iklim: penentu, sebaran dan kedudukannya sebagai pengendali, respon tanaman terhadap unsur cuaca (radiasi surya, suhu, kelembaban, angin, dan neraca air), pengaruh cuaca dan iklim terhadap pertumbuhan, perkembangan, dan produksi tanaman.

Pertanian Terpadu 3(1-2)

      Membahas pertanian secara umum, perbedaan pengetahuan dan ilmu pengetahuan, hubungan manusia dengan lingkungan, hubungan manusia dengan pertanian, sistem pertanian, fotosintesis dan respirasi dalam hubungannya dengan kehidupan, bahan pangan, masalah gizi, faktor keseimbangan, faktor pembatas, siklus hara, mekanisme komeostatis dalam kaitan efisiensi dan piramida ekologi.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan/ Bela Negara 3(2-1)

       Mempelajari pengertian dan pentingnya bela negara berlandaskan pemahaman terhadap Pancasila, Pembukaan Undang-undang Dasar, Undang-undang Dasar 1945, Hak Asasi Manusia, Pancasila sebagai sistem etika, Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional, Otonomi Daerah dan Good Governance, guna membangun karakter mahasiswa yang memiliki kesadaran bela negara sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Pengantar Teknologi Benih 3(1-2)

      Membahas tentang Pentingnya benih bermutu dalam budidaya tanaman, benih sebagai materi perbanyakan tanaman yang komersial, pembentukan dan perkembangan benih, pengertian viabilitas dan pengujiannya; proses pengadaan benih bermutu (produksi, pengolahan, penyimpanan, distribusi, dan pemasaran), identifikasi benih dan tanaman untuk menunjang sertifikasi benih.

Bahasa Indonesia 3(2-1)

      Mempelajari penguasaan dan penggunaan Bahasa Indonesia secara baik. Topik yang dibahas meliputi EYD, struktur kalimat, kalimat yang efektif dan logis, paragraf, jenis-jenis tulisan, karya ilmiah, dan penyajian lisan.

Tanah dan Pemupukan 3(1-2)

      Memberikan pemahaman mengenai konsep tanah dalam sistem lingkungan, peran badan tanah menyangga kehidupan, komponen penyusun tanah, proses-proses dalam tanah, permasalahan tanah dan hubungannya dengan kehidupan.

Budidaya Unggas 3(1-2)

      Membahas tentang manajemen dan teknologi produksi unggas lokal (ayam dan itik) yang meliputi pemeliharaan periode indukan (starter), pertumbuhan (grower) dan produksi (layer).

Formulasi dan Pemberian Pakan (Ikan dan Ternak) 3(1-2)

      Memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai formulasi dan pemberian pakan bagi ikan dan ternak yang meliputi: Mempelajari teknik pembuatan formulasi pakan unggas dan ruminansia sesuai kebutuhan zat-zat makanan menurut periode pertumbuhan dan produksi serta program pemberian pakan., Mempelajari dan menerapkan ilmu nutrisi induk dan benih ikan yang mencakup kebutuhan nutrisi, fungsi dan metablismenya serta pembuatan pakan ikan.

Budidaya Tanaman Hortikultura 3(1-2)

      Membahas tentang faktor-faktor lingkungan tumbuh tanaman hortikultura seperti sayuran, buah dan tanaman hias, serta media tanamanya. Pengolahan lahan, pemeliharaannya, aplikasi zat pengatur tumbuh hingga pemanenan. Adaptasi tanaman dan lingkungan serta pola tanam tanaman sayuran, buah dan tanaman hias.

Budidaya Tanaman Perkebunan 3(1-2)

      Mempelajari pemahaman praktis dan keterampilan mengenai aspek-aspek budidaya tanaman perkebunan meliputi persyaratan tumbuh, pembibitan, penanaman, pemeliharan dan pemungutan hasildari berbagai jenis tanaman perkebunan seperti kopi, karet, kelapa, kelapa sawit, kakao, dan teh.

Pengelolaan Kualitas Air 3(1-2)

      Mempelajari penilaian tingkat pencemaran air dan tanah, metode pengukuran, teknik-teknik pengendalian dan pengolahan air dan tanah.

Metode Statistika 3(2-1)

      Mempelajari tentang pengertian statistika, deskripsi dan eksplorasi data, konsep peluang, konsep peubah acak dan sebaran peluang, teori penarikan contoh, pendugaan parameter, pengujian hipotesis, analisis regresi dan korelasi, analisis ragam, dan analisis non parametrik.

Hama dan Penyakit Tanaman 3(1-2)

      Memberikan pengetahuan dasar mengenai proteksi tanaman dari serangan hama tanaman dengan pokok bahasan arti hama tanaman, biomorfologi hama tanaman, lingkungan hama tanaman, prinsip-prinsip pengendalian hama tanaman, serta konsep pengendalian hama terpadu.

Infrastruktur Perikanan 3(1-2)

      Mempelajari tentang rekayasa (enjinering) wadah dan fasilitas pendukung atau pelengkap dalam akuakultur (baik pembenihan maupun pembesaran).

Budidaya Ruminansia 3(1-2)

      Membahas tentang karakteristik bangsa ruminansia seperti kelinci, domba, kambing, sapi potong, sapi perah dan kerbau, sistem produksi, bangunan dan perkandangan, breeding, sistem pemberian pakan dan tatalaksana kesehatan ternak. Memberikan pengetahuan kepada mahasiswa untuk dapat melakukan budidaya ruminansia meliputi persyaratan mendirikan usaha dan persyaratan menjadi peternak.

Budidaya Ikan Laut (Marine Culture) 3(1-2)

      Pengelolaan budidaya air laut, khususnya pembesaran (grow out) biota perikanan budidaya (akuakultur), pemilihan lokasi, desain, detail dan konstruksi fasilitas pengadaan sarana dan prasarana, proses produksi, pencegahan dan pemberantasan hama dan penyakit monitoring penanganan dan pemasaran hasil.

Budidaya Tanaman Pangan 3(1-2)

      Membahas tentang pengertian dan pengelompokkan tanaman pangan, pertumbuhan dan perkembangan beberapa jenis tanaman pangan, Faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman pangan, dan teknologi budidaya tanaman pangan.

Kesehatan Ternak 3(1-2)

      Mempelajari pengetahuan paraktis tentang pencegahan penyakit dan pengendalian kesehatan ternak untuk mendapatkan produksi yang optimal.

Dasar Produksi Ternak 3(1-2)

      Mempelajari asal-usul, bangsa-bangsa dan perkembangan ternak saat ini, dipelajari pula biologi fungsional dari ternak baik unggas dan ruminansia.

Akuakultur Umum 3(1-2)

      Mempelajari definisi, tujuan, ruang lingkup dan sejarah perikanan budidaya, prinsipprinsip yang mendasari produksi akuakultur dan komponen akuakultur yang meliputi benih, kualitas air, pakan, penyakit-parasit ikan dan keterkaitan antar komponen, Sistem dan teknologi produksi baik pembenihan maupun pembesaran, penegenalan komoditas perikanan budidaya, dan prospek perikanan budidaya.

Konservasi Tanah dan Air 3(1-2)

      Membahas tentang hubungan air tanah dan tanaman, respon tanaman terhadap air, kebutuhan air tanaman, sistem irigasi dan drainase, analisis kesesuaian lahan, perbaikan lahan dan pengelolaan lahan.

Budidaya Sagu 3(1-2)

      Mata kuliah ini membahas tentang pentingnya tanaman sagu, pertumbuhan dan perkembangan tanaman sagu, faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman dan teknologi budidaya tanaman sagu. Memberikan pengetahuan kepada mahasiswa untuk dapat mendirikan usaha dan persyaratan pendirian usaha perkebunan sagu.

Pasca Panen Hasil Pertanian 3(1-2)

      Mempelajari bagaimana proses penanganan hasil tanaman pertanian yang meliputi tanaman hortikultura, perkebunan dan pangan. Adapun hal-hal yang dibahas dalam mata kuliah ini berkaitan dengan usaha mengoptimalkan mutu, kualitas dan nilai ekonomis suatu produk pertanian, terutama sagu dan rumput laut.

Dasar- dasar Penyuluhan 3(2-1)

      Membahas tentang pengertian, sejarah dan falsafah penyuluhan, peranan penyuluh dalam pembangunan pertanian, metode penyuluhan serta komunikasi dalam proses penyebaran informasi, adopsi teknologi, perubahan paradigma baru penyuluhan pertanian dan strategi pembangunan agribisnis.

Budidaya Ikan Air Tawar 3(1-2)

      Mempelajari teknis budidaya ikan air tawar, khususnya pembesaran biota perikanan budidaya, mulai dari pemilihan lokasi desain konstruksi fasilitas, pengadaan sarana dan prasarana, obat-obatan dan proses produksi (mencakup persiapan wadah, penebaran bibit, pemberian pakan, pencegahan dan pemberantasan hama dan penyakit, monitoring dan pemanenan)

Bahasa Inggris 3(1-2)

      Mempelajari serangkaian skill untuk membaca dan memahami teks dalam bahasa Inggris dan meningkatkan penguasaan kosa kata pada level intermediate dengan topik bacaan yang sesuai dengan masing-masing program keahlian.

Pengembangan Kemitraan 3(1-2)

      Mempelajari penerapan prinsip ekonomi, identifikasi dan pemecahan masalah dalam kemitraan, kemitraan agribisnis yang aktual.

Teknik Penulisan Ilmiah 2(0-2)

      Mempelajari menyusun proposal, kuesioner, mengumpulkan data primer dan sekunder dan melakukan observasi lapang agar dapat membuat laporan sesuai format yang ditentukan.

Pengelolaan Limbah Terpadu 3(1-2)

      Membahas tentang jenis limbah dan hasil ikutan ternak, ikan maupun tanaman pemanfaatannya, serta teknik pengolahannya agar dapat digunakan untuk manusia dalam rangka efisiensi produksi, pemeliharaan lingkungan, pelestarian alam dan pengembangan penggunaan sumber-sumber energi hasil limbah peternakan, perikanan dan pertanian yang terpadu.

Pasca Panen Terpadu Hasil Perikanan dan Peternakan 3(1-2)

      Membahas tentang penanganan dan pengolahan hasil ternak dan ikan meliputi, dasar-dasar penanganan benih ikan, hasil produksi budidaya perikanan, faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas produk serta penanganannya. Sedangkan hasil ternak membahas tentang struktur daging dan telur, sifat fisik dan kandungan gizi hasil ternak (daging, susu dan telur). Selain itu akan dibahas pula cara penilaian kualitas, penanganan dan pengolahan hasil ternak serta faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas hasil ternak dan produk olahannya.

Kewirausahaan dan Manajemen Agribisnis 3(2-1)

      Memberikan pemahaman konsep dan ruang lingkup agribisnis, dan mempelahari pengetahuan tentang kewirausahaan mulai dari pengertian wirausaha, karakter seorang wirausaha, serta wawasan tentang perilaku dan kemampuan seorang wirausaha, penyusunan rencana bisnis (bussines plan) dan contoh aplikasinya sesuai dengan kebutuhan muatan lokal setiap program keahlian

Pengembangan Masyarakat Pedesaan 3(1-2)

      Mempelajari pengertian ruang lingkup dan partisipasi masyarakat; partisipasi dalam proses pengambilan keputusan – perencanaan, pelaksanaan, pemanfaatan hasil dan monitoring evaluasi, faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat dalam pembangunan.

Peraturan Perundang-undangan Pertanian 2(2-0)

      Mempelajari pasar, negara dan kebijakan; kerangka analisis kebijakan pertanian dan ketahanan pangan serta undang-undang agraria.

Etika Profesi Pertanian 1(1-0)

      Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mempunyai wawasan tentang etika dan etika berprofesi, dapat menerapkan tata cara kehidupan bermasyarakat sesuai norma, moral dan hukum

Seminar 1 (0-1)

      Mahasiswa mempresentasikan hasil praktik kerja lapangan didepan kelas, mendapatkan umpan balik dari diskusinya, bertukar pengalaman praktek kerja.

Praktik Kerja Lapangan 4 (0-4)

      Praktik ini bertujuan agar mahasiswa mengenal dan memperoleh pengalaman lapang mengenai seluruh aspek teknis produksi, pengolahan, pascapanen serta aspek penyuluhan dan pengembangan masyarakat sesuai dengan bidang minat yang didalami mahasiswa.

Laporan Akhir 2 (0-2)

            Laporan akhir merupakan proses penyusunan laporan hasil Praktik Kerja Lapangan meliputi hasil kegiatan, permasalahan dalam pelaksanaan kegiatan dan solusi terhadap permasalahan, serta evaluasi hasil kegiatan lapangan, untuk aspek teknis produksi dan manajemen.