Paramedik Veteriner

VISI

Menjadi Program Keahlian Paramedik Veteriner unggulan dari lulusan yang berkompetensi di bidang paramedik veteriner yang handal dalam penanganan kesehatan dan kesejahteraan hewan serta kesehatan masyarkat veteriner yang profesional, jujur, ikhlas, berjiwa kewirausahaan, dan berdayajuang tinggi.

MISI 

1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi dan pembinaan kemahasiswaan secara komprehensif dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa.

2. Mengembangkan ketrampilan peserta didik dalam teknologi sesuai kebutuhan masyarakat agraris pada masa sekarang dan masa yang akan datang yang semakin kompetitif.

3. Membangun sistim dan mengembangkan minat keahlian bagi peserta didik secara proporsional, efektif dan efisien.

4. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dengan cara menerapkan IPTEKS di bidang kesehatan dan kesejahteraan hewan serta kesehatan masyarakat veteriner.

TUJUAN

Menghasilkan tenaga ahli madya yang terampil, kompeten dalam membantu pelaksanaan tugas dan wewenang dokter hewan, dan berjiwa wiraswasta yang tangguh, mandiri serta mampu bekerja secara profesional di bidang kesehatan hewan.

LEARNING OUTCOMES

1. Mampu bekerja sebagai teknisi laboratorium zooteknik (anatomi, atau histology, atau fisiologi, atau biokimia, atau embriologi, atau medic reproduksi, atau patologi klinik, atau patologi sistemik, atau mikrobiologi, atau parasitologi, atau imunologi, atau farmakologi, atau toksikologi, atau bedah, atau penyakit dalam, atau kesmavet) dengan menggunakan kaidah-kaidah kedokteran hewan dan prosedur sesuai ketentuan untuk membantu pelayanan Medik Veteriner sesuai dengan peminatannya/ penekunannya.

2. Mampu melakukan pemeliharaan hewan produksi, hewan kesayangan dan companion animal, satwa liar/ konservasi, satwa aquatic, atau hewan laboratorium dengan menggunakan azas kesejahteraan hewan untuk menjamin keadaan hewan yang sehat, aman, produktif dan berkualitas.

3. Mampu membantu pelaksanaan tugas dan wewenang dokter hewan dalam penanganan kesehatan hewan dengan menggunakan keterampilannya di bawah pengawasan dokter hewan.

4. Menguasai konsep ilmu-ilmu yang mendasar sebagai basis praktik ilmu kedokteran hewan yang meliputi biologi, ilmu tilik hewan, perilaku hewan dan teknik pengendalian/ restraint, identifikasi agen penyebab penyakit, mengoperasikan peralatan penunjang diagnostic, identifikasi hewan sakit, dan membantu tindakan pengobatan penyakit hewan, membantu tindakan bedah dalam tindakan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitative berkaitan dengan hewan sehat dan sakit berbasis kesejahteraan hewan, serta mampu menerapkannya secara legeartis.

5. Mampu melakukan pencatatan dan pelaporan medis secara runtut dan benar, mampu melaksanakan pekerjaan mandiri maupun kelompok, dengan menunjukkan sikap professional paramedic, kepatuhan serta memiliki jiwa kepemimpinan yang bertanggungjawab, idealisme serta memiliki jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan.

LAPANGAN PEKERJAAN

Paramedik veteriner dapat bekerja di:

1.   Praktek dokter hewan mandiri.

2.   Rumah sakit hewan.

3.   Balai karantina hewan.

4.   Pos kesehatan hewan dan inseminasi buatan.

5.   Lembaga pendidikan dan ilmu pengetahuan/ riset.

6.   Penangkaran satwa dan kebun binatang.

7.   Koperasi dan perusahaan yang menangani peternakan.

8.   Laboratorium diagnostik dan hewan coba (eksperimen).

9.   Pemerintahan dan dinas kesehatan hewan.

10. Industri pengolahan bahan asal hewan.

11. Wirausaha.

SILABI MATA KULIAH

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3(2-1)

       Mempelajari pengertian dan pentingnya bela negara berlandaskan pemahaman terhadap Pancasila, Pembukaan Undang-undang Dasar, Undang-undang Dasar 1945, Hak Asasi Manusia, Pancasila sebagai sistem etika, Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional, Otonomi Daerah dan Good Governance, guna membangun karakter mahasiswa yang memiliki kesadaran bela negara sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Anatomi 3(1-2)

        Mempelajari dasar-dasar ilmu anatomi yang mencakup jaringan, tulang, otot, organ, pembuluh darah, dan saraf pada hewan domestik.

Biologi dan teknik sterilisasi 3(1-2)

        Mempelajari pengetahuan praktis tentang klasifikasi dan filogeni hewan, mempelajari anatomi dan fisiologi hewan khususnya vertebrata serta mengaitkan peranan biologi dalam kesehatan hewan dan manusia dan pengetahuan praktis tentang pengenalan alat dan bahan veteriner serta teknik sterilisasinya untuk membantu persiapan penangan penyakit hewan.

Fisiologi 2(1-1)

        Mempelajari proses dan fungsi tubuh hewan secara integrative dan menyeluruh menggunakan konsep dan prinsip-prinsip biologi dan fisiologi.

Teknik Pengendalian Hewan 2(1-1)

        Mempelajari teknik handling dan restraint yang baik dan benar pada program keahlian Paramedik Veteriner.

Ilmu Tilik Hewan dan Tingkah Laku 2(1-1)

        Mempelajari tingkah laku dan ilmu tilik hewan ciri ciri spesies/ ras hewan, karakternya dengan baik dan benar pada program keahlian Paramedik Veteriner.

Kesejahteraan Hewan 2(2-0)

        Mempelajari konsep kesejahteraan hewan, termasuk prinsip 5 kebebasan serta mengkomunikasikannya kepada berbagai pemangku kepentingan.

Bahasa Indonesia 3(2-1)

        Mempelajari penguasaan dan penggunaan Bahasa Indonesia secara baik. Topik yang dibahas meliputi EYD, struktur kalimat, kalimat yang efektif dan logis, paragraf, jenis-jenis tulisan, karya ilmiah, dan penyajian lisan.

Pendidikan Agama 2(2-0)

        Mempelajari pemahaman, penghayatan dan pengamalan tentang konsep keimanan dan keagamaan yang mantap, agama dan keagamaan dalam disiplin ilmu, agama, bangsa dan Negara di dalam menunjang pembangunan nasional, sikap mental dan tercapainya tujuan hidup manusia.

Biokimia Dasar 3(1-2)

        Mempelajari pokok-pokok bahasan tentang arti penting dan peran biokimia pada bidang kesehatan hewan; struktur, fungsi dan metabolisme dari karbohidrat, lipid, asam nukleat (RNA u0026amp; DNA), asam amino dan protein, vitamin, mineral dan hormon. Praktikum Biokimia Dasar berisi mata tentang analisis kolesterol, identifikasi karbohidrat, isolasi DNA u0026amp; protein), serta elektroforesis DNA u0026amp; protein.

Sanitasi dan Pengolahan Limbah 3(1-2)

        Mempelajari prinsip-prinsip biosekuritas, bahan-bahan sanitasi yang aman bagi lingkungan, kesehatan kandang, alat u0026amp; lingkungan, dan teori pengelolaan limbah yang berasal dari hewan maupun ternak.

Sistem Pencatatan Administrasi Veteriner 3(1-2)

        Mempelajari dan mempraktekkan pengetahuan praktis tentang pentingnya sistem pencatatan medik dan administrasi veteriner. Mengenal borang medik yang biasa dipergunakan dan cara pengisiannya baik secara manual naupun komputerisasi.

Teknik Pemeriksaan Klinis 3(1-2)

        Mempelajari cara anamnesa, pemeriksaan fisik, pencatatan data medis, data fisiologis, pada hewan dan melakukan anamnesa, pemeriksaan fisik pada hewan, pencatatan dan pelaporan.

Pengantar Ekonomi dan Kewirausahaan 2(1-1)

        Mempelajari dasar dasar ilmu ekonomi dan kewirausahaan dengan cara berfikir inisiatif, kreatif, produktif dan inovatif.

Bahasa Inggris 3(1-2)

        Mempelajari serangkaian skill untuk membaca dan memahami teks dalam bahasa Inggris dan meningkatkan penguasaan kosa kata pada level intermediate dengan topik bacaan yang sesuai dengan masing-masing program keahlian.

Mikro Anatomi (Histologi) 3(1-2)

        Mempelajari tentang cara mengkoleksi sampel histologi yang benar, memahami macam-macam bahan fiksasi, teknik fiksasi yang baik, proses pembuatan dan pemotongan jaringan, proses pewarnaan jaringan, melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap hasil pewarnaan, mengenal alat bantu pemeriksaan preparat histologi (mikroskop), memahami cara menyimpan dan merawat preparat histologi.

Higiene dan Keamanan Produk Hewan 3(1-2)

        Mempelajari pemeriksaan ante dan post mortem, pengetahuan praktis tentang higiene dan keamanan produk hewan serta kemungkinan kontaminasinya, tata laksana RPH dan melakukan (P2) pemeriksaan ante,post mortem dan produk hewan.

Patologi Klinik 3(1-2)

        Mempelajari teknik pengambilan , penanganan dan pemeriksaan sampel ( darah, urin, feces, dan cairan tubuh lainnya) dan pelaporan hasilnya.

Farmakologi 3(1-2)

        Mempelajari dasar-dasar pengetahuan obat hewan, mekanisme kerja obat, cara pemberian dan pengaruhnya terhadap kesehatan hewan.

Mikrobiologi 3(1-2)

        Mempelajari pengetahuan praktis tentang agen infeksius penyebab penyakit hewan, proses pertahanan tubuh dalam menghadapi serangan agen infeksius dan teknik pengambilan sampel.

Epidemiologi dan Ekonomi Veteriner 2 (1-1)

        Mempelajari dasar-dasar epidemiologi dan akibat kejadian penyakit, teknik survey dan melakukan pengambilan data epidemiologi serta pelaporan kejadian penyakit.

Teknik Instrumentasi Diagnostika Veteriner 3(1-2)

        Mempelajari dan mempraktekkan pengetahuan praktis tentang pengenalan peralatan penunjang diagnosa dan operasi, mengetahui fungsi dan cara penggunaannya.

Reproduksi Hewan 3(1-2)

        Mempelajari dan mempraktekkan pengetahuan praktis tentang anatomi-fisiologi sistem reproduksi hewan jantan dan betina, pengaturan hormonal dalam siklus reproduksi: pubertas, gametogenesis, siklus ovari, fertilisasi, kebuntingan dan melahirkan serta perilaku reproduksi.

Penyuluhan Kesehatan Hewan 2(2-0)

        Mempelajari dasar dasar penyuluhan, teknik komunikasi, sosiologi dan perilaku masyarakat serta melakukan (P3) praktek penyampaian pesan kepada masyarakat dan sosialisasi/promosi kesehatan hewan

Parasitologi 3(1-2)

        Mempelajari jenis parasit (endoparasit dan ekstoparasit) dan menerapkan teknik pengambilan, pengiriman, pemeriksaan sampel, penyiapan media, isolasi , identifikasi parasit dan pengamanannya serta pelaporan hasilnya.

Teknik Persiapan dan Perawatan Pasca Operasi 3(1-2)

        Mempelajari tata cara dan melakukan persiapan bedah/operasi dan perawatan pasca bedah/operasi

Teknik Dasar Nekropsi Hewan 3(1-2)

        Mempelajari tata cara dan melakukan nekropsi, pengambilan, penanganan sampel organ dan pengamanannya.

Ilmu Pakan dan Nutrisi 3(1-2)

        Mempelajari macam-macam pakan dan nutrisi hewan serta menyusun Formula ransum untuk kesehatan, gangguan medik pada hewan carnivora, herbivora dan omnivore serta penyajiannya

Kesehatan Hewan Laboratorium dan Satwa Aquatik 4(2-2)

        Mempelajari penyakit strategis dan melakukan identifikasi, persiapan penanganan dan manajemen penyakit pada hewan laboratorium dan satwa aquatik.

Teknik Pengobatan dan Fisioterapi 3(1-2)

        Mempelajari dan mempraktekkan berbagai teknik pemberian obat dan tatacara pengobatan, serta berbagai teknik fisioterapi dalam membantu kesehatan hewan.

Kesehatan Hewan Kesayangan, Hewan Teresterial dan Kebun Binatang (Satwa liar) 4(2-2)

        Mempelajari pengetahuan praktis tentang manajemen kesehatan, identifikasi penanganan gangguan kesehatan pada hewan kesayangan (anjing, kucing, kelinci dan kuda), Hewan Teresterial dan Kebun Binatang (Satwa liar).

Kebidanan dan Gangguan Reproduksi Hewan 3(1-2)

        Mempelajari dan mempraktekkan pengetahuan praktis tentang tahapan fisiologis dan patologi kebuntingan, mempersiapkan penanganan kelahiran dan penanganan perinatal, serta pengenalan dan persiapan penanganan kemajiran pada hewan jantan dan betina.

Etika Profesi, Penghayatan Profesi dan legislasi Veteriner 3(3-0)

        Mempelajari sejarah singkat; perkembangan dan ruang lingkup tugas profesi paramedic veteriner; serta peranannya dalam masyarakat dan Mempelajari perilaku, tindakan, dan kebijakan yang etikal dan legal dalam penyelenggaraan kesehatan hewan menurut norma dan peraturan perundangan yang berlaku.

Zoonosis 1(1-0)

        Mempelajari etiologi, diagnosis, penularan, dan pencegahan, pengendalian, atau pemberantasan zoonosis.

Teknik Karantina Hewan 3(1-2)

        Mempelajari tata cara dan melakukan isolasi hewan sakit (terrestrial dan aquatic), pemusnahan hewan mati atau produk hewan secara baik dan benar.

Kesehatan Hewan Ternak/Pangan 4(2-2)

        Mempelajari jenis-jenis ternak ruminansia, unggas dan fungsinya, melakukan persiapan penanganan penyakit dan manajemen kesehatan pada ternak ruminansia dan unggas

Praktik Kerja lapangan I 3 (0-3)

        Praktik pelayanan kesehatan pada salah satu pilihan hewan (kuda, babi atau satwaliar) dengan titik berat pada aspek pengenalan dan ketrampilan dalam penanganan penyakit. Praktik dilakukan selama 4 minggu pada akhir semester 4.

Praktik Kerja Lapangan II 5 (0-5)

        Praktik wajib pelayanan kesehatan pada ternak ruminansia, hewan kesayangan dan unggas dengan titik berat pada aspek pengenalan dan keterampilan dalam penanganan penyakit masing-masing hewan selama 4 minggu. Mahasiswa melaporkan topik khusus dari hasil praktik kerja lapangan I dan II, diseminarkan dan sebagai syarat untuk pelaksanaan ujian akhir.

Seminar 1 (0-1)

        Mahasiswa mempresentasikan hasil praktek kerja lapangan di depan kelas, mendapatkan umpan balik dari diskusinya, untuk penyusunan laporan praktek kerja lapangan dan bertukar pengalaman praktek kerja.

Laporan Akhir 3 (0-3)

Melaporkan topik khusus dari hasil praktik kerja lapangan I dan II, diseminarkan dan sebagai syarat untuk pelaksanaan ujian akhir.