Teknologi dan Manajemen Ternak

VISI

Menjadi pelaksana pendidikan vokasi yang terdepan dalam bidang peternakan untuk pengembangan sumberdaya manusia yang tangguh.

MISI

1.   Menerapkan penyelenggaraan Program Keahlian Teknologi dan Manajemen Ternak yang berkualitas dan profesional.

2.   Menyediakan tenaga ahli madya yang memiliki kompetensi khusus bidang peternakan dalam jumlah dan kualifikasi yang memadai.

3.   Mengembangkan jejaring kerjasama dengan lembaga atau perusahaan yang terkait dalam upaya peningkatan kompetensi lulusan.

4.   Dalam jangka panjang mengembangkan kurikulum pendidikan yang bersifat tailor made yang sesuai dengan kluster industri, dan antisipasi dalam pemanfaatan peluang-peluang usaha baru.

TUJUAN

Menghasilkan tenaga ahli madya yang terampil dan mempunyai pengetahuan, kemampuan dan keterampilan yang memadai untuk menangani kegiatan-kegiatan di bidang peternakan, berjiwa wirausaha tangguh dan mandiri yang mampu berusaha dalam bidang peternakan.

LEARNING OUTCOMES

1.   Menjadi teknisi dan wirausahawan peternakan yang mampu melakukan pekerjaan di bidang peternakan pada perusahaan peternakan unggas/ruminansia yang berskala kecil ataupun besar.

2.   Menguasai konsep teoritis budidaya ternak dan usaha ternak serta pemasaran hasil ternak secara umum dan konsep-konsep lain relevan untuk menyelesaikan masalah dan/ atau pekerjaan dibidang peternakan pada perusahaan peternakan berskala besar/ kecil.

3.   Mampu melakukan evaluasi dan supervisi terhadap pencapaian hasil pekerjaan di bidang peternakan yang menjadi tanggung jawabnya.

4.   Mampu bertanggung jawab terhadap pencapaian hasil pekerjaan di bidang peternakan

      yang menjadi tanggung jawabnya dengan baik sebagai anggota dan/ atau pimpinan dalam kelompok kerja.

5.   Mampu membuat laporan hasil kerja di bidang peternakan yang menjadi tanggung jawabnya.

LAPANGAN PEKERJAAN

1.   Industri peternakan.

2.   Industri pengolahan hasil ternak.

3.   Koperasi.

4.   Instansi pemerintah.

5.   Pusat penangkaran hewan.

6.   Kebun binatang.

7.   Karantina hewan.

8.   Pusat pembibitan ternak.

SILABI MATA KULIAH

Pengantar Agroindustri 2(2-0)

        Mata kuliah ini dirancang dan disusun untuk mengantarkan mahasiswa ke pemahaman dunia agroindustri dalam arti luas dengan membahas berbagai topik yang berkaitan dengan agroindustri, antara lain pengertian pasca panen dan pengolahan hasil, pengertian nilai tambah produk pertanian, bentuk-bentuk olahan hasil pertanian, serta bentuk-bentuk proses pengolahan hasil pertanian.

Bahasa Indonesia 3(2-1)

       Mempelajari penguasaan dan penggunaan Bahasa Indonesia secara baik. Topik yang dibahas meliputi EYD, struktur kalimat, kalimat yang efektif dan logis, paragraf, jenis-jenis tulisan, karya ilmiah, dan penyajian lisan.

Bahasa Inggris 3(1-2)

       Mempelajari serangkaian skill untuk membaca dan memahami teks dalam bahasa Inggris dan meningkatkan penguasaan kosa kata pada level intermediate dengan topik bacaan yang sesuai dengan masing-masing program keahlian.

Aplikasi Komputer 3(1-2)

       Mempelajari jenis-jenis perangkat lunak yaitu perangkat lunak sistem (sistem operasi dan utilitas) dan aplikasinya, pengenalan komponen-komponen komputer meliputi peralatan pemroses, input, output, dan penyimpanan, dasar-dasar jaringan komputer, keamanan komputer dan internet, penggunaan perangkat lunak sistem dan aplikasi untuk penyelesaian masalah serta materi muatan lokal sesuai kebutuhan setiap program keahlian.

Nutrisi Ternak 2(2-0)

       Mempelajari fungsi dan peranan zat makanan dalam tubuh ternak serta penggunaannya untuk hidup pokok dan proses produksi.

Dasar Produksi Ternak 3(1-2)

       Mempelajari asal-usul, bangsa-bangsa dan perkembangan ternak saat ini. Selain itu akan dipelajari pula biologi fungsional dari ternak yang bersangkutan (unggas dan ruminansia).

Pengenalan Bahan Makanan Ternak 3(1-2)

       Mempelajari pengetahuan praktis berbagai macam bahan makanan ternak yang umum digunakan baik makanan penguat maupun hijauan dari segi fisik/ morfologi, aspek kimia dan nilainya sebagai makanan ternak serta penggunaannya dalam ransum ternak.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan/ Bela Negara 3(2-1)

       Mempelajari pengertian dan pentingnya bela negara berlandaskan pemahaman terhadap Pancasila, Pembukaan Undang-undang Dasar, Undang-undang Dasar 1945, Hak Asasi Manusia, Pancasila sebagai sistem etika, Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional, Otonomi Daerah dan Good Governance, guna membangun karakter mahasiswa yang memiliki kesadaran bela negara sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Abatoar 3(1-2)

       Membahas sejarah dan perkembangan Rumah Potong Hewan u0026amp; Rumah Potong Ayam (RPH, RPA) di Indonesia, fungsi dan peranan RPH dalam penyediaan daging, klasifikasi RPH, lay out suatu RPH/RPA yang baik, teknik penanganan ternak, karkas dan daging, pengelolaan RPH/RPA dan tata kerja, higienis dan sanitasi.

Pengendalian Kesehatan Ternak 3(1-2)

       Mempelajari tentang penyakit-penyakit yang khusus dan banyak ditemui pada ternak unggas, sapi, domba dan kambing. Pengetahuan praktis untuk pencegahan dan cara pengobatannya (sanitasi dan vaksinasi).

Budidaya Domba 3(1-2)

       Mempelajari dan mengenal jenis dan bangsa kambing dan domba, tatalaksana pemeliharaan anak, penggemukkan, pengaturan perkawinan dan efisiensi produksi.

Tataniaga Produk Ternak 3(1-2)

       Mempelajari peranan tata niaga ternak dan hasil-hasilnya dalam ekonomi dan sistem usaha ternak serta mengaplikasikan konsep tata niaga dalam sistem pemasaran ternak dan hasil-hasil ternak

Budidaya Ayam Pedaging 3(1-2)

       Pembahasan mengenai teknik pemeliharaan ayam broiler yang meliputi: pemeliharaan anak ayam pada masa/ fase starter, grower dan finisher. Selain itu dibahas pula faktor-faktor yang mempengaruhi penampilan dan ekonomi produksinya.

Manajemen Pemberian Pakan Unggas 3(1-2)

       Mempelajari pengetahuan tentang kebutuhan zat-zat makanan menurut tipe, spesies dan periode pemeliharaan unggas; bahan penyusun ransum unggas (bahan makanan dan pakan tambahan), formulasi ransum unggas, teknik pemberian ransum; membahas performan unggas dalam kaitannya dengan kecukupan nutrisi dan pendapatan peternak.

Pendidikan Agama 2(2-0)

       Membahas pemahaman, penghayatan dan pengamalan tentang konsep keimanan dan keagaman yang mantap; agama dan keagamaan dalam disiplin ilmu; agama, bangsa dan negara di dalam menunjang pembangunan nasional; sikap mental dan tercapainya tujuan hidup manusia.

Manajemen Produksi dan Operasi 3(1-2)

       Mempelajari sistem produksi dalam arti luas dengan membahas berbagai topik yang berkaitan dengan manajemen produksi dan operasi, antara lain pengertian tentang produksi dan operasi, perencanaan produksi, pengorganisasian produksi, penjadwalan produksi, dan pengendalian produksi.

Budidaya Ayam Petelur 3(1-2)

       Membahas mengenai teknik pemeliharaan ayam petelur komersial yang meliputi pemeliharaan ayam petelur periode indukan (starter), pertumbuhan (grower) dan periode produksi (layer); dibahas pula faktor-faktor yang mempengaruhi penampilan dan ekonomi produksinya.

Budidaya Sapi Perah 3(1-2)

       Membahas tatalaksana sapi perah, perkembangbiakan, penjagaan kesehatan dan organisasi dalam usaha sapi perah yang berhubungan dengan aspek-aspek ekonomi perusahaan; juga mempelajari faktor-faktor penentu untuk memperbaiki kekurangan dalam teknik beternak.

Manajemen Pemberian Pakan Ruminansia 3(1-2)

       Mempelajari pengetahuan dan teknik pemberian pakan ruminansia yang sesuai dengan kebutuhan zat-zat makanan menurut tipe (perah dan daging) dan periode produksi, jenis-jenis ransum dan bahan penyusun ransum ruminan, formulasi ransum, teknik pemberian ransum.

Budidaya Hijauan Makanan Ternak 3(1-2)

       Membahas tatalaksana produksi hijauan makanan ternak termasuk cara pengolahan lahan, pemupukan, penanaman, pemeliharaan tanaman dan pemanenan baik secara potongan maupun pengembalaan serta pemanfaatan sumber-sumber hijauan yang lain.

Pemuliaan Ternak Terapan 3(1-2)

       Membahas mengenai sistem identifikasi dan recording produksi ternak, sistem seleksi dan perkawinan (inbreeding dan out breeding) untuk menghasilkan bibit unggul.

Etika Profesi 1(1-0)

       Membahas mengenai tinjauan umum etika, pekerjaan profesi dan profesional, tinjauan profesi dalam bidang peternakan, meningkatkan profesionalisme pekerja dalam bidang peternakan, peran organisasi dan kode etik dalam sebuah profesi, etika bisnis dan wirausaha serta hak kekayaan intelektual

Budidaya Aneka Unggas (Puyuh dan Itik) 3(1-2)

       Membahas teknik pemeliharaan puyuh dan itik periode indukan, pertumbuhan dan produksi telur; dibahas pula faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan dan nilai ekonomisnya.

Budidaya Sapi Potong 3(1-2)

       Mempelajari dan mengenal jenis dan bangsa sapi pedaging/potong, tatalaksana pemeliharaan anak, penggemukkan, pengaturan perkawinan dan efisiensi produksi.

Budidaya Kambing Perah 3(1-2)

       Membahas hal-hal tatalaksana pemeliharaan kambing perah, perkembangbiakan, dan penjagaan kesehatannya.

Pengelolaan Limbah Ternak 3(1-2)

       Membahas tentang jenis limbah dan hasil ikutan ternak, pemanfaatannya, serta teknik pengolahannya agar dapat digunakan untuk manusia dalam rangka efisiensi produksi, pemeliharaan lingkungan, pelestarian alam dan pengembangan penggunaan sumber-sumber energi hasil limbah peternakan.

Penetasan 3(1-2)

       Membahas pengenalan dan pengelolaan berbagai macam mesin tetas, peralatan dan operasionalnya; anatomi alat reproduksi ayam jantan dan betina, seleksi dan telur tetas serta faktor-faktor yang mempengaruhi fertilitas dan daya tetas, perkembangan embrio dalam telur, manajemen penetasan dan pencegahan penyakit pada penetasan, usaha penetasan sebagai sumber produksi anak ayam.

Teknik Pengembangbiakan Ternak 3(1-2)

       Mempelajari pengetahuan praktis tentang anatomi dan fisiologi alat reproduksi ternak untuk mendapatkan hasil maksimal serta penggunaan metode dan teknologi modern dengan cara kawin suntik.

Manajemen Usaha Peternakan 3(1-2)

       Membahas konsep dan pengertian tentang usaha peternakan dan kedudukannya dalam usahatani, pengelolaan usaha peternakan dan faktor faktor yang mempengaruhinya; aplikasi prinsip-prinsip ekonomis dalam pengelolaan usaha.

Bahasa Inggris Bisnis 3(1-2)

       Mempelajari teknik-teknik komunikasi secara lisan maupun tulisan dengan bahasa Inggris yang sering digunakan dalam kegiatan bisnis, perkantoran dan sejenisnya. Percakapan dalam bisnis, wawancara, mendengarkan, membuat catatan dan laporan, surat menyurat serta membuat laporan.

Kewirausahaan 3(1-2)

       Mempelajari pengetahuan tentang kewirausahaan mulai dari pengertian wirausaha, karakter seorang wirausaha, serta wawasan tentang perilaku dan kemampuan seorang wirausaha, penyusunan rencana bisnis (bussines plan) dan contoh aplikasinya sesuai dengan kebutuhan muatan lokal setiap program keahlian.

Kapita Selekta Peternakan 2(2-0)

       Kegiatan mata kuliah ini yaitu diskusi atau kuliah umum oleh para praktisi usaha peternakan; membahas makalah/materi khusus yang berkaitan dengan pelaksanaan PKL II.

Budidaya Ayam Bibit 3(1-2)

       Mempelajari pengelolaan ayam bibit meliputi teknik pemeliharaan ayam bibit pada masa starter, grower dan layer. Pembahasan mengenai restricted feeding dan pencegahan penyakit yang spesifik yang harus diperhatikan pada pemeliharaan ayam bibit. Pengelolaan ayam pembibit pada masa produksi. Teknik pencatatan performance (konsumsi ransum, pertumbuhan/berat standar, konversi ransum, mortalitas ayam yang disingkirkan, telur yang pecah, telur cacat, pencatatan program vaksinasi dan pengobatan yang dilakukan.

Tilik Ternak 3(1-2)

       Mempelajari cara-cara penilaian ternak berdasarkan tipe; hubungan bentuk luar dengan fungsi dan sifat-sifat produksi ternak, dan cara-cara penilaian kontes ternak meliputi ternak sapi perah, sapi daging, domba, kambing dan unggas.

Penanganan dan Pengolahan Telur dan Daging 3(1-2)

       Mempelajari dasar-dasar penanganan daging dan telur, faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas daging dan telur, teknik-teknik pengolahan dan cara-cara pengawetan telur dan daging.

Penanganan dan Pengolahan Susu 3(1-2)

       Mempelajari dasar-dasar penanganan susu, faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas susu, dan teknik-teknik pengolahan susu.

Praktik Kerja Lapangan I  3 (0-3)

       Kegiatan mata kuliah ini berupa melakukan praktek kerja lapangan selama 6 pekan.

Seminar 1 (0-1)

       Mahasiswa mempresentasikan hasil praktek kerja lapangan di depan kelas, mendapatkan umpan balik dari diskusinya, untuk penyusunan laporan praktek kerja lapangan, bertukar pengalaman praktek kerja.

Tugas Akhir 6 (0-6)

       Kegiatan ini terdiri dari 2 kegiatan yaitu Praktek Kerja Lapangan II (3 SKS) dan Penulisan Lapaoran Akhir (3 SKS). Mahasiswa melakukan kerja magang di perusahaan peternakan, koperasi, industri pengolahan hasil ternak atau rumah potong hewan selama 12 pekan. Selanjutnya mahasiswa menyusun dan membuat laporan akhir yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dari kegiatan tersebut.