Sekolah Vokasi IPB menyelenggarakan Online Course Khusus Paramedik Veteriner Pertama Kali di Indonesia

Program Studi Paramedik Veteriner Sekolah Vokasi bekerja sama dengan IPB Training menyelenggarakan Online Course Khusus Paramedik Veteriner. Online course ini merupakan yang pertama kali diselenggarakan di Indonesia bagi tenaga paramedic veteriner. Tema dari online course yaitu Peran Paramedik Veteriner di Klinik Hewan. Kegiatan online course ini menghadirkan pemateri yaitu drh. Henny Endah Anggraeny, MSc dengan materi peran paramedic, kompetensi dan animal welfare, drh. Tetty Barunawati Siagian, MSi dengan materi peran paramedik veteriner di front office klinik hewan, drh. Heryudianto Vibowo, MSi dengan materi peran paramedik veteriner di bagian poliklinik, drh. Surya Kusuma Wijaya, MSi dengan materi peran paramedik veteriner di bagian rawat inap, Dr.drh. Gunanti, MS dengan materi peran paramedik veteriner di ruang bedah dan Dr. Drh. Erni Sulistiawati, Sp1, APVet dengan materi peran paramedik veteriner di bagian laboratorium. 

Online course diikuti oleh 213 peserta dari seluruh wilayah di Indonesia (Aceh, Medan, Riau, Bengkulu, Jakarta, Bogor, Bandung, Garut, Surabaya, Yogjakarta). Selain itu di ikuti oleh peserta dari berbagai instansi di Indonesia seperti Rumah Sakit Hewan Jawa Barat, Rumah Sakit Hewan Unair, Rumah Sakit Hewan Dr Soeparwi Yogjakarta, Puskeswan Garut, Puskeswan Morowali, Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Perikanan Porbolinggo, Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor, Universitas Gadja Mada, Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang, Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi dan Klinik Hewan Mandiri dari Seluruh Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran paramedis veteriner di suatu klinik hewan dalam membantu dokter hewan di Klinik Hewan.

Online Course dibuka oleh Dekan Sekolah Vokasi IPB, Dr. Ir. Arif Daryanto, M.Ec. beliau mengatakan bahwa pelatihan vokasional sangat bermanfaat dalam pengembangan sekolah vokasi dan bagi paramedis Veteriner yang bekerja di klinik hewan dalam menghadapi era persaingan bebas terutama dalam masa pandemic covid 19 ini. Perkembangan klinik hewan di Indonesia sangat baik dan cepat, sehingga di perlukan profesionalisme dalam melakukan pelayanan di bidang kesehatan hewan. Peran paramedis veteriner merupakan salah satu peran yang penting bagi kemajuan suatu klinik hewan dalam membantu dokter hewan di Klinik Hewan. Peserta pelatihan sangat antusias dan bersemangat mengikuti pelatihan ini dan berharap kegiatan pelatihan selanjutnya terus berlanjut . Pelaksanaan Online course ini terbagi menjadi 2 sesi yaitu sesi pertama berupa pemahaman dasar melalui video on demand yang dapat diakses di web IPB Training dari tanggal 15-18 Juni 2020. Sesi kedua yaitu sesi diskusi dan pembahasan penugasan yang diselenggarakan dari tanggal 18 Juni 2020 selama 3 jam dari pukul 09.00-12.00 WIB. Pelatihan online course untuk paramedis akan terus berlanjut setiap bulan dengan tema yang penting dan menarik bagi paramedis veteriner di Indonesia dan bekerjasama dengan IPB Training dan PS Paramedik Veteriner Sekolah Vokasi IPB.