Mahasiswa Teknik dan Manajemen Lingkungan Sekolah Vokasi IPB University Sukses Gelar Ecorthion di Kelurahan Muarasari

15 Mei 2024

Mahasiswa Teknik dan Manajemen Lingkungan Sekolah Vokasi IPB University mengadakan kegiatan Ecorthion dengan tema “Save The Earth with Action and Education” di Kelurahan Muarasari, Bogor Selatan pada Rabu (15/5) lalu. Ecorthion merupakan proyek mata kuliah Ilmu Lingkungan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan melalui aksi nyata dan edukasi.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa LNK A2 berhasil membangun Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Muarasari sebagai solusi atas masalah pengelolaan sampah di wilayah tersebut. Acara berlangsung dari pukul 08.00 hingga 11.00 WIB dan melibatkan berbagai pihak, termasuk mahasiswa, dosen, asisten dosen, perangkat kelurahan, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor, pemateri dari Kesehatan Lingkungan, serta warga setempat.

Dosen mata kuliah Ilmu Lingkungan prodi Teknik dan Manajemen Lingkungan Sekolah Vokasi IPB University Andini Tribuana Tunggadewi, S.E., M.Si., menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa Teknik dan Manajemen Lingkungan Sekolah Vokasi IPB Semester 2. “Melalui proyek ini, mahasiswa dapat langsung terlibat dalam upaya pengelolaan lingkungan dan memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat,” ujar Andini.

Andini menambahkan proses perencanaan proyek dimulai dengan riset terhadap berbagai masalah lingkungan yang ada, diikuti dengan pelaksanaan pembangunan TPS yang berlangsung selama lima hari dengan melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat setempat. “Kolaborasi dalam setiap prosesnya, misal dasri proses perencanaan merupakan bukti kepedulian mahasiswa terkait amsalah-masalah lingkungans sekitar” tambah Andini.

Selain pembangunan TPS, mahasiswa juga mengadakan sosialisasi mengenai tujuan dibangunnya TPS dan edukasi tentang pemilahan sampah. Sosialisasi ini dilakukan di Aula Kelurahan Muarasari dan dihadiri oleh perangkat kelurahan, warga sekitar, serta perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor. Materi sosialisasi disampaikan oleh Retno Dyah S.KL dan perwakilan dari DLH Kota Bogor, yang menjelaskan pentingnya pengelolaan sampah yang baik untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

“Pengelolaan sampah yang baik sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan kita. Dengan pemilahan yang benar, kita bisa mengurangi dampak negatif sampah terhadap lingkungan.” Ujar Retno.

Lurah Kelurahan Muarasari juga memberikan apresiasi atas inisiatif dan kerja keras mahasiswa dalam membangun TPS serta menyelenggarakan sosialisasi. “Kami sangat berterima kasih kepada mahasiswa Teknik dan Manajemen Lingkungan IPB yang telah membantu mengatasi masalah sampah di wilayah kami. Dengan adanya TPS ini, kami berharap kondisi sanitasi di Kelurahan Muarasari akan semakin membaik,” ujarnya.

Dengan keberhasilan proyek Ecorthion, diharapkan masalah lingkungan di Kelurahan Muarasari dapat berkurang secara signifikan, dan kualitas hidup masyarakat setempat semakin meningkat. Kegiatan ini juga menjadi momentum penting bagi mahasiswa untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan. (ASW)

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare