Aditya Rahman Belajar Manajemen Sumber Daya Manusia dan Administrasi Pengelolaan Kolam di PT Suri Tani Pemuka Melalui Program MSIB

Aditya Rahman Fauzan, mahasiswa Program Studi Teknologi dan Manajemen Pembenihan Ikan Sekolah Vokasi IPB University, membagikan pengalamannya mengikuti program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) di PT Suri Tani Pemuka. Pada semester 7, Aditya mendapatkan kesempatan untuk terlibat langsung dalam industri perikanan sebagai Fish Technical Service di unit Medan, Sumatra Utara.

Aditya mengungkapkan bahwa pengalaman selama 5 bulan magang memberikan banyak pelajaran yang tidak didapatkan selama masa perkuliahan. “Selama MSIB berlangsung, saya mendapatkan pengalaman baru yang tidak didapatkan selama masa perkuliahan,” ujarnya. Sebagai technical service, Aditya bertanggung jawab mengawal proses budidaya ikan mulai dari manajemen pakan, kualitas air, hingga pasca panen.

Ia menjelaskan bahwa peran tersebut tidak hanya menuntut pemahaman teknis tentang budidaya ikan, tetapi juga melibatkan manajemen sumber daya manusia dan administrasi pengelolaan kolam. “Posisi saya sebagai technical service pada budidaya ikan bertugas sebagai pengawal proses budidaya ikan mulai dari manajemen pakan, manajemen kualitas air, manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), pasca panen, hingga budidaya ikan mendapatkan profit bagi perusahaan,” jelas Aditya.

Aditya juga menekankan pentingnya kerjasama tim dalam mencapai keberhasilan budidaya ikan. Selama magang, ia bekerja sama dengan tim yang berada di kolam untuk menunjang keberhasilan budidaya ikan. “Selama 5 bulan saya bekerja sama dengan tim yang berada di kolam untuk menunjang keberhasilan budidaya ikan,” tambahnya. Selain itu, pengetahuan tentang administrasi pengelolaan kolam juga diperoleh, yang menjadi nilai tambah bagi dirinya.

Pengalaman ini tidak hanya meningkatkan kompetensi teknis Aditya, tetapi juga mengembangkan soft skill dan relasi profesional. “Dengan mengikuti program tersebut saya mendapatkan kompetensi, soft skill dan hard skill, menambah relasi terhadap para pelaku pembudidaya ikan dan staf di PT Suri Tani Pemuka,” katanya. Kompetensi ini tentunya sangat berguna untuk karier Aditya di bidang perikanan di masa depan.

Program MSIB yang diikuti Aditya Rahman Fauzan di PT Suri Tani Pemuka membuktikan pentingnya pengalaman langsung di industri bagi mahasiswa. Hal ini sejalan dengan upaya Sekolah Vokasi IPB University untuk mempersiapkan lulusannya dengan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan kebutuhan industri. Aditya menyimpulkan bahwa pengalaman kerja di bidang perikanan sangat berguna untuk dirinya ke depannya.

Dengan pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh dari program ini, Aditya Rahman Fauzan kini siap untuk menghadapi tantangan di dunia kerja dan berkontribusi lebih banyak lagi dalam industri perikanan.

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare