Kegiatan Dospulkam 2024, Dosen Sekolah Vokasi IPB University Gelar Workshop E-Proposal Berbasis Articial Intelegence untuk Masyarakat Desa

1 Juni 2024

IPB University melalui program Dosen Pulang Kampung (Dospulkam) sukses menyelenggarakan workshop inovatif bertajuk “EchoInnovate: Workshop Pembuatan E-Proposal Berbasis Audiovisual untuk Pengembangan Desa Dukuhpicung” pada sabtu (1/6). Acara yang berlangsung di Kantor Pemerintahan Desa Dukuhpicung, Kecamatan Luragung, Kabupaten Kuningan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kapasitas masyarakat desa dalam membuat e-proposal yang menarik dan persuasif dengan memanfaatkan teknologi audiovisual dan kecerdasan buatan (AI).

Kegiatan ini melibatkan 30 peserta dari kalangan pemuda serta pemerintah desa. EchoInnovate memperkenalkan cara baru bagi masyarakat desa untuk menyusun dan menyampaikan proposal kepada para pemangku kepentingan, termasuk pemerintah dan lembaga pendana. Menggabungkan teknologi audiovisual dan AI, platform ini memungkinkan pengguna untuk membuat e-proposal yang tidak hanya informatif tetapi juga menarik dan persuasif.

Ketua tim kegiatan Dr. Abung Supama Wijaya mengatakan melalui EchoInnovate, ini bertujuan memberdayakan masyarakat desa dengan keterampilan digital yang relevan, memungkinkan masyarakat desa untuk lebih efektif mengomunikasikan kebutuhan dan potensi lokal kepada pihak luar.

“Kami berupaya memaksimalkan teknologi yang sudah berkembang berbasis kolaborasi dengan masyarakat desa. Kedepan tim akan mendampingi para pemuda desa mulai dari tahapan pemahaman potensi desa, teknis produksi foto dan video, narasi proposal, sponsorship dan kemitraan, serta publikasi,” Ujar Dr. Abung.

Selanjutnya Dr. Abung memaparkan bahwa Workshop EchoInnovate berlangsung dalam beberapa tahap, dimulai dengan pendaftaran dan seleksi peserta, dilanjutkan dengan sosialisasi program, dan kemudian pelaksanaan pelatihan. “Selama program ini dilakukan, peserta dibimbing oleh dosen dan mahasiswa dalam menerapkan teknologi untuk pembuatan e-proposal untuk kebutuhan-kebutuhan yang ada di desa”.

Workshop ini juga menghadirkan beberapa pembicara dari Sekolah Vokasi IPB University Program Studi Komunikasi Digital dan Media yang menyampaikan materi yang relevan dan mendukung tujuan workshop. Dr. Ir. Wahyu Budi Priatna menyampaikan materi terkait “Membangun Ekosistem Kewirausahaan yang Berkelanjutan di Tingkat Desa untuk Mencapai SDG’s”. Dr. Hudi Santoso S.Sos. MP membawakan materi “Cerita Video yang Menarik untuk Proposal”, dan Bayu Suriaatmaja S.I.Kom. M.I.kom menyampaikan materi “Hubungan Masyarakat di Era Digital”.

Sementara itu Kepala Desa Dukuhpicung, H. Irianto mengapreasisi program Dospulkam ini. Ia beraharap kegiatan ini mampu memperkuat kolaborasi desa dan perguruan tinggi khususnya IPB University. “Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Saya berharap EchoInnovate tidak hanya meningkatkan kemampuan teknis peserta tetapi juga memperkuat kolaborasi dan sinergi antara teknologi, inovasi, dan pembangunan komunitas. Dengan demikian, setiap suara dapat didengar dan setiap ide berharga dapat direalisasikan.” Ujar H. Irianto.

Workshop EchoInnovate diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi Desa Dukuhpicung. Dengan keterampilan baru dalam pembuatan e-proposal, masyarakat desa dapat lebih mudah mendapatkan dukungan dan pendanaan untuk proyek-proyek pembangunan lokal. Selain itu, program ini juga membuka peluang bagi pemuda desa untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan komunitas melalui inovasi dan kreativitas.

Workshop EchoInnovate merupakan langkah konkret dalam mendukung tujuan Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan mendorong pertumbuhan ekonomi melalui pelatihan dan pengembangan keterampilan digital. Kegiatan ini juga menjadi contoh nyata bagaimana teknologi dapat digunakan untuk mendukung pembangunan dan inovasi sosial yang berkelanjutan di tingkat desa. (ASW)

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare