Program Studi Teknologi Industri Benih Sekolah Vokasi IPB University Identifikasi Permasalahan di Kelompok Wanita Tani Mulyaharja

5 Juni 2024

Program Studi Teknologi Industri Benih (TIB) Sekolah Vokasi IPB University mengadakan kegiatan identifikasi permasalahan di Kelompok Wanita Tani (KWT) Ciharashas, Kelurahan Mulyaharja pada Rabu (29/5). Acara ini merupakan bagian dari Program Pengabdian pada Masyarakat (PPM) yang dilakukan oleh Sekolah Vokasi IPB University bersama masyarakat Desa Mulyaharja.

Dalam sambutannya, Ketua Program Studi TIB, Dr. Aldi Kamal Wijaya menyampaikan harapannya agar silaturahmi antara KWT dan Program Studi TIB dapat terus terjalin, dan kehadiran akademisi diharapkan dapat menjadi motivasi bagi KWT untuk mengembangkan kegiatan yang telah ada.

“Kami berharap silaturahmi antara Kelompok Wanita Tani dan Program Studi Teknologi Industri Benih dapat terus terjalin. Kehadiran kami di sini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi KWT untuk mengembangkan kegiatan yang telah ada dan terus berinovasi dalam bidang pertanian.” Ujar Dr. Aldy.

Sementara itu Penyuluh Pertanian Kelurahan Mulyaharja Imam Hanafi, mengapresiasi sejarah dan prestasi KWT Ciharashas yang telah mencapai tingkat nasional, serta menyambut baik kedatangan Program Studi TIB. Ia berharap program-program ke depan dapat memotivasi anggota KWT untuk kembali berprestasi dan menghidupkan kebiasaan berkebun dan mengelola lahan pekarangan.

” Dengan teridentifikasinya permasalahan di desa Mulyaharja, bisa memotivasi masyarakat untuk kedepan terus produktif daalam berkebun dan mengelola lahan pekarangan yang ada saat ini” Ujar Imam.

Dalam diskusi, dibahas beberapa permasalahan seperti vakumnya produksi hidroponik, terbengkalainya sebagian lahan produksi, dan penataan kembali layout lahan KWT. Semua pihak berharap program yang akan dijalankan dapat membantu KWT Ciharashas kembali produktif dan menghasilkan produk pangan dan hortikultura yang bermanfaat bagi warga sekitar serta dapat dipasarkan untuk menunjang ekonomi masyarakat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Program Studi TIB, Dr. Aldi Kamal Wijaya, S.P., M.P., M.Sc (Tech), Sekretaris Program Studi TIB, Dr. Undang, S.P., M.Si, serta Tim Dosen TIB, Dr. Ir. Abdul Qadir, MS, dan Ulil Azmi Nurlaili Afifah, S.P., M.Si. Turut hadir pula pengelola Greenhouse Sekolah Vokasi, Afrizal Ahmad N., S.P., Penyuluh Pertanian Kelurahan Mulyaharja, Imam Hanafi, Ketua KWT Ciharashas, Ibu Umyati, dan anggota aktif KWT Ciharashas. (TIB/ASW)

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare