Zalfa Aliya Faatin Tingkatkan Kompetensi Akuntansi dan Perpajakan Melalui Program MSIB di PT Bersama Zatta Jaya

Zalfa Aliya Faatin, mahasiswi Akuntansi 58 Sekolah Vokasi IPB University, telah mengikuti program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) di PT Bersama Zatta Jaya. Program ini memberikan kesempatan baginya untuk mendalami bidang keuangan dan perpajakan, sesuai dengan minatnya.

Selama 4,5 bulan menjalani magang di PT Bersama Zatta Jaya, Zalfa bertanggung jawab atas berbagai tugas terkait akuntansi dan perpajakan. Tugas-tugasnya meliputi pengecekan pengajuan PRQ, ARQ, dan ARR/LPJ realisasi, pemeriksaan kelengkapan bukti potong obligor, ekspor unifikasi untuk rekap pajak, pembuatan format konfirmasi bank, pengisian dan pelaporan PPh serta pembuatan faktur pajak keluaran pada aplikasi e-faktur.

“Saya sangat senang mengikuti program ini. Saya bisa meningkatkan kemampuan analisis transaksi, memahami alur administrasi perpajakan, dan membuat faktur pajak elektronik melalui aplikasi e-faktur,” ungkap Zalfa. Ia juga menambahkan bahwa program ini memperkaya wawasan dan pengetahuannya tentang dunia kerja, terutama di bidang retail.

Zalfa menjelaskan bahwa selama magang, ia mempelajari urutan aktivitas proses bisnis di PT Bersama Zatta Jaya, meningkatkan pemahaman tentang alur administrasi perpajakan, dan menguasai pembuatan jurnal serta perhitungan penyusutan aset. Ia juga mendapatkan kemampuan dalam menggunakan berbagai shortcut excel yang mempermudah pekerjaannya.

“Saya kini lebih memahami detail biaya dan tarif pajak, serta dapat melakukan pengisian format PPh 23 dan perhitungannya. Selain itu, saya juga mengetahui sistematis kontra bon dan cara pembuatan bukti tagihan untuk vendor,” jelas Zalfa.

Pengalaman lain yang Zalfa peroleh adalah kemampuan dalam melakukan rekap laporan keuangan, meliputi laporan laba rugi, laporan posisi keuangan, laporan perubahan ekuitas, dan catatan atas laporan keuangan. Ia juga mampu memahami akun-akun beserta COA-nya untuk rekap pelaporan.

Zalfa merasa bahwa program MSIB ini tidak hanya meningkatkan kompetensinya di bidang akuntansi dan perpajakan, tetapi juga melatih profesionalitas dan etika profesi di lingkungan kerja. “Program ini juga melatih soft skill dan hard skill saya serta adaptasi dengan lingkungan kerja,” tambahnya.

Program MSIB di PT Bersama Zatta Jaya telah memberikan Zalfa pengalaman berharga yang akan mendukung karirnya di masa depan. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh, ia siap menghadapi tantangan di dunia kerja, khususnya dalam bidang keuangan dan perpajakan. (AST/ASW)

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare