Gugus Penjaminan Mutu Sekolah Vokasi IPB University, Gelar Workshop Peninjauan Dokumen Mutu ISO untuk Tingkatkan Kualitas Mutu Pendidikan

Selasa 9 Juli 2024

Sekolah Vokasi IPB University mengadakan workshop peninjauan dokumen mutu ISO SMOP 21001:2018. Acara yang diselenggarakan oleh Komisi Gugus Penjaminan Mutu Sekolah Vokasi IPB University ini bertujuan menetapkan, menerapkan, memelihara, meninjau dan meningkatkan sistem manajemen untuk organisasi pendidikan di Sekolah Vokasi IPB University, Selasa (9/7).

Workshop ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Sekolah Vokasi IPB University, Dr. Ir. Rina Martini, M.Si. Dalam sambutannya, Dr. Ir. Rina Martini, M.Si. menekankan beberapa aspek yang perlu diperbaiki terkait sistem penjaminan mutu di Sekolah Vokasi IPB University. Dr. Rina menggarisbawahi pentingnya peningkatan proses untuk sistem penjaminan mutu internal dan eksternal sebagai bagian dari upaya memastikan kualitas pendidikan vokasional.

“Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan vokasi, perlu ada peninjauan ulang terhadap proses sistem penjaminan mutu, baik internal maupun eksternal. Ini adalah langkah penting untuk memastikan bahwa semua standar kualitas terpenuhi dan terus ditingkatkan,” ujar Dr. Rina

Dr Rina berharap kegiatan workshop ini menciptakan rekomendasi dan langkah konkret untuk memperbaiki dan mengoptimalkan sistem penjaminan mutu di Sekolah Vokasi IPB University. “Kami berharap hasil dari workshop ini dapat memberikan dampak positif dan berkelanjutan bagi peningkatan kualitas pendidikan di Sekolah Vokasi IPB University. Tahun 2023 lalu, SV IPB mendapat persentase tertinggi untuk pengisian SPMI dan kelengkapannya. Semoga tahun ini kita kembali memperoleh persentase tertinggi” ujarnya.

Ketua Komisi Gugus Penjaminan Mutu Dr. Veralianta BR Sebayang menyatakan karena Sekolah Vokasi IPB University sudah mengimplentasikan ISO 21001:2018 sejak 2020, maka dengan perubahan jenjang pendidikan menjadi sarjana terapan mengakibatkan perubahan regulasi, kurikulum, perubahan struktur kepemimpinan, oleh karena itu diperlukan peninjauan terhadap kebijakan mutu, sasaran mutu, dan Pedoman Operasional Baku (POB).

“Dengan adanya sarjana terapan, ada perubahan regulasi terutama perubahan kurikulum. Oleh karena itu kita memerlukan peninjauan untuk penetapan standarisasi dan evaluasi.” Ujar Dr. Vera.

Dr. Vera mengungkapkan di dalam mencapai sasaran mutu, POB dijadikan sebagai toolsnya, diharapkan program studi dan komisi yang ada, melakukan peninjauan ulang terkait semua aspek dalam menjalankan sistem yang sudah ada di Sekolah Vokasi IPB University. “POB itu merupakan tools, dan memang tidak kaku, maka kita yang menentukan sejauh mana kemampuan dalam menjalankannya untuk mencapai tujuan organisasi” Pungkas Dr. Vera.

Pada acara ini hadir sebagai narasumber, Katya Retno Hapsari, S.Sos., M.M, Senior Consultant dari Vision Indonesia yang menjelaskan terkait pengisian dokumen mutu, sasaran mutu, identifikasi kebutuhan dan harapan pelanggan pihak terkait, POB, analisis SWOT, dan analisis resiko.

Hadir dalam acara tersebut, wakil dekan Bidang Sumberdaya Kerjasama dan Pengembangan, Dr. Ir. Anita Ristiningrum, M.Si, Ketua Program Studi, Sekretaris Program Studi, Komisi Pendidikan, Komisi Kemahasiswaan, Komisi Sumber Daya dan Kerjasama, Manajer TEFA, Bisnis, dan Kewirausahaan, serta Kepala Tata Usaha. (NJM/ASW)

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare