Pendampingan Budidaya Ikan Berwawasan Lingkungan oleh Dosen Sekolah Vokasi IPB University

Jumat 5 Juli 2024

Dosen Sekolah Vokasi IPB University menggelar kegiatan Dosen Pulang Kampung (Dospulkam) di Kelurahan Pudakpayung, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah pada Jumat (5/7). Kegiatan yang bertajuk “Pendampingan Usaha Kelompok Pembudidaya Ikan Fresh Mina Pudakpayung Melalui Pengelolaan Berwawasan Lingkungan” ini bertujuan memberikan pendampingan dalam pembuatan Teknologi Budidaya Resirkulasi Aquaculture System (RAS), pelatihan pembesaran ikan nila, pengajuan izin Industri Rumah Tangga (IRT), serta digital marketing.

Kegiatan diikuti oleh dosen-dosen dari beberapa program studi di Sekolah Vokasi IPB University dari berbagai program studi. Tim diketuai oleh Dr. Beata Ratnawati, S.T., M.Si. dari program studi Teknik dan Manajemen Lingkungan, dengan anggota Dr. Ir. Cecilia Eny Indriastuti, M.Si dari Program Studi Teknologi dan Manajemen Pembenihan, Dr. Andi Early Febrinda, STP, MP dari Program Studi Supervisor Jaminan Mutu Pangan, dan Ayutyas Sayekti, S.E., M.Si dari Program Studi Manajemen Agribisnis.

Dalam kegiatan ini, fokus utama adalah pembuatan teknologi RAS yang bertujuan meningkatkan produksi ikan serta menjaga kelestarian lingkungan melalui penghematan air. Dr. Beata Ratnawati menjelaskan, Pelatihan yang diberikan mencakup pembesaran ikan nila, penyusunan izin IRT, serta digital marketing untuk meningkatkan pemasaran produk olahan ikan. “Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mendorong masyarakat Kelurahan Pudakpayung, khususnya kelompok budidaya ikan, dalam meningkatkan produksi dan usaha budidaya ikan mereka” ujar Dr. Beata

Kegiatan Dospulkam ini mendapat sambutan positif dari masyarakat Kelurahan Pudakpayung, terutama kelompok budidaya ikan Pokdakan Fresh Mina Pudakpayung. “Kelompok budidaya ikan Fresh Mina merasa terbantu dengan adanya pembuatan teknologi RAS dan pelatihan ini. Harapannya, kegiatan ini dapat terus berkelanjutan di masa mendatang dan inovasi dari kampus terus dapat dikembangkan sehingga dapat langsung dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kesejahteraan bersama,” ungkap Dr. Beata.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Lurah Pudakpayung, perwakilan Dinas Perikanan Kota Semarang, dan penyuluh perikanan. Sebanyak 40 peserta terlihat antusias dalam mengikuti setiap materi yang diberikan saat pelatihan. Kedepan kegiatan diharapkan dapat meningkatkan kerjasama antara IPB University dengan kelompok budidaya ikan di Kelurahan Pudakpayung serta Dinas Perikanan Kota Semarang. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui budidaya ikan yang berwawasan lingkungan. (BTA/ASW)

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare