Dorong Realisasi Green Campus, PT Awina Sinergi International Kunjungi Sekolah Vokasi IPB University Kampus Sukabumi

Jumat 5 Juli 2024

Komitmen kerjasama antara Sekolah Vokasi (SV) IPB University dengan PT Awina Sinergi International dalam mewujudkan green campus memasuki babak baru dengan kunjungan PT Awina Sinergi International ke Kampus IPB Sukabumi pada Jumat pagi (5/7).

CEO PT Awina Sinergi International, Takahito Ono, beserta President Director Ananda S. Ivannanto, hadir dalam kunjungan singkat tersebut dan menyampaikan sejumlah rencana kerjasama yang dapat segera direalisasikan. Takahito Ono menjelaskan bahwa ada tiga rencana utama dalam kerjasama ini: pengembangan energi dan pangan, pengembangan SDM, dan budidaya ikan air tawar, khususnya ikan salmon. “Kami sudah memiliki inovasi dan ahli yang dapat membudidayakan ikan salmon di air tawar,” ujar Ono, menegaskan kesiapan perusahaan dalam mendukung inisiatif green campus.

Hadir dalam kunjungan tersebut Dekan SV IPB University, Dr. Aceng Hidayat, M.T., Wakil Dekan Bidang Sumberdaya Kerjasama dan Pengembangan, Dr. Ir. Anita Ristianingrum, M.Si, Manajer Kampus SV IPB Sukabumi, Dr. Ir. Ujang Sehabudin, M.Si., dan Ketua Komisi Sumberdaya dan Kerjasama, Ir. Ir. Purana Indrawan, M.P, dan Wakil Manajer Kampus V IPB Sukabumi, Andri Iskandar, S.Pi., M.Si, M.Sc, serta Dosen Teknologi dan Manajemen Perkebunan Iis Purnamawati, S.P, M.Si

Dalam pertemuan tersebut, Dr. Aceng Hidayat menyampaikan harapan besar terhadap kerjasama ini, terutama dalam mempercepat perwujudan kampus ramah lingkungan. “Kami memiliki rencana untuk menjadikan kampus SV IPB Sukabumi sebagai percontohan kampus ramah lingkungan. Penanaman pisang sebanyak 1000 bibit sedang dipersiapkan. Energi yang ada diharapkan tidak akan terbuang. Biogas juga sedang diproduksi dan digunakan sebagai sarana penelitian serta dikonsumsi,” jelas Dr. Aceng

Kunjungan ini juga melibatkan survei langsung ke berbagai fasilitas di Kampus IPB Sukabumi, termasuk kandang ternak, mesin biogas, kolam ikan, dan closed house. Ono menyatakan kekagumannya terhadap luas dan kelengkapan sarana yang ada di kampus tersebut. “Kita harus memikirkan dengan baik sejak awal mengenai potensi yang ada dan konsumsi yang diperlukan, jika energi surya masih tidak terlalu banyak, maka tidak perlu kita paksakan untuk memanen,” tambah Ono, menekankan pentingnya pemanfaatan potensi yang ada secara optimal.

Kunjungan ini memberikan gambaran lebih nyata mengenai bentuk kerjasama yang akan segera direalisasikan. Kedua belah pihak berharap agar apa yang nantinya akan dikerjasamakan dapat memberikan manfaat bagi semua, terutama dalam mendukung kelestarian dan keberlanjutan lingkungan.

Dengan langkah ini, Sekolah Vokasi IPB University dan PT Awina Sinergi International menunjukkan komitmen kuat dalam upaya menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan berkelanjutan, menjadikan kampus SV IPB Sukabumi sebagai percontohan bagi kampus-kampus lainnya di Indonesia. (IPW/ASW)

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare