Program Studi Teknologi dan Manajemen Pembenihan Ikan (IKN) Sekolah Vokasi IPB University ikut berkontribusi untuk peningkatan potensi kerjasama IPB dengan Pukyong Nasional University (PKNU), Korea Selatan

12 Juli 2024

Program Studi Teknologi dan Manajemen Pembenihan Ikan (IKN) Sekolah Vokasi IPB University ikut berkontribusi dalam peningkatan potensi kerjasama antara IPB University dengan Pukyong National University (PKNU), Korea Selatan, yang berfokus pada bidang perikanan dan kelautan pada beberapa waktu lalu. Dalam kesempatan tersebut, perwakilan dari berbagai departemen di IPB University, diantaranya Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan, Departemen Manajemen Sumberdaya Perikanan, Departemen Budidaya Perikanan, Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perairan, dan Departemen Teknologi Hasil Perairan, serta Program Studi Teknologi dan Manajemen Pembenihan Ikan (IKN) Sekolah Vokasi IPB University, memberikan paparan mengenai potensi kerjasama.

Prof. Won Gyu Park menjelaskan bahwa kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan sebelumnya oleh Wakil Presiden PKNU. Ia menambahkan bahwa sebagai perguruan tinggi pionir di Korea Selatan dalam bidang perikanan, PKNU melihat pentingnya pertukaran ilmu dan teknologi yang telah dikembangkan antara kedua institusi.

Ima Kusumanti, S.Pi., M.Sc, dosen dari Program Studi Teknologi dan Manajemen Pembenihan Ikan (IKN) Sekolah Vokasi IPB University, menyampaikan informasi mengenai keberadaan Sekolah Vokasi IPB University dan perannya dalam pengembangan ilmu terapan. Ia menekankan bahwa program studi IKN tidak hanya unggul dalam sumber daya manusia dan fasilitas, tetapi juga memiliki keterlibatan erat dengan dunia industri (DUDI) yang berperan dalam pengembangan kurikulum.

“Beberapa keunggulan Prodi IKN tidak hanya terletak pada sumber daya manusia yang unggul, sarana dan prasarana, tetapi juga pada keterlibatan antara DUDI (Dunia Industri) yang erat dan menjadi bagian dalam pengembangan kurikulum yang diajarkan kepada mahasiswa,” papar Ima.

Kunjungan ini dibuka oleh Dr. drh. Fitriya Nur Anisa Dewi, Asisten Direktur Bidang Kerjasama dan Jejaring Internasional, Direktorat Konektivitas Global IPB University. Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan dari PKNU, termasuk Prof. Won Gyu Park, Dean College of Fisheries Science, Prof. Kim Young Mog dari Department of Food Science and Technology, serta Prof. Do-Hyung Kim dari Department of Aquatic Life Medicine. (IKM/ASW)

Dr. Pipit dari Direktorat Konektivitas Global IPB University menekankan bahwa pihaknya bertugas untuk memfasilitasi peluang kerjasama ini agar dapat ditindaklanjuti sesuai kebutuhan di berbagai departemen, program studi, fakultas, atau sekolah. Harapannya, kerjasama ini dapat memberikan dampak positif bagi kedua institusi dalam upaya meningkatkan keunggulan akademik dan kontribusi terhadap industri perikanan dan kelautan.

Kerjasama antara IPB University dan PKNU diharapkan dapat menciptakan sinergi yang bermanfaat dalam bidang pengelolaan sumber daya laut, budidaya perikanan, dan teknologi perikanan, serta membuka peluang untuk kolaborasi ilmiah yang lebih luas.

People sitting at a table in a room with a large screen

Description automatically generated

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare