Kolaborasi Pengembangan Tridarma Perguruan Tinggi, Sekolah Vokasi IPB University Teken Kerja Sama dengan PT Mitra Adiperkasa Group

16 Juli 2024

Sekolah Vokasi IPB University menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Mitra Adiperkasa (MAP) Group, sebuah perusahaan retail besar di Indonesia pada Senin (15/7). Langkah ini merupakan bagian dari upaya Sekolah IPB University untuk memperluas kemitraan strategis dan mendukung tercapainya peningkatan kualitas Tridarma Perguruan Tinggi.

Penandatanganan ini merupakan bagian dari program Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Dit. Mitras DUDI) Kemendikbudristek yang mengadakan business matching dengan 40 satuan pendidikan Vokasi di area Jakarta dan sekitarnya. Acara ini bertujuan untuk memperkuat kolaborasi antara dunia pendidikan Vokasi dan industri, yang dinilai krusial dalam menciptakan lulusan yang siap kerja dan adaptif terhadap kebutuhan industri.

Plt. Direktur Mitras DUDI, Uuf Brajawidagda, dalam sambutannya mengatakan bahwa kolaborasi ini merupakan kesempatan berharga bagi kemajuan pendidikan dan industri khususnya retail di Indonesia. “Melalui kerja sama ini, kita dapat saling memperkuat dalam hal pertukaran pengetahuan, teknologi, dan praktik baik dalam industri yang sedang berkembang pesat,” jelas Uuf.

PT Mitra Adiperkasa, yang diwakili oleh Direktur PT Mitra Akademi Perkasa, Handaka Santosa, menyatakan antusiasme perusahaan dalam mendukung pengembangan sumber daya manusia Indonesia. “Melalui MAP Retail Academy, kami menjalin kerja sama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi untuk meningkatkan kualitas lulusan vokasi yang siap kerja di seluruh Indonesia,” terang Handaka.

Handaka beaharap kerjasama ini akan mempererat kerjasama satuan pendidikan Vokasi dengan industri. “Ini saatnya institusi pendidikan berkolaborasi secara maksimal dengan menggunakan potensi perusahaan untuk mendukung dan berkolaborasi dengan dunia pendidikan,” tambahnya.

Hadir dalam penandatanganan tersebut mewakili Dekan Sekolah Vokasi IPB University adalah Dr. Helianthi Dewi Bagian Kerjasama dan Reputasi Internasional. Dr. Dewi mengatakan kerja sama antara Sekolah Vokasi IPB University dan PT Mitra Adiperkasa menunjukan bahwa kolaborasi ini akan memperkuat implementasi Tridarma Perguruan Tinggi, terutama dalam pengembangan kurikulum berbasis indistri, penelitian terapan, dan pengabdian masyarakat.

“Dengan adanya 17 program studi di Sekolah Vokasi IPB, kolaborasi dengan MAP memungkinkan pengembangan kurikulum yang terus adaptif dengan industri, penelitian terapan yang lebih relevan dengan kebutuhan industri dan pasar, serta pastinya pengabdian masyarakat dengan skala yang lebih luas” jelas Dr. Dewi.

Dr. Dewi juga menyoroti peningkatan jaringan dan relasi profesional yang dapat dibangun oleh mahasiswa dan staf pengajar dengan para ahli dan praktisi khususnya industri retail. Menurutnya, dukungan MAP dalam penelitian terapan serta program pelatihan khusus akan meningkatkan kompetensi dan kualitas lulusan. “Kerja sama ini tidak hanya meningkatkan reputasi dan daya tarik Sekolah Vokasi IPB University, tetapi juga mendorong sinergi yang kuat antara dunia pendidikan dan industri dalam mendukung pengembangan masyarakat,” tambah Dr. Dewi.

Kolaborasi ini menunjukkan komitmen Sekolah Vokasi IPB University dan MAP Group dalam mengintegrasikan pendidikan vokasi dengan kebutuhan industri. Ini dapat menjadi langkah penting dalam memajukan sektor retail sebagai penggerak ekonomi dari hulu ke hilir dan garda terdepan sektor perdagangan di Indonesia.

MAP adalah perusahaan ritel gaya hidup terkemuka di Indonesia, dengan lebih dari 150 merek kelas dunia dan lebih dari 3.000 gerai ritel. MAP mengoperasikan berbagai jenis toko, mulai dari fashion, makanan & minuman, olahraga, anak-anak, hingga teknologi. Dengan tim profesional lebih dari 29.000 orang, MAP berkomitmen untuk menyediakan pengalaman belanja omni-channel yang inovatif dan memuaskan pelanggan di lebih dari 80 kota di Indonesia serta di 7 negara lainnya. (ASW)

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare