Dosen Sekolah Vokasi IPB Terapkan Integrated Farming System untuk Budidaya Ikan Lele dan Melon

Cianjur, 13 Juli 2024 – Dosen dari Sekolah Vokasi IPB melaksanakan kegiatan Dosen Pulang Kampung (Dospulkam) dengan tema Integrated Farming System di SMK Al-Jauhariah, Cianjur pada Sabtu (13/7) lalu. Program ini mencakup instalasi screenhouse sederhana yang digunakan untuk budidaya ikan lele dan melon secara bersamaan.

Ketua Kegiatan Suhendi Irawan, S.Tr.Log, MSc, dosen dari Sekolah Vokasi IPB, menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk mengintegrasikan budidaya pertanian dan perikanan, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan menekan biaya produksi.

“Program ini adalah integrasi yang sangat efisien. Kami berharap program ini dapat menjadi model bagi sekolah-sekolah lain dalam memaksimalkan penggunaan lahan,” kata Suhendi Irawan. Ia juga menambahkan bahwa Integrated Farming System memungkinkan tanaman melon mendapatkan nutrisi dari air yang berisi kotoran lele, sehingga meminimalisir modal untuk pembelian pupuk.

Lebih lanjut Suhendi Irawan menekankan pentingnya keberlanjutan dalam sistem ini. “Sistem ini tidak hanya untuk lele dan melon saja, tetapi dapat diaplikasikan dengan berbagai komoditas lain. Kami berharap ini bisa menjadi solusi bagi petani untuk memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri,” tambahnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah SMK Al-Jauhariah, Agus Koswara, staf pengajar, santri, serta mahasiswa dari Sekolah Vokasi IPB. Agus Koswara, Kepala Sekolah SMK Al-Jauhariah, menyambut baik inisiatif ini dan berharap dapat membangkitkan semangat belajar para santri. “Kami sangat mengapresiasi kehadiran dosen dan mahasiswa Sekolah Vokasi IPB. Program ini tidak hanya mendukung kegiatan belajar mengajar di SMK Al-Jauhariah tetapi juga menghidupkan pertanian di lingkungan pondok pesantren,” ujar Agus Koswara.

Agus Koswara menambahkan program diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswanya belajar pertanian, “Kami berharap program-program yang akan dilaksanakan dapat membangkitkan semangat belajar para santri untuk menghidupkan pertanian di lingkungan pondok pesantren dan kegiatan belajar mengajar di SMK Al-Jauhariah.” ujarnya.

Proses pembuatan instalasi juga melibatkan mahasiswa dari sekolah Vokasi IPB. Anggota dari kegiatan Dosen Mengabdi Pulang Kampung ini terdiri dari Ulil Azmi Nurlaili Afifah S.P.,M.Si, dosen program studi Teknologi Industri Benih, Dian Eka Ramadhani S.Pi., M.S,i dosen dari program studi Teknologi Pembenihan Ikan, Firman Muhammad Basar, S.Pd, M.Pd, dosen Program Studi Manajemen Jasa Makanan dan Gizi, Rici Tri Harpin Pranata, S.KPm, M.Si, dosen dari Program Studi Komunikasi Digital dan Media serta Derry Dardanella, STP, MSi dosen dari Program Studi Manajemen Industri. Kolaborasi dari berbagai bidang ini diharapkan mampu memberikan inovasi yang maksimal pada Integrated Farming System yang dilaksanakan di SMK Al-Jauhariah Cianjur.

Integrated Farming System diharapkan dapat diterapkan secara berkelanjutan di SMK Al-Jauhariah dan menjadi model bagi sekolah lain dalam pengembangan pertanian dan perikanan terpadu. Dengan dukungan dari berbagai pihak, program ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam bidang agribisnis dan pengolahan hasil pertanian di Indonesia. (SHI/ASW).

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare