Benchmarking Akreditasi Politeknik Negeri Sriwijaya di Sekolah Vokasi IPB University: Fokus pada Akreditasi Unggul dan Implementasi MBKM

2 Oktober 2024

Sekolah Vokasi IPB University menerima kunjungan dari Politeknik Negeri Sriwijaya dalam rangka kegiatan benchmarking akreditasi, yang berlangsung pada Rabu (2/9) di Ruang Delta, Kampus Sekolah Vokasi IPB University. Kegiatan ini bertujuan untuk berdiskusi dan saling belajar mengenai cara mencapai akreditasi unggul serta memahami implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Mewakili Sekolah Vokasi IPB University, Dr. Helianthi Dewi, S.Hut., M.Si., selaku tuan rumah, menyampaikan pentingnya kolaborasi antara lembaga pendidikan vokasi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. “Kami menyambut baik inisiatif dari Politeknik Negeri Sriwijaya untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman. Diskusi seperti ini sangat penting untuk saling memperkuat dalam mencapai akreditasi terbaik,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Program Studi Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan, Ir. Feriadi, M.Si., menekankan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk memahami lebih jauh strategi dalam menghasilkan akreditasi unggul. “Kita juga mendalami bagaimana implementasi MBKM di lingkungan kampus vokasi, termasuk tantangan dan peluang yang dihadapi,” ungkapnya.

Edi Wiraguna, S.P., M.Ag.Sc., Ph.D., Ketua Program Studi Teknologi dan Manajemen Perkebunan, menjelaskan bahwa Program Studi yang dipimpinnya tengah mempersiapkan akreditasi pada tahun 2025 mendatang. “Kami berfokus untuk terus meningkatkan kualitas program studi agar dapat meraih akreditasi unggul pada tahun 2025,” katanya.

Edi Wiraguna, S.P., M.Ag.Sc., Ph.D., menambahkan bahwa Program Studi TMP akan meningkatkan kualitas akademik dan riset, “Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas akademik dan riset di bidang perkebunan. Persiapan akreditasi ini merupakan salah satu langkah penting untuk memastikan standar mutu yang lebih tinggi di program studi kami,” jelasnya.

Dalam diskusi, Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni, Dr. Ir. Rina Martini, M.Si., menyatakan bahwa kurikulum Program Studi Teknologi dan Manajemen Perkebunan (TMP) memiliki kekhasan tersendiri yang membedakannya dari program studi lain.

“Kurikulum Program Studi Teknologi dan Manajemen Perkebunan (TMP) ini memang memiliki kekhasan tersendiri. Ada dua tipe kurikulum yang disesuaikan tergantung pada kerja sama yang terjalin dengan perusahaan. Hal ini memungkinkan kami untuk menyesuaikan kebutuhan industri secara langsung, sehingga lulusan TMP memiliki keterampilan yang relevan dan siap terjun ke dunia kerja.” ujar Dr. Rina Martini.

Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa perwakilan dari Politeknik Negeri Sriwijaya, yaitu Zuhri Multazam, S.P., M.Sc., Emilia Oktatora, M.Si., Junainah, S.P., M.Si., Stenia Ruski Yusticia, S.P., M.Si., Siti Rakhmi Afriani, S.P., M.Si., dan Astri Febrianni, M.P.

Hadir mewakili Sekolah Vokasi IPB University, yaitu Dr. Aidil Azhar, S.P., M.Sc, Henny Rusmiyati, S.P., M.Si, Merry Gloria Meliala, S.P., M.Si, dan Dr. Abung Supama Wijaya, S.I.Kom., M.S. (ASW)

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare