Gerakan Hijau di Sukabumi: 6.000 Pohon Produktif Ditargetkan Dukung Rehabilitasi Hutan

16 Oktober 2024

Kolaborasi Forum Urang Sukabumi (Fokus), Sekolah Vokasi IPB University Kampus Sukabumi, Himpunan Alumni IPB University Cabang Sukabumi, dan Perhutani akan menyelenggarakan penanaman 6.000 pohon produktif di kawasan Wana Wisata Buniayu, Nyalindung, Kabupaten Sukabumi pada Sabtu 19 Oktober 2024. Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari upaya mitigasi perubahan iklim, rehabilitasi hutan, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Selain itu, acara ini juga mencakup bakti sosial untuk masyarakat setempat, dengan dukungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat.

Dekan Sekolah Vokasi IPB University, Dr. Aceng Hidayat, menekankan pentingnya sinergi antara konservasi lingkungan dan pemberdayaan ekonomi. “Kami berkomitmen untuk menanamkan kesadaran ini kepada mahasiswa, agar mereka mampu menjaga keseimbangan antara lingkungan dan ekonomi secara berkelanjutan,” ujar Dr. Aceng.

lebih lanjut, Dr. Aceng Hidayat juga berharap kegiatan ini dapat menginspirasi generasi muda dalam memanfaatkan alam dengan cara yang bijaksana.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk memanfaatkan alam dengan cara yang bijaksana dan berkelanjutan. Lingkungan yang lestari adalah kunci bagi masa depan ekonomi dan ekosistem yang sehat. Melalui kegiatan ini, kami ingin menunjukkan bahwa ada cara untuk mencapai keseimbangan antara konservasi lingkungan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” jelas Dr. Aceng Hidayat.

Sementara itu, Fokus sebagai inisiator kegiatan melalui sekretarisnya, Ria Assaf, menegaskan bahwa kegiatan penanaman pohon produktif ini bukan hanya untuk tujuan penghijauan, tetapi juga memiliki dampak jangka panjang bagi masyarakat. Menurutnya, penanaman pohon buah-buahan tersebut sejalan dengan misi FOKUS untuk memberikan manfaat ekonomi yang berkelanjutan bagi warga setempat. “Kami sangat bangga dapat melaksanakan program ini, yang tidak hanya bertujuan untuk penghijauan tetapi juga memberikan dampak ekonomi yang berkelanjutan melalui penanaman pohon produktif seperti buah-buahan. Harapan kami, masyarakat bisa memanfaatkan hasilnya di masa depan,” jelas Ria Assaf.

FOKUS (Forum Urang Sukabumi), yang telah berdiri sejak tahun 1988, merupakan organisasi nirlaba yang bergerak di berbagai bidang seperti kesehatan, pendidikan, dan sosial, dengan perhatian khusus pada pelestarian lingkungan. Melalui kegiatan ini, FOKUS menunjukkan komitmennya dalam menjaga kelestarian lingkungan dan memberdayakan masyarakat Sukabumi agar mampu memetik manfaat dari upaya penghijauan secara ekonomi dalam jangka panjang.

Selain penanaman 6.000 pohon produktif, kegiatan ini juga akan melibatkan ratusan masyarakat dari berbagai kalangan, termasuk mahasiswa, alumni, dan perwakilan pemerintah daerah. Acara akan dimeriahkan dengan berbagai hiburan, seperti tarian tradisional oleh mahasiswa Sekolah Vokasi IPB Kampus Sukabumi, flashmob, dan solo vokal. Kehadiran masyarakat dan unsur-unsur seni ini diharapkan menambah semarak acara, sekaligus menunjukkan bahwa program penghijauan bisa dilakukan dengan semangat kebersamaan dan pelestarian budaya lokal. (NPA/ASW)

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare