Sekolah Vokasi IPB University Catat Sejarah, Gelar Wisuda Sarjana Terapan Perdana

16 Oktober 2024

Sekolah Vokasi IPB University mencatatkan sejarah baru dengan menggelar wisuda perdana untuk program Sarjana Terapan pada 15 dan 16 Oktober 2024 di Gedung Grha Widya Wisuda, Kampus IPB Dramaga. Momen ini menjadi tonggak penting dalam perjalanan Sekolah Vokasi yang secara resmi setelah upgrading dari pendidikan diploma menjadi Sarjana Terapan. Sebanyak 605 lulusan di wisuda dari enam program studi.

Adapun program studi yang terlibat dalam wisuda perdana ini adalah Ekowisata, Manajemen Industri Jasa Makanan dan Gizi, Manajemen Agribisnis, Manajemen Industri, Analisis Kimia, Akuntansi, dan Paramedik Veteriner. Kehadiran 1.210 orang tua dan wali semakin menambah khidmatnya acara bersejarah ini.

Rektor IPB University, Prof Arif Satria, dalam pidatonya memberikan tiga pesan penting bagi wisudawan agar sukses menjajaki dunia baru. Ia menerangkan bahwa sukses bukan hanya di dunia professional, melainkan juga mampu menjadi pemimpin masa depan yang mampu merespons perubahan.

“Kita harus mengetahui empat level kepemimpinan, dimulai dari memimpin diri sendiri dengan memantapkan disiplin diri. Seorang pemimpin harus mengingat tiga hal, yaitu menjadi pembelajar sejati, memiliki future mindset, dan mampu memperkuat karakter dan integritas,” ujarnya.

Prof Arif Satria juga menegaskan bahwa belajar bisa di mana saja, kapan saja, dan di usia berapa saja. Ia menyebut, tekun dan mampu mencari peluang masa depan, merupakan kunci pembelajar sejati.

“Di masa depan, kita harus memiliki kompetensi yang beragam, menyesuaikan kebutuhan masa depan, karena sebagian besar kemampuan yang dimiliki hari ini sudah tidak relevan dengan perkembangan jaman,” kata dia.

Prof Arif juga berpesan agar wisudawan memiliki cara pandang yang berorientasi pada masa depan. Hal ini dikarenakan mindset berpengaruh pada prestasi akademik dan kesuksesan di dunia kerja.

Tidak hanya itu, Prof Arif juga berpesan agar para wisudawan dapat memperkuat karakter dan integritas. Menurutnya, kunci kesuksesan tidak sekadar kemampuan akademik yang baik, namun karakter yang kuat. “Prinsip-prinsip yang dipupuk sejak berkuliah di IPB University seperti ketekunan dan kejujuran merupakan kunci utama,” terangnya.

Astrid Novika Damayanti, S.Tr.Ak dari Program Studi Akuntansi, dinobatkan sebagai lulusan terbaik dalam wisuda tahap pertama ini. Wisuda Sarjana Terapan pertama ini merupakan bukti nyata komitmen Sekolah Vokasi IPB University dalam mencetak lulusan yang tidak hanya terampil secara akademis, tetapi juga siap menjadi pemimpin perubahan di berbagai sektor. Dengan capaian ini, Sekolah Vokasi IPB University terus membangun fondasi kuat untuk masa depan pendidikan vokasional di Indonesia, dan mendorong lulusan untuk menjadi agen perubahan di masyarakat. (ASW)

Selamat untuk Wisudawan dan Orang Tua.

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare