Teknik dan Manajemen Lingkungan

Teknik
dan

Teknik dan Manajemen Lingkungan

Profil umum

Profil lulusan Program Studi Sarjana Terapan Teknik dan Manajemen Lingkungan yang meliputi unsur sikap, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus sesuai bidang keahlian yaitu :

  1. Memiliki kemampuan dan dasar yang kuat dalam menggunakan perangkat teknologi terkini dalam menginterpretasikan data dan informasi untuk bekerja di berbagai bidang profesi teknik dan manajemen lingkungan
  2. Memiliki kemampuan dalam bidang keteknikan untuk perancangan bangunan meliputi pengelolaan limbah dan pengelolaan air untuk pengelolaan lingkungan.
  3. Memiliki kemampuan manajerial, berkomunikasi dan bekerjasama dalam kelompok untuk meningkatkan kompetensi di bidang teknik perancangan bangunan dan pengelolaan lingkungan sesuai standar yang berlaku dengan menjunjung etika profesi.

Visi

Menjadi program studi yang unggul dalam pendidikan program diploma di bidang teknologi terapan dan manajemen lingkungan guna menunjang pembangunan berkelanjutan di Indonesia yang ramah lingkungan.

Misi

  1. Menyiapkan tenaga ahli di bidang lingkungan yang terampil dan profesional dalam perancangan
  2. Pengelolaan dan pemantauan dampak lingkungan di berbagai kegiatan
  3. Sebagai bagian dari Sekolah Vokasi IPB, program studi ini diharapkan mampu berkontribusi pada pengembangan IPTEKS terapan yang relevan di bidang lingkungan
  4. Berperan serta dalam pembangunan negara yang berazaskan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan dan ramah lingkungan bagi kepentingan generasi masa kini dan yang akan datang melalui transformasi IPTEKS terapan yang inovatif dan pengabdian pada masyarakat yang relevan

Capaian Pembelajaran

Learning Outcomes Lulusan Prodi Teknik Dan Manajemen Lingkungan Program Sarjana Terapan

  1. Menguasai pengetahuan dasar matematik, sain, teknik dan proses serta K3 (kesehatan dan keselamatan kerja) untuk bidang teknik dan manajemen lingkungan.
  2. Mampu mengidentifikasi dan memformulasikan potensi kualitas dan kuantitas sumber air, serta pencemaran dan sanitasi lingkungan.
  3. Menguasai pengetahuan teknik perancangan untuk bidang teknik dan manajemen lingkungan
  4. Mampu merancang, melaksanakan, dan mengoperasikan serta memelihara bangunan teknik yang berwawasan lingkungan
  5. Mampu menggunakan teknik, keterampilan, dan perangkat yang terkini untuk menyelesaikan masalah bidang teknik dan manajemen lingkungan
  6. Mampu menganalisis dan menginterpretasikan data dan informasi serta mengambil keputusan yang tepat untuk menyelesaikan masalah bidang teknik dan manajemen lingkungan.
  7. Mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi dalam bidang teknik dan manajemen lingkungan.
  8. Mampu menjadi pemimpin dan mampu bekerja secara mandiri maupun berkelompok
  9. Mampu berkomunikasi secara efektif dan menjalin jejaring.
  10. Menggunakan prinsip profesionalisme datam bekerja.
  11. Mempunyai tanggung jawab agama, sosial, budaya dan lingkungan

Mandat

Menyelenggarakan pendidikan dan penelitian terapan serta pengabdian masyarakat dalam bidang teknologi terapan dan manajemen lingkungan pada industri untuk mendukung keberlanjutan sumberdaya alam dan lingkungan

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142

Copyright © 2021 Sekolah Vokasi IPB

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare