Teknologi Rekayasa Komputer K2020

Teknik
Komputer

Teknologi
Rekayasa Komputer

Profil Umum D4 Teknologi Rekayasa Komputer

  1.  Network Administrator/Engineer
    Mampu membuat design konfigurasi jaringan, montoring jaringan serta mengamankan jaringan.
  2. Perekayasa Perangkat Internet of Things (IoT Engineer)
    Mampu melakukan proses pengambilan data melalui sensor dan mengirimkan data tersebut melalui antarmuka komunikasi dan protokol IoT.
  3. Perekayasa Perangkat Cerdas dan Otomasi ( Robotics, Smart System & Automation Engineer)
    Mampu implementasi kecerdasan buatan (AI) untuk menyelesaikan berbagai permasalahan khususnya di bidang agromaritim.

Visi

Menjadi program studi yang unggul dan terkemuka dalam menghasilkan sarjana terapan yang profesional dan mampu mengaplikasikan teknologi tepat guna di bidang teknologi rekayasa komputer serta siap mendukung Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) serta berkarakter kewirausahaan untuk mendukung sektor pertanian, kelautan, dan biosains tropika

Misi

  • Menyiapkan insan terdidik yang memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang teknologi rekayasa komputer yang unggul, professional, dan berkarakter kewirausahaan di bidang pertanian, kelautan, dan biosains tropika

  • Mengembangkan ilmu dan teknologi terapan di bidang teknologi rekayasa komputer yang unggul untuk sektor pertanian, kelautan, dan biosains tropika

  • Mengaplikasikan ilmu dan teknologi terapan di bidang teknologi rekayasa komputer yang inovatif untuk peningkatan kualitas kehidupan masyarakat secara berkelanjutan

  • Menjalin kerja sama dengan berbagai pihak terkait teknologi rekayasa komputer untuk peningkatan kompetensi lulusan

Profil Lulusan

No.

Sebagai

Deskripsi Kemampuan

1

Network Administrator/Engineer

Kompeten dan terampil dalam mendesain, mengkonfigurasi jaringan, monitoring jaringan serta mengamankan jaringan

2

Perekayasa Perangkat Internet of Things (Internet of Things Engineer)

Kompeten dan terampil dalam menganalisis kebutuhan sistem, mengimplementasikan, menguji serta merawat perangkat IoT (Internet of Things)

3

Perekayasa Perangkat Cerdas dan Otomasi (Robotics, Smart System & Automation Engineer)

Terampil dalam mengimplementasikan kecerdasan buatan (AI) untuk menghasilkan perangkat cerdas terotomatisasi serta menyelesaikan berbagai permasalahan khususnya di bidang agromaritim

Capaian Pembelajaran

Kode

Deskripsi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

CPL01/ELO01

Mampu menunjukkan sikap religius, etika dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dengan menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik

CPL01/ELO02

Mampu bekerja sama dalam suatu tim, bertanggung jawab dalam pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi rekayasa komputer

CPL01/ELO03

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu dan terukur dalam melakukan pekerjaan, menuliskan hasilnya dalam bentuk laporan hasil, serta mengkomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan

CPL01/ELO04

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan berjiwa kewirausahaan

CPL01/ELO05

Mampu mengevaluasi mekanisme kerja komputer menggunakan pengetahuan dasar ilmiah yang sesuai untuk menyelesaikan permasalahan di bidang teknologi rekayasa komputer

CPL01/ELO06

Mampu mengimplementasikan pengamanan data dan jaringan komputer dengan menguasai konsep teoritis di bidang teknologi rekayasa komputer

CPL01/ELO07

Mampu mengimplementasikan prinsip kerja sensor-sensor pada peralatan elektronik di bidang teknologi rekayasa komputer

CPL01/ELO08

Terampil dalam mengimplementasikan desain infrastruktur jaringan sesuai kebutuhan pengguna khususnya bidang pertanian, kelautan, dan biosains tropika

CPL01/ELO09

Terampil dalam mendesain dan mengimplementasikan sistem komputer pada bidang agroindustri 4.0 / smart farming dengan menggunakan inputan beberapa sensor untuk menghasilkan perangkat keras berbasis komputer

CPL01/ELO10

Terampil dalam merancang dan mengimplementasikan kecerdasan buatan (AI) untuk menyelesaikan berbagai permasalahan dan menghasilkan perangkat cerdas yang terotomatisasi dan memiliki akurasi yang optimum

Mandat

Menyelenggarakan pendidikan dan penelitian terapan serta pengabdian masyarakat dalam bidang rekayasa cerdas pada sistem berbasis komputer yang inovatif dan modern serta pengabdian masyarakat secara terpadu (kolaborasi antar bidang).

Lama Studi

8 semester (4 tahun)

Gelar Kelulusan

Sarjana Terapan Komputer (S.Tr.Kom.)

Daya Tampung

SNBP 2024

Jumlah pelamar : 420

Diterima : 65

Ketetatan : 6,46

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare