Teknik Komputer

VISI

Pada tahun 2015 di tingkat Nasional menjadi program keahlian unggulan dan terdepan dalam mencetak tenaga ahli profesional pada bidang rekayasa perangkat keras berbasis komputer, teknologi jaringan komputer, dan pemeliharaan sistem komputer yang berjiwa kewirausahaan, inovatif, adaptif, berdaya saing global, serta berakhlak mulia.

MISI

1. Menerapkan penyelenggaraan program keahlian teknik komputer berkualitas dan professional.

2. Menyediakan tenaga dosen dan tenaga pendukung dengan jumlah, kualifikasi dan pengalaman kerja yang ideal.

3. Menyiapkan sarana dan prasarana yang mampu mendorong pengaktualisasian potensi terbaik yang dimiliki seluruh civitas academica.

4. Mengembangkan jejaring kerjasama dengan lembaga atau perusahaan yang terkait dalam upaya peningkatan learning outcomes lulusan.

5. Mulai mengarah pengembangkan kurikulum pendidikan yang bersifat tailor-made yang sesuai dengan cluster industri dan antisipasi dalam pemanfaatan peluangpeluang usaha baru.

6. Dalam jangka panjang mengembangkan kurikulum pendidikan dengan kompetensi berstandarisasi internasional.

TUJUAN

Menghasilkan tenaga ahli madya yang memiliki kemampuan perekayasaan

perangkat keras berbasis komputer, pengelolaan jaringan komputer, pemeliharaan

sistem komputer, serta berjiwa kewirausahaan dan berakhlak mulia untuk memenuhi

kebutuhan masyarakat dan industri.

LEARNING OUTCOMES

1. Mampu menjadi teknisi di bidang teknologi informasi, terutama pada bidang administrasi sistem jaringan komputer, troubleshooting sistem komputer, serta instrumentasi/ kontrol elektronik berbasis komputer untuk berbagai bidang industri, lembaga penelitian, lembaga pendidikan ataupun wirausaha.

2. Menguasai konsep teoritis secara umum dan konsep-konsep lain yang relevan untuk menyelesaikan masalah dan pekerjaan di bidang administrasi sistem jaringan komputer, troubleshooting sistem komputer, serta instrumentasi/ kontrol elektronik berbasis komputer untuk berbagai bidang industri, lembaga penelitian, lembaga pendidikan ataupun wirausaha.

3. Mampu melakukan evaluasi dan supervisi terhadap pencapaian hasil pekerjaan di bidang hardaware/ jaringan/ sistem komputer yang menjadi tanggung jawabnya baik sebagai anggota atau pimpinan dalam kelompok kerja.

4. Mampu menyiapkan laporan tertulis tentang hasil pekerjaan baik yang menjadi tanggung jawabnya sendiri maupun menjadi tanggung jawab kelompok kerja (team work)

LAPANGAN PEKERJAAN

Bidang-bidang pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi informasi terutama pada bidang administrasi sistem jaringan komputer, troubleshooting sistem komputer, serta instrumentasi atau kontrol elektronik berbasis komputer untuk berbagai bidang industri, instansi pemerintah, lembaga penelitian, lembaga pendidikan ataupun wirausaha.

SILABI MATA KULIAH

Fisika 3(2-1)

      Mata kuliah ini membekali seluruh mahasiswa dengan kemampuan dasar lulusan yang terkait dengan program keahlian yang ditekuni. Materi mata kuliah ini adalah Mekanika, Gelombang, Suhu dan Kalor, Optik, Listrik, Magnet dan Elektromagnetik. Dalam penyajiannya, mahasiswa akan mempelajari konsep-konsep dasar fisika dalam bentuk sederhana diikuti dengan contoh-contoh soal dan aplikasinya dalam berbagai bidang, sehingga diharapkan mahasiswa mampu menggunakan fisika dalam profesi dan kehidupan sehari-harinya.

Aplikasi Komputer 3(1-2)

      Mata kuliah ini mempelajari konsep dasar dalam bidang komputer meliputi jenisjenis perangkat lunak yaitu perangkat lunak sistem (sistem operasi dan utilitas) dan aplikasi, pengenalan komponen-komponen komputer meliputi peralatan pemroses, input, output, dan penyimpanan, dasar-dasar jaringan komputer, keamanan komputer dan Internet, termasuk juga penggunaan perangkat lunak sistem dan aplikasi untuk penyelesaian masalah serta materi muatan lokal sesuai kebutuhan setiap program keahlian.

Matematika Komputasi 3(1-2)

      Mata kuliah ini mempelajari dasar-dasar matematika dan beberapa komputasi sederhana yang dapat diterapkan pada berbagai bidang terapan, seperti Komputasi, Teknologi, Ekonomi, dan sebagainya. Topik-topik yang tercakup dalam mata kuliah ini adalah beberapa dasar matematika, aljabar matriks dan terapannya, fungsi dan model matematika, limit fungsi, turunan dan integral serta penerapannya.

Elektronika Dasar 3(1-2)

      Mata kuliah ini mempelajari karakteristik serta fungsi komponen-komponen elektronika; Dioda dan Transistor serta aplikasi dari komponen pendukung lainnya.

Instalasi dan Perawatan Komputer 4(1-3)

      Mata kuliah ini berisi materi-materi yang berhubungan dengan sub sistem hardware dan software. Pokok bahasan dimulai dengan pengenalan hardware dan periferal personal komputer, kemudian dilanjutkan dengan perakitan komponen hardware dan instalasi perangkat lunak pendukungnya sesuai dengan kebutuhan dan budget yang tersedia, serta cara mengatasi kerusakan komponen hardware dan kesalahan yang terjadi pada software sehingga mahasiswa akan memiliki pengetahuan penggunaan komputer dalam kehidupan sehari-hari, dan memiliki pengetahuan dasar yang diperlukan untuk pelajaran lebih lanjut yang berkaitan dengan sistem komputer dan informasi.

Algoritma dan Pemrograman 3(1-2)

      Materi yang dipelajari dalam mata kuliah ini meliputi pengenalan algoritma, flowchart dan prinsip dasar pemrograman berstruktur menggunakan bahasa pemrograman C yang melibatkan tipe dan struktur data dasar, pernyataan input/ output, operator aritmetika dan logika, pernyataan sederhana dan majemuk, pernyataan bersyarat/ seleksi sederhana dan majemuk, pernyataan iterasi, modularity program (fungsi), fungsi rekursif, tipe data lanjut (array, struct, enumerasi), operasi karakter dan string, operasi tingkat bit dan pointer.

Matematika Diskret 3(1-2)

      Mata kuliah ini memiliki pembahasan meliputi tiga bagian. Bagian pertama adalah konsep mencacah, logika, induksi matematika dan notasi sigma. Bagian kedua meliputi, himpunan, relasi, dan fungsi rekrisif. Bagian terakhir adalah pengenalan mengenai graph, yang berisi: terminologi graph, terminologi tree, berbagai algoritma searching pada tree, dan optimisasi pada graph.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3 (2-1)

       Mempelajari pengertian dan pentingnya bela negara berlandaskan pemahaman terhadap Pancasila, Pembukaan Undang-undang Dasar, Undang-undang Dasar 1945, Hak Asasi Manusia, Pancasila sebagai sistem etika, Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional, Otonomi Daerah dan Good Governance, guna membangun karakter mahasiswa yang memiliki kesadaran bela negara sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Sistem Operasi Mikrokomputer 3(1-2)

      Mata kuliah ini mempelajari tentang sistem operasi yang menyediakan lingkungan untuk menjalankan program-program aplikasi pada sebuah mikrokomputer. Agar dapat berinteraksi dengan sistem operasi, memanfaatkan sistem operasi sehingga dapat meningkatkan kinerja komputer sampai dengan konsep dan teknik pada sistem operasi dalam penerapannya pada pengembangan aplikasi-aplikasi lain.

Organisasi Komputer 3(1-2)

      Mata kuliah ini mempelajarikonsep pengorganisasian, fungsi, dan cara kerja dari komponen-komponen komputer (CPU, Memori Internal, Memori Eksternal, dan Unit Input/ Output); simulasi tahapan kerja sistem komputer menggunakan bahasa pemrograman rakitan (asemmbly).

Struktur Data 3(1-2)

      Mata kuliah ini mempelajari konsep dan teknik penyusunan data pada memori komputer atau media penyimpanan, meliputi konsep Abstract Data Types (ADT), tipe struktur data sederhana dan kompleks (array (tabel dan matrik), record/ struct, linked list, stack, queue, tree, graph dan hash) serta algoritma pengolahan data terkait yakni rekursif dan sorting

Rangkaian Logika dan Teknik Digital 3(1-2)

      Mata kuliah ini memberikan konsep dasar sistem digital seperti sistem bilangan biner, aljabar boole, peta Karnaugh dan penggunaan rangkaian elektronika digital berbasis IC TTL dan CMOS untuk pembentukan sistem kombinasional dan sekuensial seperti dekoder-enkoder, multiplek-demultiplek sampai rangkaian register, counter dan memori.

Dasar Jaringan Komputer 3(1-2)

      Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan kemampuan mengenai konsep dasar dan teori pada jaringan komputer serta mekanisme pembuatan jaringan lokal. Konsep OSI Layer merupakan dasar yang harus dipahami dalam mekanisme jaringan komputer. Untuk itu, pada perkuliahan ini akan dibahas mengenai konsep OSI untuk setiap Layer-nya.

Elektronika Analog 3(1-2)

      Mata Kuliah ini mempelajari konsep dasar penguat diferensial dan penguat lainnya; Berbagai macam pemrosesan sinyal dengan Op Amp antara lain penguatan sinyal, filtering, komputer analog, osilator, konversi sinyal analog-digital dan modem

Pendidikan Agama 2(2-0)

      Mata kuliah ini memberikan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan tentang konsep keimanan dan keagamaan yang mantap; agama dan keagamaan dalam disiplin ilmu; agama, bangsa, dan negara dalam menunjang pembangunan nasional, sikap mental dan tercapainya tujuan hidup manusia.

Pemrograman Berorientasi Obyek 3(1-2)

      Mata Kuliah ini mempelajari prinsip dan penyusunan pemrograman berorientasi objek dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Mempelajari pembuatan aplikasi pemrograman berorientasi objek yang meliputi aplikasi desktop dengan GUI beserta fitur reporting.

Basisdata 3(1-2)

      Mata kuliah ini mempelajari Konsep basis data, lingkungan basis data, Model Relasional, Entity Relationship Diagram, Enhanced Entity Relationship Diagram, Desan basis data logik dan Model Relasional, Normalisasi, Structured Query Language (SQL) dan overview tekhnologi-teknologi basis data terkini.

Arsitektur Komputer 3(1-2)

      Mata kuliah ini mempelajari arsitektur komputer mikro dan peralatan pendukungnya, diagram sistem komputer, prinsip kerja drive, harddisk, CD, monitor, printer, plotter, keyboard, scanner, modem serta praktek perakitan sistem komputer.

Sistem Operasi Jaringan Komputer 3(1-2)

      Matakuliah ini mempelajari administasi sistem operasi jaringan (khususnya Linux- Windows) dan konfigurasi berbagai layanan jaringan meliputi sistem penamaan domain, sistem web, sistem email, sistem direktori, dan keamanan sistem.

Teknologi Routing 3(1-2)

      Matakuliah ini mempelajari teori dan mekanisme routing paket data pada jaringan komputer meliputi routing statik, routing dinamis, routing protokol interior, routing protocol exterior, algoritma dan cara kerja routing protokol.

Perancangan Sistem Digital 3(1-2)

      Mata kuliah ini mempelajari Disain, simulasi dan implementasi sistem digital lengkap dengan menggunakan divais logika terprogram (programmable logic devices); Konsep dasar pemodelan sistem digital: Menggunakan hardware description language; Penggunaan perangkat lunak untuk pemodelan sistem digital: VHDL/ Verilog, Xilinx, CUPL, spesifikasi deskripsi struktural, behavioral, dan data flow; Design entities, files u0026amp; libraries, processes, sequential statement, types, clock u0026amp; register finite state machines, metodologi algoritma sistem dan optimasi perancangan pada sistem digital; Prosedur alghoritmic state machine: Perancangan sequensial asinkron, state assignment u0026amp; reduction, hazard u0026amp; stability, penjabaran rangkaian sekuensial kembali ke transisi state, pemodelan VHDL, implementasi pada User PLD (Programmable Logic Device).

Pengantar Agroindustri 2(2-0)

        Mata kuliah ini dirancang dan disusun untuk mengantarkan mahasiswa ke pemahaman dunia agroindustri dalam arti luas dengan membahas berbagai topik yang berkaitan dengan agroindustri, antara lain pengertian pasca panen dan pengolahan hasil, pengertian nilai tambah produk pertanian, bentuk-bentuk olahan hasil pertanian, serta bentuk-bentuk proses pengolahan hasil pertanian.

Bahasa Indonesia 3(2-1)

      Mata kuliah ini mempelajari penguasaan dan penggunaan Bahasa Indonesia secara baik. Topik yang dibahas meliputi EYD, struktur kalimat, kalimat yang efektif dan logis, paragraf, jenis-jenis tulisan, karya ilmiah, dan penyajian lisan.

Sistem Klien Server 3(1-2)

      Mata kuliah ini mempelajari Prinsip dan penyusunan sistem berbasis klien server dengan menggunakan database server, web service, dan aplikasi client. Mempelajari administrasi database server, aplikasi web sebagai server dan aplikasi mobile.

Teknologi WAN 3(1-2)

      Mata kuliah ini mempelajari tentang layanan-layanan WAN, Teknologi Komunikasi Serial, Konfigurasi Point-to-Point Protocol pada link serial, Teknologi Frame Relay, Basic ACL untuk Layanan IP, Layanan-layanan Teleworker seperti xDSL, Cable TV, dan VPN, Layanan DHCP, Layanan Network Address Translation, dan Troubleshooting pada jaringan Enterprise.

Teknologi Switching 3(1-2)

      Mata kuliah ini mempelajari tentang rancang bangun jaringan menggunakan model 3 layer hirarki, konsep dasar switching, konfigurasi dasar switch, Virtual LAN (VLAN), VLAN Trunking Protocol (VTP), InterVLAN Routing, Spanning Tree Protocol (STP) dan Dasar-dasar Jaringan Nirkabel.

Sistem Mikroprosesor 3(1-2)

      Mata Kuliah ini mempelajari Mikroprosesor sebagai bagian utama dari sistem komputer yang mengorganisasikan semua operasi yang terjadi di dalam komputer. Pembahasan meliputi arsitektur internal mikroprosesor, pemprograman dengan bahasa assembly dan antar muka IO yang berguna untuk membangun aplikasi berbasis sistem mikroprosesor. Sebagai acuan digunakan mikroprosesor Intel 80×86 yang banyak digunakan dalam dunia usaha dan pendidikan di Indonesia. Pengembangan teknik antar-muka IO paralel dengan PPI 8255 dan pembangunan sistem minimem dengan mikrokontroler AT8051 juga turut dibahas.

Komputer Multimedia 3(1-2)

      Mata kuliah ini mempelajari konsep dasar multimedia, desain, warna, tipografi, animasi 2D, 3D, digital audio dan video serta berbagai macam efek audio dan video; Pemanfaatan perangkat lunak aplikasi terkini untuk mendesain objek, pembuatan animasi 2D dan 3D, serta pemanfaatan perangkat lunak aplikasi untuk melakukan video editing serta audio sehingga dihasilkan produk multimedia yang menarik.

Etika Profesi IT Engineer 1(1-0)

      Mata kuliah ini mempelajari Tinjauan umum etika, pekerjaan profesi dan profesional, tinjauan profesi dalam bidang IT Engineer, meningkatkan profesionalisme pekerja di bidang IT Engineer, peran organisasi dan kode etik dalam sebuah profesi, etika bisnis, hak kekayaan intelektual.

Bahasa Inggris 3(1-2)

      Mata kuliah ini mempelajari serangkaian skill untuk membaca dan memahami teks dalam bahasa Inggris dan meningkatkan penguasaan kosa kata pada level intermediate dengan topik bacaan yang sesuai dengan masing-masing program keahlian.

Kewirausahaan 3(1-2)

      Mata kuliah ini mempelajari pengetahuan tentang kewirausahaan mulai dari pengertian wirausaha, karakter seorang wirausaha, serta wawasan tentang perilaku dan kemampuan seorang wirausaha, dan contoh aplikasinya sesuai dengan kebutuhan muatan lokal setiap program keahlian.

Rekayasa Perangkat Lunak 3(1-2)

      Mata kuliah ini mempelajari tentang siklus pengembangan perangkat lunak, yang terdiri dari perencanaan, analisis, desain, implementasi, pengujian dan pemeliharaan. Topik yang tercakup dalam mata kuliah ini adalah: metodologi pengembangan perangkat lunak, perencanaan dan manajemen proyek pengembangan perangkat lunak, analisis permasalahan dan kebutuhan pengguna; pengorganisasian spesifikasi perangkat lunak; prinsip dasar perancangan perangkat lunak; implementasi; kualitas perangkat lunak dan uji coba sistem serta pemeliharaan perangkat lunak.

Jaringan Komputer Lanjut 3(1-2)

      Mata kulah ini mempelajari tentang Routing Protocol EIGRP Lanjut, Routing Protocol OSPF Lanjut, Path Control, Border Gateway Protocol (BGP), IPv6 Lanjut, Switch Port Aggregation dengan Teknologi EtherChannel, IP Telephony, Ultra Wide Band dan Teknologi Cellular.

Keamanan Jaringan Komputer 3(1-2)

      Mata kuliah ini mempelajari tentang layanan IP dengan DHCP, berbagai jenis ancaman terhadap jaringan dan Teknik-teknik dasar untuk mengatasinya, Implementasi teknologi firewall dengan Access Control List (ACL), Network Address Translation (NAT), Pengamanan akses administrative ke router dengan AAA (Authentication, Autorization, Accounting) menggunakan database lokal atau server RADIUS, Context-Based Access Control (CBAC) dan Zone-Based Firewall, Implementasi teknologi Intrusion Preventing System, Pengamanan Switch Layer 2, Cryptography, Implementasi Virtual Private Network (VPN).

Sistem Tertanam (Embedded System) 3(1-2)

      Mata kuliah ini mempelajari pengenalan mikrokontroller, konfigurasi sistem minimum, register dan fungsi-fungsinya, memori vs. I/O, Subsystem decoding, Static RAM/ EPROM interfacing, memory management, input/ output interfacing, pengembangan pengendali peralatan, hardware interrupts, FPM DRAM introduction, debugging techniques;software: addressing modes, data movement instructions, arithmetic u0026amp; logic instruction stack operation, program flow control instructions (Call/ Jump), Pemrograman pada sistem embedded (paradigm development tools), pengaksesan I/O (assembly), pengaksesan memori (assembly), pengujian, interupt menggunakan perangkat lunak, konsep waktu nyata, teknik debugging.

Pemrograman Berbasis Web 3(1-2)

      Mata kuliah ini mempelajari tentang pembuatan rancangan halaman web dan mempelajari konsep dasar hiperteks, HTML (tag), CSS, pembuatan halaman web (menggunakan editor teks atau Macromedia Dreamweaver), pembuatan script (JavaScript), JQuery, menampilkan data dalam web dengan format XML dan sesuai aturan DTD. Selain itu, mata kuliah ini mempelajari konsep dasar web dinamis, web server, dan server-side scripting (misalnya PHP), penggunaan basisdata (misal MySQL), implementasi konsep OOP dalam pemrograman berbasis web, pengolahan gambar, pengolahan file PDF u0026amp; spreadsheet, pengolahan grafik dan penggunaan framework yang menerapkan konsep Model, View u0026amp; Controller (MVC) dalam pemrograman berbasis web. Mata kuliah ini juga menjelaskan tentang tahapantahapan dalam melakukan hosting suatu web.

Praktik Kerja Lapangan 4 (0-4)

      Pada mata kuliah ini mahasiswa menerapkan pengetahuan yang telah dimilikinya pada bidang yang sesuai dengan kompetensi utama program keahlian di lingkungan dunia kerja seperti industri, instansi pemerintah, lembaga penelitian, atau lembaga pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam kegiatan operasionalnya. Hasil Kerja Praktek ini dituangkan dalam bentuk laporan tertulis dan harus diseminarkan.

Seminar 1 (0-1)

      Pada mata kuliah ini mahasiswa mempresentasikan hasil kerja praktek di depan kelas, mendapatkan umpan balik dari diskusinya, untuk penyusunan laporan kerja praktek, bertukar pengalaman kerja praktek.

Laporan Akhir 3 (0-3)

      Pada mata kuliah ini mahasiswa melakukan pendalaman suatu topik tertentu yang sesuai dengan kompetensi utama program keahlian dalam bentuk proyek individu. Topik yang dikaji bisa diperoleh dari hasil kegiatan Kerja Praktek atau pengembangan kajian produk tertentu dibawah arahan dosen pembimbing tugas akhir. Hasil tugas akhir dituangkan dalam bentuk laporan tertulis dan diuji di hadapan beberapa dosen.