Acara Harmoni Budaya 2024: Membawa Gen-Z Kembali ke Budaya Tradisional Indonesia

Minggu, 28 April 2024

Badan Eksekutif Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University menyelenggarakan Acara Harmoni Budaya 2024 di pelataran Sekolah Vokasi IPB Kampus Sukabumi. Acara bertujuan untuk melestarikan kebudayaan Indonesia dengan menampilkan bakat seni melalui nyanyian daerah, tarian tradisional, dan aktivitas kesenian lainnya.

Dekan Sekolah Vokasi IPB, Dr. Aceng Hidayat, M.T, menyambut baik inisiatif mahasiswa dalam mengadakan event budaya ini. “Mahasiswa harus mencintai kebudayaan tradisional sebagai warisan yang harus dijaga bersama. Acara semacam ini harus sering digelar, terutama di Sekolah Vokasi IPB,” ujar Dr. Aceng.

Lebih lanjut, Dr. Aceng mengatakan bahwa dengan mencintai kebudayaan tradisional, seseorang menanamkan karakter yang kuat untuk dirinya, lingkungan, dan masa depan, di mana pun ia berada. Hal ini menjadi penting bagi lulusan Vokasi untuk selalu mempertahankan karakter tersebut dalam kehidupan profesional di masa depan.

“Melalui cinta dan penghargaan terhadap kebudayaan tradisional, mahasiswa tidak hanya memperkaya diri mereka sendiri, tetapi juga menanamkan nilai-nilai yang kuat dalam diri mereka untuk menghadapi tantangan di dunia profesional kelak,” ujar Dr. Aceng.

Tema kegiatan ini, “Gen-Z Kembali ke Budaya Tradisional Indonesia”, mengajak generasi muda untuk kembali mengapresiasi kebudayaan tradisional. Perlombaan dan pameran dalam acara ini mencakup ajang penggalian bakat dan potensi mahasiswa di bidang seni dan budaya. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk memperkenalkan serta mempromosikan Kampus Sekolah Vokasi IPB University kepada sekolah-sekolah di Sukabumi, serta menjalin persaudaraan dan kebersamaan melalui kesenian dan budaya.

Wakil Manajer Kampus Sukabumi, Dr. Andri Iskandar, S.Pi., M.Si, M.Sc, yang turut hadir dalam kegiatan mengatakan kegiatan ini merupakan langkah awal dalam menyelaraskan mahasiswa dengan kebudayaan tradisional Indonesia. “Melalui ajang ini, kami berharap mahasiswa dapat menjadi agen pelestari budaya dan turut serta dalam mengembangkan kebudayaan Indonesia,” Ujar Dr. Andri.

Acara Harmoni Budaya 2024 juga dihadiri oleh dosen-dosen Sekolah Vokasi IPB dan mahasiswa-mahasiswi Sekolah Vokasi. Diharapkan bahwa acara ini dapat menjadi momen yang memperkaya pengetahuan, pengalaman, dan apresiasi akan kebudayaan Indonesia bagi semua peserta yang hadir. (GBD/ASW)

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142