Jalin Kerjasama, Sekolah Vokasi IPB Tandatangani MoA dengan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi

Bogor, 15 Oktober 2021 – Sekolah Vokasi IPB University dengan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambimenandatangani Memorandum of Agreement (MoA) di bidang Pendidikan, Penelitian Terapan, dan Pengabdian Masyarakat antara kedua belah pihak. Penandatanganan dilakukan di Executive Lounge Gedung Dekanat Sekolah Vokasi IPB yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi Prof. Drs. Damris M, M.Sc., Ph.D; Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan SV-IPB Dr. Ir. Wawan Oktariza; MSi, Ketua Prodi Supervisor Jaminan Mutu Pangan Dr. Andi Early S.TP., MP; Ketua Prodi Teknik dan Manajemen Lingkungan Dr. Ir. Sulistijorini, Msi; Ketua Prodi Analisis Kimia Armi Wulanawati, SSi., MSi, Ketua Komisi Kerjasama Dr. Pria Sembada, MSc; serta Ketua Komisi Humas dan Alumni SV-IPB Willy Bachtiar, M.IKom.

Perjanjian kerjasama meliputi peningkatan kapasitas sumberdaya manusia melalui pendidikan vokasi, pengembangan kurikulum dan konten pembelajaran, serta pnelitian terapan terutama di bidang kimia, lingkungan, industri makanan, dan bidang-bidang lainnya.

Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan SV-IPB, Dr. Ir. Wawan Oktariza mengungkapkan kerjasama ini merupakan bentuk kewajiban perguruan tinggi untuk saling menguatkan, karena di era saat ini kita tidak lagi berkompetisi melainkan harus dapat berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai pihak termasuk tentu saja Perguruan Tinggi lain.

“Saya rasa kerjasama dengan Universitas Jambi ini merupakan kewajiban moral kami untuk membesarkan perguruan tinggi lainnya sehingga nantinya akan ikut naik, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Di era kolaborasi ini, kompetisi bukan lagi jadi persoalan apalagi perguruan tinggi harus saling bekerja sama. Kerjasama tersebut bisa berupa kerjasama pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, pertukaran dosen maupun pertukaran mahasiswa.”pungkasnya

Sementara itu, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi, Prof. Drs. Damris M, M.Sc., Ph.D juga mengungkapkan kesan yang luar biasa dapat bekerja sama dengan Sekolah Vokasi IPB University.

“Dengan adanya kebijakan MBKM, perguruan tinggi harus memberikan peluang sebesar-besarnya bagi mahasiwa untuk dapat melaksanakan kegiatan di luar kampus tidak hanya di industri, tetapi juga di kampus atau perguruan tinggi lain. Dengan adanya peluang ini. Kami berharap mahasiswa kami dari Universitas Jambi dapat mengikuti magang di Sekolah Vokasi IPB.”ujarnya

“Kesan yang sangat luar biasa dapat bekerja sama dengan SV-IPB. Kerjasama ini terbuka luas bukan hanya untuk mahasiswa sebagai tempat magang tetapi konteks kerjasama juga diperuntukkan bagi dosen dalam hal penelitian bersama, pembimbingan kepada mahasiswa bersama dan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan mitra perguruan tinggi maupun dunia usaha dunia industri.”tutupnya

Sekolah Vokasi IPB berharap kerjasama ini dapat membuka jalan bagi kerjasama yang lebih erat antara IPB University dan Universitas Jambi di bidang lain. (WB)

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142