Dosen Program Studi Akuntansi, ikuti workshop Aplikasi Audit Tool and Linked Archive System (ATLAS) bekerjasama dengan Kementerian Keuangan.

Minggu 15/10/23-Dosen Program Studi Akuntansi D4 Sekolah Vokasi IPB mengikuti workshop Aplikasi Audit Tool and Linked Archive System (ATLAS) bekerjasama dengan Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI). Acara Workshop dilaksanakan pada 14-15 Oktober, di Kampus Sekolah Vokasi IPB, Kota Bogor.

Dilansir dari laman www.pppk.kemenkeu.go.id, ATLAS merupakan sebuah aplikasi audit berbasis online dikembangkan oleh Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (PPPK) bekerja sama dengan Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI).

Hadir sebagai pembicara, Eko Suprapto, SE., M.Acc., CA., CPA selaku tim pengembang ATLAS dari Pusat Pembinaan Profesi Keuangan Kemenkeu RI memaparkan materi-materi terkait aplikasi ATLAS. Eko mengatakan, saat ini diperlukan aplikasi untuk memudahkan auditor saat mengaudit laporan keuangan sebuah perusahaan, guna mengetahui seberapa layak penyajian laporan keuangan yang dibuat oleh perusahaan.

“Perkembangan teknologi berbasis aplikasi harus terus adaptif dengan kebutuhan, salah satunya laporan keuangan. Maka ATLAS diharapkan dapat membantu auditor untuk menganalisis laporan keuangan untuk mengetahui kelayakan keuangan pada perusaan tersebut”. Ujar Eko.

Workshop di hadiri oleh sembilan dosen dari Program Studi Akuntansi. Sementara itu, Ketua Program Studi Akuntansi D4 Sekolah Vokasi IPB Ratih Pratiwi, S.E., M.Ak., CAP., Cert.DA, mengatakan tujuan mengadakan workshop ATLAS ini untuk meningkatkan kompetensi dosen serta mendukung proses pembelajaran praktikum mata kuliah Pengauditan berbasis IT sehingga dapat membekali pengetahuan dan wawasan mahasiswa magang dan siap bekerja di bidang audit.

“Kami ingin para dosen di Program Studi Akuntansi untuk terus meningkatkan kemampuannya agar dapat memaksimalkan kecanggihan teknologi untuk digunakan dalam implementasi berbasis kebutuhan khususnya dalam bidang audit” jelas Ratih.

Ia menambahkan selain menambah skill, lulusan Program Studi D4 Akuntansi SV IPB kedepan dapat menjadi auditor yang handal dan profesional dalam penyusunan kertas kerja audit. “Semoga kedepan para lulusan dari Program Studi Akuntansi Sekolah Vokasi IPB mampu, cakap, dan terampil menjadi menjadi auditor diberbagai perusahaan bersakala nasional, hingga internasional” tutup Ratih.

(ASW)

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142