Dosen Mengabdi Sekolah Vokasi IPB University Berikan Pengetahuan terkait Diversifikasi Produk Pangan dan Usaha Pengolahan Ayam Broiler di Desa Balentuk, Cimahpar

Jumát, 17/11/2023 – Sebagai Upaya Diversifikasi Pangan dan Peningkatan Nilai Jual di Desa Balentuk Cimahpar, sejumlah Dosen Sekolah Vokasi IPB melakukan kegiatan pengabdian masyarakat terkait pengolahan produk daging ayam broiler sehat dan bergizi .

Kegiatan ini dilaksanakan di tempat peternakan ayam PT Zara Property Farm milik Bagus Widiatmoko, S.Pt. yang berada di Desa Balentuk, Kecamatan Cimahpar, Bogor, Jawa Barat.  PT Zara Property Farm tercatat sebagai salah satu mitra kampus Sekolah Vokasi IPB yang mendukung kegiatan pemberdayaan kepada masyarakat sebagai bentuk dari Program Social Responsibility Perusahaan.

Ketua tim dosen mengabdi Intani Dewi, S,Pt, M.Sc. M.Si. mengatakan peran wanita dalam dunia bisnis saat ini cukup besar. Banyak peluang yang dapat dilakukan bahkan dari rumah sekalipun.

”Banyak peluang usaha yang dapat dilakukan wanita dari rumah, salah satunya adalah membuat olahan hasil ternak. Wanita dapat berbisnis dari rumah dengan waktu yang fleksibel” ujar Intani.

Tim  dosen mengabdi lainnya, Vieta A. Nurhidayati, S.Gz., M.Sc. menjelaskan materi mengenai kandungan gizi yang terdapat dalam satu porsi makanan olahan daging ayam dan hati ayam. Sementara itu Ai Imas F. F., STP, MP, M.Sc. memberikan materi mengenai tips dalam penanganan dan pengolahan untuk menghasilkan ayam yang bermutu.

“Penanganan dan pengolahan yang tidak baik dapat menyebabkan ayam terkontaminasi”. Oleh karena itu, pilihlah daging ayam yang bermutu baik, terapkan sanitasi dan hygiene yang baik, dan simpan pada suhu rendah atau dingin”, ujar Ai Imas.

Selanjutnya, tim dosen lainnya Gilang Ayuningtyas, S.Pt., M.Si. mengatakan bahwa Diversifikasi olahan dari bahan pangan ternak terutama ayam dapat meningkatkan nilai tambah dari bahan pangan.

“Olahan ayam seperti nugget, abon, serta berbagai camilan seperti keripik hati ayam yang diharapkan mampu meningkatkan konsumsi daging ayam serta meningkatkan nilai tambah dan gizi bagi produk makanan” ujar Gilang dosen Program Studi Teknologi Manajemen Ternak ini.

Dosen Program Studi Teknologi Manajemen Ternak lainnya Fitriani Eka Puji Lestari, S.Pt., M.Si menyoroti peluang pengembangan inovasi olahan pangan terutama dari ayam broiler di Desa Baletuk, Kecamatan Cimahpar ini sangat besar. Hal ini memberikan peluang bagi program Dosen Mengabdi di Kecamatan Cimahpar untuk dilanjutkan di masa yang akan datang sehingga manfaatnya dapat diambil secara optimal oleh masyarakat lokal dan pemerintah setempat.

“Sikap dari masyarakat Kecamatan Cimahpar yang sangat terbuka dan semangat dalam mengikuti program ini akan menjadi nilai plus agar kegiatan ini berjalan dengan lancar dan berhasil” ujar Fitriani.

Peserta dalam kegiatan tersebut berjumlah 60 orang yang merupakan ibu rumah tangga. Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian acara. Salah satu peserta kegiatan Siti mengaku pertama kali mengikuti kegiatan yang diadakan oleh Sekolah Vokasi IPB ini. Ia menambahkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk dirinya dan ibu-ibu lainnya.

 ”Kegiatan seperti ini pertama kali dilakukan disini, saya sangat senang dan siap melakukan kerjasama dengan dosen Sekolah Vokasi agar ada kegiatan yang bermanfaat dan bisa menghasilkan uang dari rumah” tutup Siti. (ASW/GBD)

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142