Khairunissa, Mahasiswi Prodi Akuntansi Sekolah Vokasi IPB University, Berbagi Pengalaman Program MSIB di Kompas Gramedia

Khairunissa, atau yang akrab disapa Ica, mahasiswi jurusan Akuntansi Sekolah Vokasi IPB University, berhasil mengukir prestasi gemilang dengan lolos dalam Program Kampus Merdeka MSIB Batch 6. Program yang diinisiasi oleh Kemendikbudristek ini bertujuan mempersiapkan karier mahasiswa melalui Magang dan Studi Independen Bersertifikat, serta memberikan kesempatan belajar di luar program studi dengan jaminan konversi SKS. Program ini juga menyediakan bimbingan dari mentor dan Dosen Pembimbing Program (DPP) untuk para peserta.

“Saya berhasil lolos di salah satu big corporate di Indonesia yaitu PT. Digital Inisiatif atau biasa disebut dengan Kompas Gramedia. Saya tidak pernah menyangka bahwa saya bisa lolos di salah satu perusahaan besar di mana pada saat itu pendaftar mencapai 50.869 mahasiswa dari seluruh Indonesia, dan saya menjadi salah satu dari 330 mahasiswa yang berhasil lolos di Kompas Gramedia,” ujar Ica dengan penuh antusiasme.

Magang yang dilakukan Ica berlangsung di PT. Dyandra Promosindo, anak perusahaan Kompas Gramedia yang bergerak di bidang event dan venue. Di sini, Ica terjun langsung ke bidang Finance, Accounting, dan Tax, khususnya pada bagian Account Receivable. Pengalaman ini mempertemukan Ica dengan berbagai proses bisnis seperti penagihan, pengarsipan, penjurnalan, hingga perhitungan pendapatan perusahaan.

“Teori dan praktik yang diajarkan selama kuliah dengan jurusan Akuntansi sangat membantu saya dalam menjalani program magang ini. Mulai dari proses penagihan, pengarsipan, penjurnalan, sampai dengan perhitungan terkait pendapatan perusahaan,” jelasnya.

Bagi Ica, program magang ini tidak hanya memperkaya pengetahuan akademisnya, tetapi juga mengasah keterampilan komunikasinya. Menjalin kerjasama antar perusahaan dalam bidang event membutuhkan komunikasi yang efektif. Ica belajar banyak dari para profesional berpengalaman dan membangun relasi yang luas, termasuk dengan penanggung jawab perusahaan klien serta rekan-rekan di bagian Account Receivable dari perusahaan-perusahaan besar lainnya.

“Posisi Account Receivable memiliki peran yang cukup penting dalam terselenggaranya kegiatan, terutama dalam keuangan perusahaan. Relasi saya juga semakin luas dengan adanya program ini, dan saya banyak belajar dari orang-orang yang sudah memiliki banyak pengalaman di sini,” tambahnya.

Fasilitas yang disediakan oleh Program MSIB sangat memadai bagi mahasiswa di seluruh Indonesia. Para mentor dan DPP berperan aktif dalam memberikan bimbingan, membantu mahasiswa seperti Ica untuk menavigasi lingkungan kerja yang baru dan penuh tantangan. Dengan dukungan ini, Ica merasa lebih siap dan percaya diri untuk mengeksplorasi lebih jauh di bidang Akuntansi.

“Saya berharap, berhasilnya saya lolos dalam program ini bisa membuat saya lebih mengeksplor dan melangkah lebih jauh lagi tentunya pada bidang Akuntansi,” tutup Ica.

Prestasi Ica menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain untuk berani bermimpi dan berusaha keras, karena kesempatan emas bisa datang kepada siapa saja yang siap untuk meraihnya. (AKI/ASW).

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare