Mahasiswa Program Studi Paramedik Veteriner Sekolah Vokasi IPB University Siap Pastikan Kesehatan Hewan Kurban di Jawa Barat

5 Juni 2024

Sebanyak 11 mahasiswa dari Program Studi Paramedik Veteriner (PVT) angkatan 59 Sekolah Vokasi IPB University turut berkontribusi dalam kegiatan pemeriksaan kesehatan hewan kurban tahun 2024/1445 H. Mahasiswa tersebut dilepas secara resmi dalam sebuah acara di halaman Balai Kota Bogor pada Senin (3/5) lalu. Kegiatan ini bertujuan memastikan kesehatan hewan kurban yang ada sesuai dengan syariat Islam dan memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam melaksanakan ibadah kurban.

Kegiatan pelepasan ini diadakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam melaksanakan ibadah kurban. Mahasiswa PVT, bersama dengan petugas lainnya, akan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di berbagai lokasi penampungan dan penjualan di Kota Bogor serta daerah lainnya di Provinsi Jawa Barat.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya peran petugas dalam memastikan hewan kurban memenuhi syarat kesehatan dan syariat Islam. “Sejauh ini, hewan kurban di Jabar sehat, tetapi penting dipastikan bahwa hewan kurban harus memenuhi syariat Islam. Pembeli harus bertanya mengenai umur hewan karena ada syarat minimal,” ujar Bey.

Bey juga menekankan pentingnya komunikasi antara petugas, pedagang, dan pembeli. “Tim pemeriksa kesehatan hewan kurban harus memastikan bahwa informasi mengenai detail hewan yang layak dikurbankan disampaikan dengan jelas. Kami juga mengharapkan pelayanan maksimal kepada pedagang untuk mendapatkan sertifikat sehat secara gratis,” tambahnya.

Ketua Program Studi Paramedik Veteriner, drh. Henny Endah Anggraeni, M.Sc., menjelaskan bahwa kegiatan pemeriksaan hewan kurban ini dilakukan oleh mahasiswa semester 4 yang sudah mendapatkan mata kuliah keamanan produk hewani. Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang telah mereka pelajari. “Mahasiswa semester 4 yang telah mempelajari mata kuliah keamanan produk hewani berkesempatan untuk mengaplikasikan ilmunya melalui kegiatan pemeriksaan hewan kurban ini,” ujarnya.

Dengan partisipasi mahasiswa PVT dalam tim pemeriksa hewan kurban, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam memastikan kesehatan dan kualitas hewan kurban di Jawa Barat. Hal ini juga menjadi bentuk nyata dari penerapan ilmu yang telah mereka pelajari di bangku kuliah. (PVT/ASW)

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare