45 Mahasiswa Program Studi Paramedik Veteriner Ikuti Uji Kompetensi di LSP Sekolah Vokasi IPB University

16 Juli 2024

Sebanyak 45 mahasiswa sarjana terapan dari Program Studi Pramedik Veteriner mengikuti uji sertifikasi kompetensi di Tempat Uji Kompetensi (TUK) Gedung Zeta dan Klinik Hewan Kampus Gunung Gede Sekolah Vokasi IPB University. Kegiatan yang berlangsung selama empat hari ini dimulai pada Selasa, 16 Juli 2024. Uji kompetensi ini mengacu pada skema KKNI Kualifikasi 6 Subbidang Medik Veteriner Penanganan dan Pengendalian Kesehatan Hewan.

Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Vokasi IPB University, Uding Sastrawan, S.P., M.Si, menjelaskan tujuan utama dari sertifikasi ini. “Salah satu tujuan sertifikasi kompetensi adalah untuk memastikan bahwa kompetensi atau profesi mahasiswa, terutama mahasiswa vokasi, sesuai dengan kompetensi utamanya,” ujar Uding. Sertifikasi kompetensi ini merupakan proses pemberian sertifikat yang dilakukan secara sistematis dan objektif melalui uji kompetensi yang mengacu pada standar kompetensi kerja nasional maupun internasional.

Sebagian peserta uji sertifikasi kompetensi ini adalah penerima hibah Program Sertikom Mahasiswa Vokasi dari Ditjen Pendidikan Vokasi Kemdikbudristek tahun 2024, sementara sebagian lainnya adalah peserta mandiri. Acara ini diharapkan dapat memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa serta meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam menghadapi dunia kerja. Sertifikasi ini juga diakui oleh industri dan diharapkan dapat meningkatkan daya saing lulusan di pasar kerja.

Proses uji sertifikasi ini melibatkan dosen-dosen Program Studi Pramedik Veteriner sebagai asesor yang telah memiliki sertifikat kompetensi teknis dan sebagai asesor berlisensi BNSP. Asesor tersebut termasuk Dr. Drh. Henny Endah Anggraeni, M.Sc, Dr. Drh. Erni Sulistiawati, Drh. Heryudianto Vibowo, M.Si, Drh. Surya Kusuma Wijaya, M.Si, dan Drh. Tetty Barunawati Siagian, M.Si. Mereka tidak hanya terlibat dalam pelaksanaan ujian, tetapi juga dalam perencanaan asesmen (MAPA) sebagai perangkat ujian yang sudah divalidasi oleh BNSP.

Ketua Program Studi Pramedik Veteriner, Dr. Drh. Henny Endah Anggraeni, M.Sc, berharap para peserta menunjukan kemampuannya dalam ujian kompetensi ini. “Kami sangat berharap bahwa melalui uji sertifikasi ini, para mahasiswa dapat menunjukkan kompetensi mereka dan siap untuk berkontribusi secara profesional di bidang pramedik veteriner,”

Sekolah Vokasi IPB University melaksanakan uji sertifikasi kompetensi ini sebagai langkah penting untuk memastikan mahasiswa memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk memasuki dunia kerja profesional. Sertifikasi ini menilai dan mengukur kemampuan teknis serta pengetahuan yang telah dipelajari selama masa studi, serta kesiapan mereka dalam menghadapi tantangan di bidang pramedik veteriner. Dengan pelaksanaan uji kompetensi ini, diharapkan lulusan Program Studi Pramedik Veteriner akan lebih siap dan kompeten dalam memasuki industri kesehatan hewan, serta mampu bersaing di pasar kerja global.

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare