Pra Lokakarya Sistem Blok K2020: Dekan Sekolah Vokasi IPB Fokus pada Kolaborasi, Mindset, Sarana, dan Kekhasan Kurikulum 

17 Mei 2024

Sekolah Vokasi IPB University menggelar pembukaan kegiatan Pra Lokakarya K2020 Sistem Blok Program Sarjana Terapan pada Jumat (17/5). Pra Lokakarya yang bertempat di Ballroom Gedung Starup Center Kampus IPB Taman Kencana ini, bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui persiapan yang mendalam dan sinkronisasi kurikulum. Selama dua hari, kegiatan ini melibatkan pemaparan dari 16 program studi, yang berfokus pada penjabaran dan penyempurnaan sistem blok untuk pendidikan berbasis Vokasional yang lebih efektif dan efisien.  

Dalam pembukaan acara, Dekan Sekolah Vokasi, Dr. Ir. Aceng Hidayat, M.T., menyampaikan empat poin utama yang menjadi fokus lokakarya ini. Pertama, Dr. Aceng mengucapkan terima kasih atas dukungan dan pendampingan dari Direktorat Transformasi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran (DTPTP) serta Direktorat Administrasi Pendidikan (DITAP). Ia menegaskan bahwa tanpa dukungan ini, implementasi sistem blok tidak akan bisa berjalan dengan baik.  

Dukungan ini sangat krusial untuk suksesnya implementasi sistem blok, kami mengucapkan terima kasih atas kolaborasinya dari tim DTPTP dan tim DITAP yang sudah mendukung dan mendampingi selama proses pembuatan sistem blok ini dilakukan,” ujar Dr. Aceng. 

Kedua, Dr. Aceng menambahkan perlunya perubahan mindset pengajaran di kalangan dosen. Menurutnya, teknik pengajaran dan pendekatan sistematis harus disesuaikan dengan sistem blok yang akan diterapkan. “Kami akan mengubah cara pandang dosen terhadap teknik pengajaran agar lebih sesuai dengan pendekatan sistem blok yang akan diterapkan,” katanya.  

Selanjutnya, Dr. Aceng menyoroti pentingnya peningkatan sarana dan prasarana setelah pembuatan sistem blok ini diselesaikan. Sekolah Vokasi IPB University akan fokus pada melengkapi fasilitas kuliah dan praktikum guna meningkatkan kualitas pendidikan. Dr. Aceng berharap bahwa upaya ini dapat lebih meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa.  

“Ini diharapkan dapat lebih meningkatkan kualitas pendidikan yang kami berikan kepada mahasiswa, karena  fasilitas yang memadai adalah kunci untuk mendukung pembelajaran yang efektif” Ujarnya.  

Pada akhir sambutan, Dr. Aceng menegaskan bahwa sistem blok yang sedang dirancang harus mencerminkan kekhasan Sekolah Vokasi, bebas dari kendala IT, dan memastikan bahwa IT dapat menyesuaikan dengan sistem pembelajaran yang baru. “Sistem blok ini harus menonjolkan kekhasan kami dan IT harus mendukung, bukan menghambat,” pungkas Dr. Aceng.  

Pra Lokakarya ini sangat penting untuk memastikan bahwa program studi memahami struktur, metode, dan tujuan dari sistem blok, sehingga persiapan pembelajaran bisa dilakukan dengan lebih efektif dan efisien. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Vokasi IPB University. (ASW) 

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare