Implementasi Project Based Learning: Festival Budaya Nusantara ke-15 Siap Digelar oleh Mahasiswa Program Studi Komunikasi Digital dan Media Sekolah Vokasi IPB 

17 Mei 2024 

Program Studi Komunikasi Digital dan Media, Sekolah Vokasi IPB University kembali akan menggelar Festival Budaya Nusantara ke-15 pada hari Minggu 19 Mei nanti. Tahun ini kegiatan kembali akan digelar di Alun-Alun Kota Bogor. Festival Budaya Nusantara merupakan kegiatan tahunan yang telah menjadi ikon bagi Program Studi Komunikasi Digital dan Media. Acara ini tidak hanya menampilkan ragam budaya dari Sabang sampai Merauke, tetapi juga mempromosikan pariwisata budaya Indonesia dan memperkuat identitas budaya lokal (17/5). 

Tahun ini, festival mengusung tema “Jelajah Gemilang Persatuan,” dengan tujuan  mengedukasi masyarakat mengenai kekayaan budaya Indonesia dan meningkatkan kebanggaan terhadap warisan budaya yang tak ternilai. Festival Budaya Nusantara ke-15 ini juga merupakan implementasi dari Project Based Learning (PBL) yang diterapkan oleh mahasiswa Sekolah Vokasi IPB khususnya Prgram Studi Komunikasi Digital dan Media Angkatan 60.  

Koordinator Mata Kuliah Praktik Festival Budaya, Rici Tri Harpin Pranata, S.KPm., M.Si menjelaskan bahwa festival tahun ini berfokus pada integrasi digital dalam promosi budaya. Dia menekankan bahwa para mahasiswa telah diberi tugas untuk mempromosikan budaya melalui media sosial, menggunakan QR code di stand-stand mereka, sehingga  dapat diakses oleh pengunjung nantinya untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kebudayaan tersebut.  

“Kami sekarang mencoba untuk lebih memperdalam aspek digitalnya, jadi penugasan mahasiswa juga melalui pembuatan promosi-promosi budaya secara digital. Di stand-stand nanti akan ada QR code yang bisa diakses oleh para pengunjung,” kata Rici Tri Harpin. 

Rici juga menjelaskan perubahan dalam mekanisme sponsorship tahun ini yang berbeda dengan tahun sebelumnya. “Tahun lalu, sponsorship dibebankan kepada tim inti panitia, tetapi tahun ini setiap kelompok kecil bertanggung jawab mencari sponsor. Ini untuk melatih soft skill seperti komunikasi, negosiasi, dan kolaborasi,” jelasnya. 

Rici juga menyoroti pentingnya kerja sama dengan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), yang telah menjadi mitra penting dalam festival tahun ini. Banyak kelompok mahasiswa bekerja sama dengan TMII untuk mendapatkan masukan tentang penampilan yang perlu ditunjukkan kepada masyarakat. 

“Banyak kelompok mahasiswa bekerja sama dengan TMII untuk mendapatkan masukan tentang penampilan yang perlu ditunjukkan kepada masyarakat. Ini membantu mereka dalam memahami dan mempromosikan budaya dengan lebih baik,” ujar Rici. 

Sementara itu, ketua panitia M. Qidam Kusnandar mengatakan bahwa persiapan acara sudah mencapi 90%. Dia menyebutkan kegiatan Festival Budaya Nusantara ini telah membantu mahasiswa untuk belajar dan berkolaborasi secara efektif. 

“Persiapan acara sudah mencapai 90%, dan kami sangat antusias melihat hasil kerja keras kami selama beberapa bulan terakhir. Kegiatan ini sangat membantu kami belajar bagaimana berkolaborasi dan mengelola proyek besar seperti ini,” kata Qidam. (ASW)

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare