Mahasiswi Program Studi Komunikasi Digital dan Media Menjelajahi Dunia Ekonomi, Bisnis dan Keuangan Sebagai Social Media Specialist dari Program Magang MSIB

18 Mei 2024

MSIB atau Magang dan Studi Independen Bersertifikat adalah salah satu program unggulan Kampus Merdeka yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Program ini bertujuan untuk memberikan mahasiswa pengalaman kerja nyata dan kesempatan untuk belajar di luar kampus dengan cara yang terstruktur dan bersertifikat.

Banyak manfaat bagi mahasiswa yang mengikuti program ini. Kegiatan MSIB yang diikuti mahasiswa diakui dan dihitung sebagai bagian dari kredit akademik mereka. Selain pengembangan keterampilan dan kreativitas, mahasiswa juga memiliki kesempatan untuk membangun jaringan profesional dengan berbagai perusahaan dan institusi. OIeh karena itu, program ini sangat diminati oleh banyak mahasiswa di Indonesia.

Seperti yang dilakukan oleh Friska Aurelia. Salah satu mahasiswi semester 6 di IPB University, Program Studi Komunikasi Digital dan Media Sekolah Vokasi IPB University. Ia mengikuti program magang MSIB di salah satu perusahaan yang bergerak di bidang media, yaitu PT Digital Inisiatif atau yang sering dikenal dengan Kompas Gramedia di daerah Palmerah, Jakarta Pusat. Selama masa magangnya, ia bekerja di bawah tim Marketing Communication sebagai Social Media Specialist di media berita Kontan, yang terkenal dengan liputan mendalam tentang ekonomi, bisnis, keuangan, saham, dan emas.

“Saya sangat senang bisa bergabung dengan tim Kontan. Pengalaman ini membuka banyak wawasan baru bagi saya, terutama di bidang ekonomi, saham, dan emas yang sebelumnya belum pernah saya dalami secara mendalam. Karena Kontan adalah media berita ekonomi dan bisnis, saya juga banyak mendapatkan materi terkait bisnis seperti strategi digital marketing,” ujar Friska dengan antusias.

Dalam perannya, ia bertanggung jawab mengelola dan mengembangkan konten media sosial Kontan, mencakup strategi konten, pembuatan postingan menarik, dan analisis kinerja konten. “Kreativitas dan kecepatan dalam merespons tren di media sosial, sekaligus memastikan informasi atau berita yang disampaikan tetap akurat dan bermanfaat bagi para pembaca menjadi suatu hal yang penting dalam tugas ini,” tambahnya.

Selain mendapatkan keterampilan teknis, Friska juga mengapresiasi pengalaman kerja dalam tim yang solid dan profesional. Dia juga mengisahkan betapa mentor dan para senior di tempat magangnya sangat membantu dan memberikan bimbingan yang berharga. “Para mentor dan senior di sini sangat baik dan selalu siap membantu. Mereka memberikan banyak saran dan masukan yang membantu saya berkembang,” ujarnya.

Friska menyarankan mahasiswa lain untuk memanfaatkan kesempatan magang seperti ini. “Program MSIB merupakan platform yang sangat baik untuk mengembangkan diri dan memperoleh pengalaman kerja yang relevan. Jangan ragu untuk mencoba dan belajar hal-hal baru juga menantang,” tutup Friska.

Dengan semangat dan dedikasinya, Friska Aurelia telah membuktikan bahwa program magang bisa menjadi jembatan yang efektif menuju karir yang sukses dan memuaskan. Magangnya di Kontan tidak hanya memberikan pengalaman berharga, tetapi juga inspirasi bagi banyak mahasiswa lainnya yang ingin meraih impian mereka di dunia profesional. (FRS/ASW).

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare