Sabtu 11/11/2023 – Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB yang tergabung dalam Program Magang dan Studi Indpendent Bersertifikat (MSIB) Batch 5 telah melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan itu dilaksanakan melalui pengadaan buku yang ditargetkan berjumlah 100 buah.

MSIB merupakan merupakan salah satu program dari Perkumpulan Ruang Belajar Aqil (RBA), platform pemberdayaan masyarakat daerah yang bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kegiatan pengadaan buku ini dilakukan untuk meningkatkan sumber daya perpustakaan dan menyediakan akses buku terhadap masyarakat setempat.

Program tersebut bertujuan untuk mendorong peningkatan akses terhadap berbagai jenis buku sehingga dapat mendorong minat baca masyarakat. Melalui kecukupan  ketersedian buku maka akan mendorong peningkatan literasi masyarakat melalui Taman baca masyarakat (TBM).

Oleh karena itu, program pengadaan buku ini dilaksanakan disalah satu TBM, yakni Galeri Kreatif sebagai kolaborator Ruang Belajar Aqil dan menjadi sasaran atau target dari program Pengadaan 100 buku. Pelaksanaan kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Pendiri TBM Galeri Kreatif, Muzeki S.Pd.

Muzeki S.Pd mengungkapkan melalui peningkatan pengadaan jumlah buku tersebut diharapkan dapat mempermudah akses masyarakat dalam merambah lebih banyak ilmu pengetahuan yang dapat digunakan sebagai modal untuk medorong pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

“Kami segenap pengurus TBM Galeri Kreatif sangat mengapresiasikan kegiatan tersebut karena kami tahu seberapa besar ilmu dari sebuah buku serta seberapa sulit untuk memperolehnya. Kami sangat berterimakasih atas donasi yang diberikan, menurut kami ini sangat luar biasa karena teman- teman mahasiswa yang masih muda – muda ini sangat peduli terhadap pendidikan khususnya literasi,apalagi saat ini di galeri kreatif memang sangat kekurangan buku – buku bacaan anak – anak sehingga buku ini akan sangat memberi manfaat sekali buat kami dan anak – anak di galeri kreatif,” kata Muzeki, Jumat (10/11/2023).

Pada kesempatan yang sama, koordinator kegiatan dan salah satu peserta MSIB Batch 5, Julhari Alauddin, mengungkapkan program itu diselenggarakan dengan membuka donasi pada Jum’at, 2 Oktober 2023 dan diakhiri dengan penerimaan secara resmi pada Jum’at 10 November 2023 di Desa Rejoyoso, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

“Kegiatan donasi dilakukan melalui platform media digital seperti Instagram, Whatsapp, dan Tik Tok. Relawan menyebarkan patflet atau poster terkait dengan pengadaan buku untuk TBM Galeri Kreatif.  Selama kegiatan open donasi, relawan mendapatkan sumbangan sebesar Rp. 1.500.000 yang kemudian digunakan untuk membeli buku dengan total 139 buku dapat diperoleh,” ujar Julhari.

Secara terpisah, Tri Budiarto (Dosen Sekolah Vokasi IPB University salah satu dosen pembimbing) menyampaikan bahwa mahasiswa berhasil meningkatkan daya sensivitas dan empatinya terhadap dunia Pendidikan. Belum semua anak-anak mampu membeli buku untuk dibaca. Harapannya dengan kegiatan ini, para stakeholder yang terlibat akan selalu komitmen sehingga program-program seperti ini akan berkesinambungan. (ASW/GBD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *