Dekan Sekolah Vokasi IPB:  Dorong Penciptaan Lulusan Berkompeten Melalui Kurikulum Sistem Blok

Senin,13/11/2023 – Indonesia diperkirakan akan mengadapi bonus demografi dalam kurun waktu 2030-2045. Dalam periode tersebut, Indonesia diperkirakan akan di dominasi oleh masyarakat usia produktif (15-64 tahun) dengan presentase sebesar 64% dari total penduduk yang diproyeksikan mencapai 297 juta jiwa.

Dalam rangka mendukung rencana pemerintah untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dengan tujuan mengahadapi periode Bonus Demografi tersebut, Sekolah Vokasi IPB menyelenggarakan Workshop Sistem Blok dengan tujuan untuk menciptakan lulusan muda berkualitas.

Dekan Sekolah Vokasi IPB Dr. Ir. Aceng Hidayat, M.T. mengungkapkan penyelenggaraan sistem blok dalam kegiatan pembelajaran di lingkungan Sekolah Vokasi IPB diperlukan untuk mendorong penciptaan lulusan yang lebih berkompeten sehingga dapat memperkuat Sumber Daya Manusia Indonesia.

“Persiapan Sistem Blok tersebut merupakan cara Sekolah Vokasi dalam rangka menyambut bonus demografi yang akan terjadi pada 2045. Selain itu juga untuk memperkuat sumber daya manusia dalam negeri khususnya pada bidang professional,” ujar Dr. Aceng, Senin (20/11/2023).

Dalam sambutannya Dr. Aceng menganalogikan lokakarya kurikulum tersebut seperti proses persiapan untuk menyiapkan makanan, dimana terjadi penentuan formulasi racikan dengan tujuan mencipkan suatu proses pembelajaran yang sesuai sehingga Sekolah Vokasi IPB dapat melahirkan lulusan muda yang dapat memperkuat sumber daya manusia Indonesia.

“Jadi bisa dianalogikan kegiatan lokakarya kurikulum adalah proses penciptaan suatu hidangan, dimana proses pertama adalah menyiapkan racikannya. kedua adalah menetapkan proses masakannya, bahan makanan apa yang dibutuhkan untuk bisa menjalankan racikan pada proses pembelajaran dalam rangka menghasilkan hidangan yang sesuai dengan keinginan kita,” kata Dr. Aceng. (ASW/GBD)

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142