Dekan Sekolah Vokasi: Pentingnya Riset Terapan dalam Menyelesaikan Permasalahan di Masyarakat

Bogor, 16 Maret 2024 – Dalam acara Lokakarya Riset Terapan Unggulan Program Studi Sekolah Vokasi IPB yang diselenggarakan secara daring pada Sabtu, 16 Maret 2024, Dekan Sekolah Vokasi IPB, Dr. Ir. Aceng Hidayat, M.T, menyoroti urgensi riset terapan dalam menangani tantangan riil yang dihadapi oleh masyarakat. Menurutnya, riset harus mengakar pada permasalahan konkret yang dihadapi masyarakat dan menjadi landasan utama keunggulan setiap program studi.

“Dosen Sekolah Vokasi sudah memiliki modal dasar untuk menerapkan penelitian yang telah dipublikasikan di jurnal nasional dan internasional,” ujar Dekan Aceng dalam sambutannya. “Riset harus bersifat implementatif, mengakar pada masalah-masalah yang sangat mendesak di masyarakat, dan menjadi basis keunggulan setiap program studi.” tambahnya.

Lebih lanjut, Dekan Aceng menegaskan setiap program studi di SV IPB harus melakukan riset secara berkualitas berlandaskan pada permasalahan di masyarakat.  “Setiap program studi harus memiliki landasan yang kuat dalam mengidentifikasi permasalahan masyarakat, dan solusi-solusi yang ditawarkan harus tercermin dalam roadmap program studi” ujarnya.

Acara Lokakarya Riset Terapan Unggulan Program Studi merupakan bagian dari inisiatif Sekolah Vokasi IPB untuk menghasilkan riset-riset yang memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan meningkatkan kualitas pendidikan vokasional. Sekolah Vokasi juga bertekad untuk mengembangkan roadmap berbasis terapan yang memberikan manfaat tinggi bagi masyarakat. (ASW)

 

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142