Komisi Penelitian dan Publikasi Gelar Lokakarya Riset Terapan Unggulan Program Studi

Bogor – Komisi Penelitian dan Publikasi Sekolah Vokasi IPB menggelar acara Lokakarya Riset Terapan Unggulan Program Studi pada hari Sabtu (16/3). Acara yang dilakukan secara daring ini diinisiasi sebagai forum untuk mempresentasikan serta mendiskusikan rencana penelitian serta strategi publikasi yang akan dilakukan oleh Sekolah Vokasi IPB.

Dalam laporannya, Ketua Komisi Penelitian dan Publikasi, Ridwan Siskandar, S.Si., M.Si, menyampaikan bahwa sebanyak 17 program studi telah mengajukan proposal riset unggulan masing-masing. “Terima kasih atas proposal yang telah diberikan. Semua proposal telah direview oleh reviewer IPB sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing. Setiap program studi memiliki riset unggulan yang tentu akan berkorelasi pada pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) di Sekolah Vokasi IPB,” ungkap Ridwan.

Ridwan menambahkan bahwa Komisi Penelitian dan Publikasi berencana untuk berkolaborasi dengan komisi kerjasama pada acara International Conference on Applied Science (ICAS) yang akan dilaksanakan pada bulan September mendatang. “Kami berharap kolaborasi ini dapat membuka peluang untuk publikasi berskala internasional, sehingga hasil riset kami dapat diakses oleh publik global,” tambahnya.

Pada sesi akhir laporannya Ridwan menegaskan komitmen Sekolah Vokasi IPB dalam menghasilkan riset berkualitas yang memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan industri. “Melalui Lokakarya ini, kami berharap dapat memperkuat sinergi antara riset, pendidikan, dan industri untuk menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi pembangunan bangsa,” pungkasnya.

Acara tersebut dihadiri oleh Dekan Sekolah Vokasi Dr. Ir. Aceng Hidayat, M.T, Wakil, Dekan Bidang Akademik Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Ir Rina Martini, M.Si, Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerjasama, dan Pengembangan Dr. Ir Anita Ristianingrum, M.Si, Para Ketua dan Sekretaris program studi, serta ketua penelitian riset terapan dari masing-masing prodi. Setiap ketua peneliti menyampaikan hasil riset yang telah dilakukan serta rencana ke depannya. Proses penelitian rencananya akan dimulai pada bulan Maret ini dan diharapkan akan selesai pada bulan
Desember 2024. (ASW)

 

 

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142