Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Vokasi IPB Gelar Full Assessment untuk Calon Lulusan Sarjana Terapan

Bogor, 29 Maret 2024 – Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Sekolah Vokasi IPB mengadakan Full Assessment untuk Asesmen Penuh Penambahan Ruang Lingkup (PRL) dalam 20 Skema Sertifikasi Kompetensi bagi calon lulusan Sarjana Terapan. Kegiatan ini berlangsung di LSP Vokasi IPB Jl. Taman Malabar 2 No 7, Kota Bogor.

Kegiatan ini dihadiri oleh Master Asesor Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang dipimpin oleh Mulyanto dan beranggotakan Yudhi Herutama. Para asesor kompetensi yang terlibat dalam penyusunan skema sertifikasi berasal dari 14 program studi.

Menurut Ketua Komisi LSP Vokasi IPB, Uding Sastrawan, SP, MSi, menjelaskan bahwa kegiatan full assessment ini merupakan tahapan untuk melanjutkan ke tahap witness. Uding menambahkan skema dan perangkat MUK ini dapat digunakan untuk melakukan asesmen mahasiswa Sekolah Vokasi IPB sehingga saat kelulusan, selain memperoleh Ijazah Akademik, mahasiswa juga dapat memiliki Sertifikat Kompetensi sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). “Lulusan Vokasi IPB kedepan akan memiliki Sertifikat Kompetensi sebagai Surat Keterangan Pendamping untuk digunakan bekerja nanti” tambah Uding.

Selanjutnya, ia mengatakan bahwa Program ini merupakan grand design riset pengembangan di daerah/wilayah yang diselenggarakan oleh Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek dengan pendanaan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Tujuannya adalah untuk mengacu pada potensi dan keunggulan di daerah serta agenda prioritas pembangunan daerah tersebut.

“Kami berusaha mengarahkan program ini untuk memperhitungkan potensi lokal dan kebutuhan pembangunan daerah secara langsung” Ujar Uding.

Skema sertifikasi kompetensi ini merupakan Penambahan Ruang Lingkup yang disesuaikan dengan Pedoman BNSP 201 dan Pedoman BNSP 202 pemutakhiran skema sertifikasi kompetensi bagi lulusan Vokasi.

Adapun skema yang diujikan terdiri dari skema: Okupasi Public Relations Officer, Okupasi Video Editor, Okupasi Pemandu Wisata, Okupasi Software Engineer, Okupasi Designer Grafis Madya, Okupasi Hardware Installation Supervisor, Okupasi Network Administrator, Okupasi Assistant Food and Beverage Service Manager, Okupasi Manajer Pemasaran Agribisnis, KKNI Kualifikasi 6 Bidang Perunggasan, Okupasi Teknisi Akutansi Madya, Klaster Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Okupasi Teknisi Akuntansi Ahli, Okupasi Procurement Supervisor, Okupasi Petugas Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Klaster Penerapan Program Sistem Manajemen Lingkungan, Okupasi Farm Manajemen Pembenihan, KKNI Kualifikasi 6 Subbidang Medik Veteriner Penanganan Dan Pengendalian Kesehatan Hewan, Okupasi Asisten Kepala Kebun Kopi dan Okupasi Penyuluh Pertanian Penyelia (ASW)

Video Profil

Kategori

Berita Terkini

Alamat & Kontak

KAMPUS BOGOR – Jl. Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat 16128

KAMPUS SUKABUMI – Jl. Sarasa No. 45, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142